Panduan Lengkap 11 Cara Membuat Akun BPJSTKU Untuk Karyawan Perusahaan (UPDATE!)

Sebagai sesama makhluk Tuhan yang mengalami siklus fase kehidupan di dunia, akal menjadi tanda pembeda bagi manusia terhadap mahkluk lainnya seperti binatang, serangga, tanaman, gunung, laut dan sebagainya.

Meski demikian manusia ternyata memiliki kelemahan dibanding dengan golongan hewan, yaitu dengan rendahnya fungsi dari daya insting manusia.

Apabila kita amati bersama, hewan sudah bisa mengerti kebiasaan apa yang perlu untuk dilakukan sedari pertama kali hadir di dunia, hal ini tidak lain berkat insting yang dianugrahkan Sang Pencipta kepadanya, misalnya saja seekor ayam kecil yang sudah lihai berkokok dan menggerakkan kedua kakinya untuk mencari makan di tanah atau kucing kecil yang sudah pintar untuk menggali tanah sebelum buang kotoran, meskipun tanahnya sudah pada di paving seperti halaman komplek perumaha, nah loh lucukan?! wkwkw...

Walaupun demikian tetapi antara manusia dan hewan tetap memiliki kesamaan pada sisi yang lain, yaitu sama-sama memiliki nafsu atau daya keinginan, kemauan dan hasrat untuk mendapatkan sesuatu.

Beruntungnya manusia yang memiliki keduanya antara akal dan nafsu yang akan saling melengkapi untuk mencapai sinergi kepribadian lebih harmonis sebagai bekal perjalanan meyonsong masa depan lebih cerah.


Diantara bukti manusia berusaha mencapai kehidupan yang harmonis adalah dengan bekerja. Terlebih untuk yang sudah berkeluarga agar memiliki suasana indah dalam rumah yang serba berkecukupan. Sebagaimana sepenggal kalimat yang kami ingat-ingat hingga sekarang.

"Bekerjalah, Engkau Akan Lebih Mulia!"

Jadi sebagai manusia ada baiknya untuk merendahkan rating sifat dan sikap egonya untuk bekerja. Karena dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas semua hasil akan kembali pada yang bersangkutan.

Menyinggung soal kerja, pada kesempatan kali ini kami telah berupaya merangkum berbagai informasi terupdate untuk dijadikan sebuah artikel yang berguna bagi teman-teman semua, yaitu sebuah artikel yang berisi panduan lengkap 11 cara membuat akun BPJSTKU untuk karyawan perusahaan (UPDATE!).

Dari hasil peninjaunan yang kami lakukan menunjukkan bahwa pihak BPJS Ketenagakerjaan selalu melakukan inovasi dan pembaruan terkait informasi dan pelayanan yang diberikan. Satu diantaranya adalah mengenai masalah tehnis dalam membuat akun pada aplikasi BPJSTKU.

Dan menurut penilaian kami langkah perubahan sebagai bentuk dari inovasi dan pembaruan seperti langkah membuat akun pada aplikasi BPJSTKU, tidak lain justru memberi feedback positif demi memudahkan dan lebih mempercantik penampilan, selain itu juga meningkatkan daya akses agar semakin ringan saat aplikasi BPJSTKU dioperasikan.


Sekilas balik bagi teman-teman yang dulu sudah pernah mengakses aplikasi BPJSTKU, apabila kita mengingat tampilan lama pada aplikasi tersebut tentu lebih dominan dengan suasana warna hijau, sedangkan untuk versi terbarunya sudah berganti didominasi oleh warna biru.

Selain perubahan tampilan warna yang sudah kami utarakan di atas, mengenai langkah dan tata cara pendaftaran akunnya juga mengalami sedikit perubahan. Dan meskipun tidak terlalu signifkan akan tetapi tetap saja bagi teman-teman karyawan yang belum memiliki Akun BPJSTKU pada tahun ini, memerlukan panduan lengkap 11 cara membuat akun BPJSTKU untuk karyawan perusahaan (UPDATE!).

Sedangkan untuk karyawan yang sudah memiliki akun lama kami ucapkan selamat karena sudah tidak perlu lagi untuk membuat akun baru pada aplikasi BPJSTKU, melainkan cukup menyesuaikan saja dengan tampilan terbaru pada Aplikasi tersebut.

