Solusi Ampuh Cara Menangani Lupa PIN atau Password Akun Aplikasi BPJSTKU

Manusia memang tempatnya salah dan lupa, tetapi kalau menjadi kebiasaan keseringan salah dan lupa, tentu patut dipertanyakan juga bukan?!

Meskipun salah dan lupa menjadi sesuatu hal lumrah sebagai bagian dari sifat manusiawi, namun saran kami sebaiknya tetap hindari dan jangan meremehkan, apalagi dengan membiasakan sifat buruk ini pada kehidupan kita. 

Karena meski sekecil apapun salah dan lupa yang dilakukan, bisa berpotensi mengarahkan permasalahan yang lebih besar, nggak baguskan?!

Akan tetapi yang menjadi unik adalah, bahwa sifat salah dan lupa ini masing-masing memiliki perbedaan karakter yang menonjol pada proses terjadinya. 

Misalnya sifat salah, siapapun orang dapat dengan sengaja dan sadar untuk melakukan kesalahan, meskipun adakalanya terjadi kesalahan di luar kesengajaan.

Berbeda halnya dengan lupa, yang memiliki sifat unik tersendiri, karena kerap kali menghampiri korbannya tanpa sadarkan diri.


Jadi sejatinya sifat lupa memang terjadi diluar kehendak manusia. Andaipun ada sifat lupa yang disengaja, mungkin lebih tepatnya dikatakan sebagai kesalahan, karena sudah berbuat bohong padahal ingat, nah loh!?

Masih diranah antara sifat dasar salah dan lupa, pada kesempatan kali ini artikel yang telah kami kemas akan membahas keterkaitan antara sifat dasar salah dan lupa dengan peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Tentu sudah menjadi hal lumrah bagi peserta BPJS Ketengakerjaan, terlebih lagi bagi yang sudah memiliki Akun Aplikasi BPJSTKU.

Yaitu kadangkala kita mendapat pemberitahuan atau notifikasi yang menunjukkan kesalahan saat memasukkan PIN/Password Akun Aplikasi BPJSTKu. 

Dan tidak salah lagi bahwa faktor utamanya adalah karena kita dihinggapi lupa akan PIN atau Password yang sudah kita miliki.

Kelihatannya hal sepele hanya lupa PIN atau Password, namun dengan sebab lupa tersebut akan menutup akses kita untuk bisa masuk Akun dan kesempatan untuk memanfaatkan fitur yang tersedia pada Aplikasi BPJSTKU. 

Tentu kamu juga sudga tahu bahaw faktor lupa PIN atau Password Akun BPJSTKU bisa menghinggapi manusia dengam beragam latar belakang cerita, misalnya ada yang karena baru saja telah berganti dengan menggunakan smartphone baru, ada yang lupa karena sudah agak lama tidak pernah menggunakan dan membuka aplikasiya, ada juga yang lupa karena terlalu banyak PIN/Password yang harus dihafalkan pada memori otak, hingga ada juga yang lupa karena memang dasarnya pelupa.

Bisa dikatakan bagi seorang tenaga kerja yang statusnya masih aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, akan merasa merugi jika lupa PIN atau Password yang digunakan untuk masuk Akun BPJSTKU.


Dengan tidak bisa masuk Akun BPJSTKU maka peserta akan kehilangan akses dan pemanfaatan fitur yang ada, misalnya seperti :

  • Mengecek jumlah saldo JHT (Jaminan Hari Tua)  yang dimiliki secara online
  • Klaim dana dan pencairan JHT secara online melalui E-Klaim
  • Mengecek lokasi terdekat keberadaan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan 
  • Menggunakan kartu digital sebagai pengganti peran dari katu fisik BPJS TK
  • Memantau informasi seputar diskon di pusat perbelanjaan, restoran dan penginapan
  • Mengikuti informasi seputar program-program yang diluncurkan dan berita terbaru terkait BPJS Ketengakerjaan

Dengan demikian dapat dipastikan peserta aktif BPJS TK akan benar-benar kehilangan informasi menarik lainnya seputar pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, karena untuk bisa mengakses dan memanfaatkan fitur dan layanan yang tersedia dari aplikasi BPJSTKU tidak bisa diwakilkan dengan akun orang lain.

Akan tetapi bergembiralah bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami lupa PIN/Password Akun BPJSTKU.

Kabar baiknya kami memiliki Solusi Ampuh Cara Menangani Lupa PIN/Password Akun BPJSTKU yang bisa dilakukan sendiri melalui genggaman tangan. 

Syarat sebagai modal utama yang tidak boleh hilang sebelum bisa masuk dan mengakses kembali Akun BPJSTKU adalah, peserta BPJS Ketengakerjaan harus masih ingat email utama yang dulu digunakan registrasi membuat Akun BPJSTKU. 

Kalian bisa memilih menangani hal ini melalui Aplikasi BPJSTKU via mobile smarphone atau melalui layanan yang disediakan pada website BPJS Ketenagakerjaan. 

