Senin, 20 April 2020

Begini Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan secara Alami

Sariawan merupakan salah satu penyakit umum yang biasa dialami oleh banyak orang. Penyebab sariawan ini beragam seperti kekurangan mineral, adanya infeksi, kekurangan vitamin, tidak sengaja tergigiti, perubahan hormon, alergi, dll. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ada beberapa cara alami dan cepat yang dapat menyembuhkan sariawan yang harus kalian ketahui.

Kalau dibandungkan dengan menggunakan obat-obatan dengan bahan kimia, tentunya bahan alami yang berada disekitar kita pasti jauh lebih baik dan tentunya gampang untuk dimanfaatkan. Seperti buah dan sayuran yang di dalamnya terdapat ekstrak tertentu yang mampu berperan secara aktif dalam meringankan sariawan ini dan mengobatinya dalam waktu yang singkat. Selain itu ada beberapa diantaranya yang tidak menimbulkan rasa perih.

Sariawan ringan pada lidah, gusi, bibir, maupun bagian lainnya umumnya tidak membutuhkan pengobatan secara khusus karena dalam waktu 1 - 2 minggu sariawan cenderung bisa sembuh dengan sendiri. Tetapi, kalian tentu tidak akan nyaman terhadap rasa sakitnya/perih dari sariawan ini sehingga kalian tidak nyaman saat makan, berbicara dan aktivitas lainnya. Mari kita obati sariawan ino dengan trik dan tips pengobatan alami di bawah ini.

Cara Menyembuhkan Sariawan

1. Daun Sirih 
Daun sirih ini terkenal akan banyak manfaatnya. Tidak heran tanaman ini sering dipakai untuk pengobatan tradisional karena banyak khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai penyakit salah satunya yaitu untuk menyembuhkan sariawan. Sifatnya yang antioksidan, antiradang, dan antibakteri sangat ampuh dalam mempercepat proses penyembuhan sariawan. Inilah alasannya daun sirih biasa digunakan dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi.

2. Minyak kelapa 
Menggunakan minyak kelapa untuk menyembuhkan sariawan juga merupakan cara yang direkomendasikan. Minyak kelapa ini sudah dipercaya dari dulu dalam hal mencegah adanya penyebaran infeksi bakteri seperti sariawan, selain itu kalian juga tidak merasakan rasa sakit dan perih jika menggunakan minyak kelapa ini. Minyak kelapa ini bisa membantu kalian untuk mengurangi kemerahan dan rasa nyeri pada sariawan.

7. Pasta Cabai 
Kalian mungkin masih heran pasta cabai bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Obat sariawan ini sangat cocok bagi kalian yang suka dan tahan terhadap rasa pedas. Cabai itu sendiri memiliki kandungan capsaicin yang sebetulnya bisa menyembuhkan sariawan dengan ampuh. Walaupun akan terasa panas dan perih, tetapi demikian sariawan dapat sembuh dengan cepat.

8. Yoghurt 
Cara selanjutnya yaitu yoghurt. Cara ini berbeda dari yang lain, dengan yoghurt cara untuk menyembuhakn sariawannya yaitu dengan cara diminum, mudah bukan? Apalagi yoghurt ini memounyai rasa yang enak dan beraneka rasa, ini bisa menjadi cara untuk mengobati sariawan bagi kalian yang tidak ingin repot.

Di dalam yoghurt ini mempunyai kandungan yang bisa melawan berbagai jenis bakteri jahat dan kuman penyebab sariawan. Kalian bisa meminum hanya yoghurt saja atau kalian juga bisa meminumnya bersamaan dengan bahan lain seperti madu.

9. Teh Chamomile 
Selain bisa untuk menyembuhkan sariawan, teh chamomile ini masih banyak memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Kandungan di dalamnya yang beranam zat lovemenol itulah yang bisa mengatasi/menyembuhkan peradangan seperti sariawan.

Cara penggunaannya dalam menyembuhkan sariawan dengan teh chamomile ini cukup mudah. Pertama teh nya dibungkus menggunakan handuk atau semacamnya yang mempunyai tekstur lembut. Handuk tersebut lalu direndam dalam air selama kurang lebih selama 6  menit, diangkat kemudian dikompreskan pada area yang terkena sariawan. Gampang sekali bukan? Lakukan cara ini rutin demi mendapatkan hasil yang optimal.

10. Daun Saga dan akar manis 
Tanaman ini sebetulnya dari dulu sudah diklaim memiliki khasiat untuk mengobati sariawan dengan cepat. Daun saga dan akar manis ini sendiri biasa dikenal sebagai obat herbal sariawan sebab di dalamnya mempunyai efek antiradang, antioksidan, dan antibakteri yang baik dalam menyembuhkan sariawan dan luka-luak lainnya yang kalian alami.

Baca Juga