Cara Ganti No HP Aplikasi BPJSTKU dan Layanan SMS 2757, Buktikan Yuk!

Seiring berlalunya waktu, pelan tapi pasti menuntun peradaban manusia menuju berkembangnnya zaman yang kian moderen ini. Dan tanpa banyak disadari, satu diantara produk moderen yang menjadi bagian vital bagi kebanyakan orang adalah dengan memiliki nomor handphone.

Bagiamana tidak, nomor HP atau nomor kontak seluler yang kita miliki, kedudukannya ternyata hampir sebanding sama pentingnya dengan alamat jalan rumah kita. Misalnya saja, bila pada suatu hari kita bertemu dengan orang baru yang kita kenal, pasti hal pertama yang akan kita tanyakan jika ingin mengenal lebih dekat atau setidaknya menghargai adalah dengan menanyakan namanya, lalu sebagai ekpresi dari rasa simpati, kita dengan senang hati akan melanjutkan obrolan dengan menanyakan alamat jalan rumahnya, meski terkadang ada pertanyaan tambahaan seperti menanyakan status, pekerjaan, asal sekolah dan lain-lain demi lebih akrab. Hanya saja jika kita terlalu respek yang ada orang baru yang kita kenal juga akan geli dengan sendirinya, karena merasa aneh atau curiga. Jadi saran kami bertanya seperlunya saja.

Akan tetapi, seandai dirasa obrolan dengan orang baru tersebut dirasa sudah cukup, rasanya ada yang kurang dan mengganjal di hati, jika tidak menanyak atau menyimpan nomor kontak kenalan baru kita. Terlebih jika memang ada rasa ketercocokan atau menambah relasi pertemanan, pasti nomor kontak lawan bicara kita menjadi bagian vital yang harus disimpan. Apalagi jika kita ada perasaan naksir dengan orang yang baru kita kenal, karena selain lawan jenis juga kebetulan kita belum ada peasangan? Ups!

Nah bagaimana, nomor HP atau kontak seluler yang kita miliki cukup penting juga bukan? Apalagi jika bicara soal pekerjaan, tentu tidak bisa dielak lagi bahwa nomor handphone sangatlah urgen dan penting untuk dimiliki. Baik untuk sekedar urusan administrasi, lalu lintas pesan yang berisi informasi maupun media komunikasi apabila diterima kerja disuatu perusahaan yang kita dambakan. Jadi saran kami, ada baiknya kita jangan terlalu sering mengganti nomor kontak seluler utama, yang mana nomor HP tersebut biasa digunakan untuk saling menghubungi.

Melanjutkan pembahasan tentang nomor HP atau nomor kontak seluler, pada kesempatan kali ini kami hendak mengajak teman-teman berbincang soal solusi, yaitu mengenai bagaimana cara mudah mengubah nomor handphone pada Akun Aplikasi BPJSTKU (aplikasi pengganti BPJSTK Mobile) serta Layanan SMS 2757.

Oleh karenanya untuk bisa mengetahui solusi lebih mendetailnya, dengan senang hati mari kita simak bersama bagaimana cara mengganti No HP pada Akun BPJSTKU serta Layanan SMS 2757 di bawah ini.

Ganti No HP Aplikasi BPJSTKU dan Layanan SMS 2757


cara mengganti nomor handphone pada aplikasi bpjstku

Tentunya mempunyai nomer HP atau kontak seluler utama pribadi yang valid dan masih aktif sangatlah mutlak diperlukan bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan, apalagi jika memang ingin mengakses dan mendapatka berbagai layanan yang diberikan melalui BPJS TK online.

Misalnya disaat kita hendak membuat akun BPJS TK, pasti kita diwajibkan untuk mensubmit nomor HP untuk menyelesaikan tahap aktivasi. Baik akun tersebut akan dibuat dengan memanfaatkan layanan E-Service pada Website BPJS Ketenagakerjaan, maupun dibuatnya melalui bantuan Aplikasi BPJSTKU yang bisa dipasang pada smartphone android, semuanya memerlukan nomor HP untuk bisa sukses aktivasi.

Selain untuk menyelesaikan tahap aktivasi, nomer kontak seluler utama yang kita submit tersebut juga bermanfaat jika ingin mereset PIN, apabila sewaktu-waktu kita tidak sengaja lupa dengan PIN atau password yang kita miliki untuk login ke akun BPJSTKU. Oleh karena itu, kami tekankan sangat diperlukan adanya nomor HP valid dan aktif milik pribadi, bukan justru memakai alternatif lain dengan menggunakan nomor HP orang lain.

Sebagai catatan yang wajib diketahui, bahwa akun BPJSTKU sendiri dapat difungsikan untuk cek jumlah saldo dari dana JHT lewat sambungan udara/interntet, mengetahui detail rincian dari informasi saldo, meninjau daftar penawaran atau program BPJS Ketenagakerjaan, dan berbagai fitur menarik lainnya. Namun yang paling sering dan cenderung semakin banyak digunakan peserta BPJS TK yaitu untuk keperluan mengajukan klaim dan melakukan proses pencairan JHT secara online dari bantuan layanan E-Klaim JHT. Jadi, tanpa memiliki akun BPJS TK yang benar-benar valid, bisa dipastikan peserta tidak akan pernah bisa untuk klaim saldo dari dana JHT yang dimiliki secara online.