Perlu menjadi catatan penting dan wajib diketahui oleh semua karyawan yang sudah terdaftar sebagai peserta dari BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek, bahwa kita akan menerima banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dengan hanya meiliki akun virtual pada aplikasi BPJSTKU. Terutama bagi peserta aktif yang masih memiliki status sebagi karyawan pada perusahaan atau tempat bekerja yang ditekuni.

Beriktu ini beberapa daftar manfaat yang bisa kami tampilkan kepada teman-teman karyawan peserta BPJS TK apabila sudah memiliki akun BPJSTKU dan terhubung dengan internet aktif :

  • Peserta bisa dengan mudah melakukan pengecekan saldo JHT yang dimiliki kapanpun dan dimanapun berada.
  • Peserta bisa mencetaknya melalui print-out untuk menggantikan kartu BPJS TK yang asli apabila mengalami kehilangan
  • Peserta akan terbantu untuk mendeteksi keberadaan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat.
  • Peserta bisa menggunakannya untuk keperluan pengajuan klaim dan pencairan dana JHT melalui layanan E-Klaim JHT
  •  Peserta bisa mengakses informasi diskon di tempat-tempat perbelanjaan, penginapan, waha bermain, transportasi hingga restoran yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan

Intinya status kartu virtual yang ada pada akun BPJSTKU memiliki kedudukan dan fungsi yang sama persis dengan versi kartu aslinya. Dan tentunya masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa teman-teman nikmati setelah memiliki akun BPJSTKU.

Apalagi hingga tahun ini sudah hampir semua masyarakat di dunia menjadi pengguna aktif ponsel smartphone.


Jadi kami sarankan untuk setiap peserta wajib memanfaatkan inovasi tekhnologi digital yang telah diterbitkan oleh BPJS Ketenagakerjaan, karena ini semua sebegai upaya penunjang untuk semakin mempermudah memberikan pelayanan kepada peserta.

Sekali lagi sungguh sangat disayangkan apabila teman-teman peserta BPJS TK sama sekali tidak memiliki akun sendiri pada Apliakasi BPJSTKU. Jangan sampai smartphone yang dimiliki hanya diwarnai daftar aplikasi hiburan serta sosial media saja, namun melupakan untuk memasang aplikasi penting seperti misalnya Aplikasi BPJSTKU yang bisa diunduh dengan mudah pada layanan Play Store.

Beikut ini akan kami jabarkan lebih rinci mengenai panduan lengkap 11 cara membuat akun BPJSTKU untuk karyawan perusahaan (UPDATE!). Silahkan dibaca dan disimak dengan baik agar mendapat pemahaman yang bagus teman.

Selamat membaca hingga selesai!

Panduan Lengkap 11 Cara Membuat Akun BPJSTKU Untuk Karyawan Perusahaan (UPDATE!)


Pada sesi baca sampai sini, kami akan mulai membedah dan memberikan langkah demi langkah agar bisa diikuti untuk membuat akun BPJSTKU, terlebih informasi ini akan sangat bermanfaat bagi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek dari golongan karyawan perusahaan.

Kami telah merangkumnya menjadi 11 panduan yang wajib dilakukan. Dan jangan sampai meninggalkan satu langkah sedikitpun agar proses pembuatan akun BPJSTKU dapat terlaksana lebih mudah dan bisa cepat dilakukan.


Silahkan perhatikan panduannya sebagai berikut :

