Cara Praktis Cek Saldo BPJS TK Via SMS, Mudah Lho!

Sebagai tanda bertumbuhnya peradaban manusia, kita bisa melacaknya dengan perkembangan yang bisa diamati, baik dari kemunculan peralatan baru, prosedural dan hasil karya lainnya. Dan semua karya tersebut bertujuan untuk lebih mempermudah dan menjadikan praktis pada urusan yang sedang dikerjakan manusia itu sendiri.

Misal contoh sederhananya adalah, jika dahulu kala ada seseorang yang ingin berkomunikasi dengan lainnya hampir setiap hari, tapi terhalang oleh jarak dan waktu bagi yang saling berjauhan, maka perlu menuliskan isi pesan pada secarik surat polos terlebih dahulu, dan nantinya juga masih akan dibantu pengirimannya oleh Pak Pos.

Namun sekarang sudah agak berbeda, semenjak sesudah terjadinya sejarah ditemukannya alat yang bernama HP, maka komunikasi antar dua orang yang berbeda akan dapat dilakukan hampir setiap waktu, baik itu melalui layanan SMS, Telephone, WA atau Sosial Media lainnya. Asalkan selain memiliki perangkat smartphone, kita juga wajib memiliki sejumlah pulsa atau kuota aktif yang bisa digunakan untuk tarif mengakses layanan tersebut.

Dan tentunya masih banyak contoh perumpaan lain di luar sana, yang kami yakini teman-teman lebih terampil dalam urusan mengamati update berita dunia. Jadi intinya, semakin berkembang peradaban manusia bisa dipastikan akan berimbas balik kepada semakin mudah dan praktisnya urusan yang akan kita kerjakan.

Terlepas dari itu semua, sebagai sesama peserta BPJS Ketenagakerjaan sebenarnya bisa dikatakan hal lumrah, apabila adakalanya merasa tergelitik dan penasaran untuk mengecek jumlah saldo JHT (Jaminan Hari Tua) yang sudah terkumpul, meski baru hitungan satu bulan lamanya atau mungkin ada yang baru hitungan satu hari atau jam . Namun pada kenyataannya, ternyata memang tidak bisa dipungkiri bahwa masih tidak sedikit diantara kita yang bertanya-tanya, tentang bagaimana cara cek saldo Jamsostek (BPJS TK)?

Dan tentu pesan utama kami kepada teman-teman semuanya, tetap sebaiknya jangan terburu-puru untuk mengambil sikap putus asa di awal jalan. Apalagi jika hanya karena alasan sepele seperti belum bisa cek rincian saldo BPJS TK. Karena bagaimanapun persoalan atau masalah yang terjadi, pasti ada jawabannya bagi mereka yang mau berusaha mencari tahu. Seperti yang kita bahas dalam kasus barusan, teman-teman pasti akan berujung menemukan solusi tepat dan praktis mengecek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Mengingat bahwa zaman sekarang yang serba digital, teman-teman bisa mencoba mencari referensi jawaban dari dunia internet, sehingga tidak hanya terpaku pada cara-cara konvensional meski masih menjadi pilihan tepat hingga sekarang ini. Seperti misalnya mencari referensi jawaban kepada teman yang dirasa lebih berpengalaman, bertanya kepada petugas yang bekerja di kantor BPJS Ketenagakerjaan, membaca buku atau majalah informasi, atau mungkin bertanya langsung pada google dengan memanfaatkan kolom pencarian.

Dan beruntungnya bagi teman-teman pembaca setia artikel kami yang selalu mengikuti, karena kami selalu berusaha menyediakan informasi dan panduan tepat yang up todate seputar Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan. Jadi pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan panduan lengkap cara praktis cek saldo BPJS TK melalui SMS, dan tentunya akan sangat mudah dipraktikkan.

Jadi kami mengajak teman-teman sesama peserta, ayo cek saldo Jamsostek (BPJS TK) sekarang juga, dan buktikan bahwa begitu praktisnya bila mengecek saldo JHT melalui SMS.

Baiklah tanpa bertele-tele, mari langsung saja kita simak bersama-sama pembahasan utamanya dibawah ini.

Cek Saldo JHT Jamostek (BPJS TK) Melalui SMS


cek rincian saldo bpjs

Bisa dibilang cara cek saldo JHT Jamsostek (BPJS TK) melalui SMS merupakan satu diantara informasi terbaru, yang memang berutujan semakin mempermudah terlaksananya keperluan peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sebab dulu ketika masih di tahun-tahun sebelumnya, ternyata juga ada cara cek JHT BPJS TK lewat SMS, dengan mengirimnya ke nomor tujuan 08111009696. Akan tetapi pada faktanya nomor tersebut sekarang sudah tidak bisa lagi untuk digunakan. Dan siapa sangka sekarang ini sudah ada penggantinya, yaitu dengan mengirimkan pesan ke alamat nomor layanan 2757.

Sebetulnya cara ini memang masih merupakan bagian dari program Layanan SMS 2757 yang dihadirkan BPJS Ketenagakerjaan untuk kita, agar semakin mempermudah bagi peserta dalam mengakses beberapa informasi terkait kepesertaannya. Layanan SMS 2757yang sudah umum diketahui diantarnya meliputi cek status kepesertaan, layanan ganti PIN, mengganti nomor telepon yang sebelumnya sudah didaftarkan,dan juga untuk melihat jumlah saldo JHT BPJS TK seperti apa yang akan kita bahas di artikel ini.