Kemudian ada juga program Layanan SMS BPJS Ketenagakerjaan dengan berlangganan pada nomor kontak 2757. Layanan SMS sendiri terdiri atas beberapa cabang layanan lain, misalnya seperti untuk mengecek jumlah saldo JHT yang sudah terkumpul, keperluan ingin mengganti PIN dan melakukan pengecekan status kepesertaan apakah masih dinyatakan aktif atau sudah berganti menjadi nonakti, maka kita juga memerlukan no HP untuk registrasi. Namun tanpa kami harus memberikan penjelasan lebih mendetail, tentu teman-teman sudah menyadari sebab sudah pasti layanan via SMS akan membutuhkan nomor HP yang masih hidup untuk bisa menjalankannya.

Lalu, bagaimana bila nomer handphone yang kita gunakan untuk registrasi sebelumnya ternyata sudah non-aktif, misalnya karena sampai kelupaaan mengisi ulang pulsa, hingga tersadar bahwa nomernya sudah mati. Atau pada kasus lain ada juga yang ponsel utamanya hilang, atau kita memang dengan sengaja membuang nomor HP yang lama, lalu menggantinya dengan nomor HP yang baru. Jadi apakah kita dapat melakukan registrasi pada Layanan SMS 2757, atau untuk keperluan membuat akun BPJSTKU lagi dengan status nomor yang baru?

Dengan tegas dan sangat menyesal jawabannya adalah tidak!

Jika nomor KPJ(Kartu Peserta Jamsostek) atau nomor unik referensi kartu BPJS TK sudah pernah kita daftarkan sebelumnya pada program Layanan SMS 2757, kita tidak akan dapat melakukan registrasi lagi. Dan jika berharap untuk tetap bisa menggunakan Layanan SMS 2757, teman-teman bisa mengambil cara dengan merubah nomor lama (nomer yang kita gunakan untuk registrasi sebelumnya) dengan nomor HP yang baru. Caranya bisa dikatakan cukup mudah, yaitu dengan mengirimkan format SMS tertentu ke 2757, berikut ini format yang bisa kita ketikkan pada isi pesan :

DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)NO_HP_Baru#NO_HP_LAMA#NO_KTP

Kemudia kirim format pesan tersebut ke 2757

Contoh:

DAFTAR GANTI 081234567890#089876543210#3314170051296000

Kirim ke 2757

Selain dengan bantuan lewat SMS, cara lain untuk merubah nomer HP pada kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan juga bisa dengan mengakses Aplikasi BPJSTKU atau website resmi BPJS Ketenagakerjaa. Caranya yaitu silahkan login ke akun kita terlebih dahulu, kemudian masuk ke bagian menu profile, pengaturan lalu ganti nomor handphone dengan cara memasukkan no HP yang lama dengan no HP yang baru yang memang ingin digunakan.

Gimana, cukup mudah dan gampang bukan?!

Nah, yang bisa menjadi masalah baru adalah, bagaimana bila kita ternyata lupa atau sampai tidak ingat sama sekali dengan nomor HP lama kita?

Karena dalam prosedur penggantian nomor HP baru memang diwajibkan untuk memasukkan nomor selular yang lawas, maka mau tidak mau ya kita perlu mengurusnya terlebih dahulu, misanlnya dengan mencari tahu nomor HP lama dengan cara menanyakan langsung kepada setiap teman-teman kita, sanak saudara atau siapapun yang pernah ada riwayat hubungan komunikasi dengan nomor yang lawas tersebut, barangkali masih tersimpan riwayat panggilan atau pesan pada perangkat HP mereka.

Atau teman-teman juga bisa mencoba alternatif lain, dengan menghubungi langsung pada call center BPJS Ketenagakerjaan, baik melalui jalur telepon di nomor (021) 1500910, atau dengan mengirim pesan lewat Official Facebook/Twitter resmi BPJS Ketenagakerjaan. Kabar bagusnya layanan penyampaian aduan ini, baik lewat media telepon ataupun sosial media selalu buka dan siap melayanai setiap hari, mulai dari pagi hari pukul 07.00 hingga waktu malam hari pukul 22.00 WIB. Silakan teman-teman menyampaikan keluhan apa yang terjadi dan apa yang diharapkan, misalnya bahwa kita berkeinginan untuk mengganti nomor selular HP yang ada pada akun BPJSTKU kita, atau Layanan SMS 2757, tapi kita terlanjur lupa dan tidak memiliki akses terkait nomor HP kita yang lama.

Biasanya nanti dari pihak sana akan meminta agar kita mengirimkan data-data kepesertaan, misalnya seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, NIK/nomor E-KTP, nama ibu kandung, dan  nomor unik referensi/nomor KPJ. Gunanya adalah untuk keperluan melacak rincian data dari akun BPJSTKU kita, termasuk diantaranya untuk kemudian melakukan pengecekan nomor HP lama yang pernah kita gunakan.

Kalau nantinya sudah berhasil mendapatkan kembali akses dari data nomor HP yang lama, selanjutnya kita tinggal mempraktikkan proses cara perubahan nomor seperti yang sudah kami jelaskan di atas.

Seperti itulah langkah-langkah cara mengganti nomor handphone lama dengan nomor handphone baru pada akun aplikasi BPJSTKU maupun pada program Layanan SMS 2757 BPJS TK. Semoga saja informasi tersebut bisa menjadi solusi terbaik bagi teman-teman semuanya yang memang sedang kebingungan, mengenai bagaimana prosedur merubah nomoe HP pada layanan online BPJSTKU. Terima kasih.