  1. Lakukan pegunduhan aplikasi BPJSTKU pada layanan play store dan lanjutkan dengan penginstalan pada perangkat smartphone android yang dimiliki. Bagi para pengguna iPhone /iOS silahkan dapatkan aplikasinya pada App Store.
  2. Setelah aplikasi BPJSTKU bisa terinstal atau terpasang dengan baik pada smartphone yang  kita miliki, lanjutkan saja dengan membuka aplikasi tersebut
  3. Apabila aplikasi sudah terbuka silahkan klik tombol bertuliskan LOGIN dan kemudian pilih Buat Akun Baru.
  4. Kemudian masukkan alamat email yang biasa kita gunakan untuk informasi dan komunikasi lalu klik SELANJUTNYA. Perlu diperhatikan bahwa alamat email berikut kata sandi email ini sebisa mungkin agar diingat atau disimpan dengan baik-baik dan jangan sampai lupa. Sebab hanya melalui satu email ini yang bisa digunakan untuk meminta kode verifikasi apabila dikemudian hari tanpa sengaja kita benar-benar lupa sama sekali password pada akun BPJSTKU.
  5. Lanjutkan langkah berikutnya dengan membuka kotak masuk email yang sedang digunakan untuk tahap registrasi akun BPJSTKU, karena didalamnya terdapat pesan yang memuat langkah verifikasi. Silahkan klik VERIFIKASI.
  6. Pada tampilan halaman Pilih Kepesertaan silahkan klik PU (Penerima Upah)
  7. Kemudian lanjutkan dengan tahap-tahap mengisi nama lengkap, tanggal lahir, NIK sesuai yang tertera persis pada E-KTP dan klik SELANJUTNYA secara bergilir
  8. Masukkan juga Nomor KPJ (Kartu Peserta Jamsostek)/BPJS Ketenagakerjaan dan lanjutkan dengan klik SELANJUTNYA
  9. Masukkan nomor kontak HP yang biasa digunaka lalu klik SELANJUTNYA
  10. Selanjutnya coba cek pesan masuk pada kontak kita dan masukkan kode verifikasi yang telah dikirim melalui SMS, lanjutkan dengan klik VERIFIKASI
  11. Silahkan untuk membuat kata sandi atau password dengan ketentuan 8 karakter yang mudah diingat diri sendiri dan tidak dikenali oleh orang lain

Sampai di sini panduan lengkap 11 cara membuat akun BPJSTKU untuk karyawan perusahaan (UPDATE!) telah selesai, dan selamat karena dengan megikuti panduan tersebut kita sudah bisa berhasil untuk memiliki akun virtual BPJSTKU.


Sekarang kita sudah bisa memanfaatkan menu-menu menarik yang terapat pada palikasi BJSTKU untuk berbagai keperluan terkait kepesertaan. Selian itu akun kita (email dan PIN akun) juga dapat digunakan untuk login pada layanan personal service versi website milik BPJS Ketenagakerjaan, seandai teman-teman lebih menginginkan pengajuan dan pencairan dana JHT yang dimiliki secara online.

Demikianlah informasi panduan lengkap 11 cara membuat akun BPJSTKU untuk karyawan perusahaan (UPDATE!) yang tergolong sebagai PU (Penerima Upah). Sedangkan bagi peserta BPJS TK yang tergolong sebagai BPU (Bukan Penerima Upah), PMI (Pekerja Migran Indonesia) atau TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang sedang berada di luar negeri, untuk registrasi akun BPJSTKU sebenarnya juga tidak jauh berbeda dengan apa yang disampaikan pada artikel informatif ini.

Tinggal ikuti saja apa petunjuk yang harus dilakukan dari aplikasi BPJSTKU mengenai data-data yang nantinya akan disubmit.

Dan bagi teman-teman yang mengalami kendala terkait wadah memori smartphone yang sudah penuh dan tidak muat untuk ditambahkan aplikasi BPJSTKU, maka silahkan ambil alternatif lain dengan mendaftarnya melalui server browser seperti Google Chrome dan sebagainya. Dan teman-teman juga tetap bisa mengakses manfaat lainnya seperti yang telah disebutkan sebelumnya jika memilih mekakai halaman website BPJS Ketenagakerjaan.


Dan tidak ada salahnya juga meski sedikit kurang praktis apabila mengaksesnya melalui server browser halaman website dibanding dengan aplikasi BPJSTKU.

Sebegai penutup dari artike informatif ini, pesan kami untuk teman-tema milenial peserta BPJS TK, diharap tidak perlu untuk canggung atau kaget apabila dikemudian hari ternyata aplikasi BPJSTKU mengalami perubahan baik dari segi penampilan, warna ataupun tata letak tombol fitur yang ada, karena tandanya BPSJ Ketenagakerjaan telah mengupgrade aplikasinya sebagai langkah inovasi.

Dan kami juga akan terus berusaha menampilkan informasi-informasi terbaru seputar BPJS Ketenagakerjaan di masa yang akan datang.

Terima kasih sudah mengunjungi blog kami dan selamat kembali beraktifitas ria