Sedikit mengingatkan, bahwa sebenarnya memang ada beberapa alternatif lain untuk bisa mendapatkan cara mengecek saldo JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS TK selain melalui media SMS, antara lain yaitu kita bisa mencoba mengecek saldonya melalui login ke website BPJS Ketenagakerjaan dengan akun utama BPJS TK, bisa juga dengan cara menggunakan Aplikasi BPJSTKU Mobile, cek lewat ATM BRI dan BNI, serta bisa juga melakukan pengecekan dengan jalan langsung pergi mendatangi kantor cabang BPJS terdekat dari tempat tinggal kita berada. Tapi tentu saja cara cek via SMS merupakan yang paling praktis menurut kami. Mengapa cek saldo JHT via SMS begitu mudah, karena bisa dilakukan dimana saja tanpa perlu wajib terkoneksi dengan sambungan jaringan internet. Yang diperlukan dari kita yaitu cukup sebuah HP meski sudah agak jadul sekalipun, dan tidak lupa juga memiliki pulsa aktuf secukupnya. Lalu kita ketikkan isi pesan seperti di bawah ini.

SALDO spasi No_Peserta

Kemudian kita kirim pesan teresebut ke 2757, setelah itu nanti beberapa saat kemudian kita akan menerima pesan SMS balasan yang berisi informasi mengenai rincian total saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Akan tetapi sebelum kita benar-benar bisa menikmati fasilitas layanan cek saldo JHT Jamsostek (BPJS TK) via SMS ini, kita diwajibkan agar terlebih dahulu meregistrasi/melakukan pendaftaran nomor HP yang akan kita gunakan. Dan untuk langkah-langkah cara pendaftarannya sendiri juga tidaklah sulit untuk dilakukan.

# Registrasi Nomor Handphone


Hal pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan mempersiapkan beberapa berkas dokumen sebagai berikut.

  • E-KTP, yang akan kita gunakan adalah NIK-nya
  • KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, nanti kita juga memerlukan mengambil nomor kepesertaannya.
  • Dan tidak lupa media ponsel disertai jumlah pulsa aktif secukupnya. Layanan ini tidaklah benar-benar gratis untuk dinikmati. Bisanya dalam sekali mengirimkan SMS, kita akan dikenakan tarif pulsa sebesar Rp. 165.

Sebagai infromasi tambahan, bahwa untuk sementara waktu hingga sekarang ini, provider nomor selular yang sudah dapat mendukung terselenggaranya program layanan cek saldo JHT via SMS ini baru kartu SIM Indosat (IM3), XL Axiata sereta Telkomsel (Simpati, Kartu As).

Dan berikut ini adalah format SMS yang bisa di salin untuk menyelsaikan tahap pendaftarannya layanan tersebut.

DAFTAR(spasi)SALDO#NO.KTP#NAMA PESERTA#TGL LAHIR (DD-MM-YYYY) #NO.KARTU BPJS TK/JAMSOSTEK#EMAIL(Jika Ada)

Kemudian kita kirimkan saja langsung ke nomor 2757.

Perlu diingat untuk semuanya bahwa selain dari nama alamat email, huruf-hurufnya jangan sampai kecolongan diketik dengan gaya huruf kapital (besar). Aka tetapi, untuk alamat email sendiri juga temasu bagian dari opsi, jadi silahkan saja diisi apabila kita memang sudah memiliki, tapi kalaupun kita sama sekali tidak mencantumkannyapun juga tak mengapa.

Contoh:

DAFTAR SALDO#331417077051296000#INDRIYANA DESY KUMALASARI#11-12-1997#102938475629#desifani@gmail.com

Kemudian kirimkan pesan tersebut ke 2757

Jika sudah, silahkan kita menunggu sejenak hingga ada balasan pesan SMS masuk yang isinya memberitahukan bahwa proses registrasi nomor HP kita sudah sukses dan berhasil. Dan seandai proses pendaftaran benar-benar sudah berhasil, artinya nomer selular pada HP kita sudah dapat digunakan untuk menikamti layanan cek saldo JHT via SMS kapan saja kita mau dan dimana saja kita berada, tanpa perlu repot-repot melakukan tahap pendaftaran lagi kedepannya. Jadi hanya dengan mendaftar sekali, dapat digunakan untuk melakukan pengecekan saldo sampai berkali-kali.

# Pengecekan Saldo BPJS TK Melaui SMS


Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, untuk format pesannya sendiri agar bisa melakukan pengecekan saldo JHT, teman-teman bisa mengikuti aturan format SMS di bawa ini:

SALDO(spasi)NO_PESERTA

Kemudian kirim pesan tersebut ke 2757

Contoh:

SALDO 123456789011

Kemudian kirim pesan tersebut ke 2757

Dan bagi teman-teman yang ingin mengetahui 3 cara lain cek saldo BPJS TK, silahkan baca artikel informatif selengkapnya Di Sini.

Demikianlah panduan cara cek saldo JHT Jamsostek (BPJS TK) melalui SMS. Gimana, tentu sangat praktis dan cukup mudah untuk dipraktikkan sendiri bukan?!

Silahkan langsung saja dicoba dan doa kami semoga bisa cepat berhasil. Jika ternyata gagal, silakan jangan bosan-bosan mengulanginya lagi secara berkala sampai benar-benar dapat berhasil. Mengingat banyaknya peserta BPJS TK lain di luar sana yang dala waktu bersamaan juga sama-sama mengakses Layanan SMS 2757 ini. Jadi wajar saja apabila adakalanya SMS yang kita kirimkan mengalami kegagalan. Terima kasih.