Berikut ini langkah-langkah yang dapat digunakan sebagai Solusi Ampuh Cara Menangani Lupa PIN/Password Akun melalui apkikasi BPJSTKU :

1. Buka Aplikasi BPJSTKU

2. Lalu klik Login

3. Pada halaman Login, silahkan klik Lupa Kata Sandi


4. Kemudian lanjutkan mengisi email pada form yang disediakan. Alamat email yang dimasukkan merupakan email yang dulu digunakan untuk registrasi saat membuat Akun BPJSTKU. Jika sudah silahkan klik SELANJUTNYA.


5. Langkah berikutnya periksa kotak masuk dari email yang telah dimasukkan tadi. Temukan angka sebanyak 6 digit pada isi pesan yang berfungsi sebagai kode verifikasi dari BPJS Ketemgakerjaan.


6. Sebaiknya segera masukkan kode tersebut untuk langkah verifikasi pada Aplikasi BPJSTKU sebelum daluwarsa. Lalu klik tombol VERIFIKASI.


7. Tibalah saatnya untuk membuat kata sandi baru dengan ketentuan minimal berjumlah 8 karakter, silahkan ulangi dua kali dengan mengisi pada kedua form yang ada.


8. Apabila kemudian muncul notifikasi atau pemberitahuan 'Kata Sandi Berhasil diatur ulang, silahkan menggunakan kata sandi baru anda' maka selamat tandanya kamu telah berhasil memiliki kata sandi baru. Lalu klik saja OK.


Dengan demikian proses untuk merubah PIN atau Password Baru pada Akun BPJSTKU telah selesai dilakukan.

Saran kami sebaiknya Kode PIN atau Password Baru yang kita miliki disalin pada buku catatan pribadi dan disimpan di tempat yang aman yang mudah untuk kita mengaksesnya. Pasalnya Aplikasi BPJSTKU dirancang dengan sistem yang unik dan agak berbeda dengan aplikasi smartphone lainnya.

Misalnya seandai kita telah masuk pada Akun Aplikasi BPJSTKU lalu ada notifikasi pesan SMS masuk dan kita mencoba membaca isinya dengan cara membuka pesan tersebut, maka secara tidak disadari keberadaan kita dari Aplikasi BPJSTKU yang tadinya sudah masuk otomatis sudah Log Out atau keluar.

Dan demi meminimalisir resiko lupa PIN atau Password terulang kembali, sebaiknya setelah memiliki PIN atau Password Baru sesegera mungkin untuk disalin di tempat lain.

Akan tetapi apabila pada lain hari nanti ternyata kita mengalami hal yang sama dengan lupa PIN atau Passwor kemballi, maka teman-teman sudah bisa mengatasinya dengan cara membuat yang baru lagi sesuai dengan apa yang kami sampaikan pada artikel ini. Asal yang terpenting adalah kita masih ingat dan memiliki email utama yang dulu pernah digunakan untuk registrasi atau membuat Akun Aplikasi BJSTKU, jika dicoba dengan alternatif email lain yang dimiliki kami pastikan cara yang kami sampaikan tidak akan berfungsi apalagi bekerja dengan baik.

Yang menjadi persoalan adalah apabila ternyata kita juga mengalami lupa Kata Sandi email yang dulu pernah dibuat untuk registrasi Akun BPJSTKU. Maka akan mejadi kasus baru karena masalahnya sudah berbeda.

Hal ini umumnya bisa diatasi dengan mengubah kata sandi email terlebih dahulu sebelum bisa mengakses pesan verifikasi pada email untuk merubah PIN atau Password Akun Aplikasi BPJSTKU.

Hanya saja yang membuat persoalan semakin rumit adalah tatkala kita juga tidak pernah menautkan email Akun BPJSTKU dengan nomor handphone atau email lainnya yang dimiliki, maka terpaksa harus ikhlas untuk menerima kenyataan pahit ini karena dari pihak BPJS Ketenagakerjaan pun tidak akan bisa membantu.

Email adalah layanan yang dimiliki oleh Google atau penyedia lainnya, maka solusi kita terhubung dengan pihak penyedia lainnya bukan BPJSTKU. Berbeda halnya jika kita mengambil langkah untuk mereset Akun BPJSTKU, maka solusi tersebut kami sarankan untuk bisa praktikkan agar bisa keluar dari masalah yang semkain rumit.

Kami telah membuat artikel terbaru tentang cara mereset Akun Aplikasi BPJSTKU apabila lupa email dan kata sandi yang dimiliki, teman-teman bisa membacanya Di Sini.

Demikianlah akhir pembahasan tentang Solusi Ampuh Cara Menangani Lupa PIN atau Password Akun Aplikasi BPJSTKU, semoga apa yang kami sampaikan ada manfaat dan gunanya untuk kita semua.

Apabila dirasa artikel ini juga bisa membantu teman-teman kerjamu yang lain, silahkan jangan sungkan membagikannya untuk berkunjung di situs kami. Jangan lupa bahagia dan terima kasih.