KPJ BPJS Ketenagakerjaan - Pengertian dan Cara Cek Nomornya

Pada era milenial ini, pemerintah pusat semakin menampakkan keseriusannya atas perhatian yang diberikan terhadap nasib dunia kerja, diantaranya adalah mencoba terobosan baru dengan memberikan solusi terbaik dan merata pada layanan jaminan sosial tenaga kerja.

Mengingat bahwa anatomi manusia tidak terbuat dari otot kawat dan tulang besi seperti pendekar gatot kaca yang ada pada cerita pewayangan , maka dengan penuh rasa kesadaran kita menyadari tiada seorangpun di dunia ini bisa terlepas dari resiko sakit.

Oleh karena itu demi mewujudkan kestabilan kondisi hidup dan perekonomian keluarga, setiap pekerja, tenaga kerja, karyawan atau apapun istilahnya diharapkan memiliki KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) dan ikut terdaftar menjadi peserta asuransi BPJS Ketenagakerjaan.

kpj bpjs tk adalah

Mungkin sebagian masyarakat di luar sana masih ada yang beranggapan bahwa KPJ dari BPJS Ketenagakerjaan tidaklah terlalu penting. Hal ini bisa dimaklumi terlebih jika penyebabnya karena belum mengerti apa itu KPJ dalam BPJS Ketenagakerjaan?.

Padahal sebenarnya kehadiran KPJ bagi peserta BPJS TK memiliki banyak kegunaan baik dari segi fungsi dan manfaat yang bisa dirasakan. Dan selain itu KPJ juga benar-benar tidak bisa digantikan dengan kartu lain semisalnya, seperti KTP, SIM, atau STNK.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan artikel menarik dan sangat informatif yang dapat menjadi bekal wawasan tepat untuk semua orang, serta memberi pemahaman lebih mendalam bagi peserta BPJS TK pada khususnya. Artikel yang akan membahas tuntas tentang apa yang dimaksud KPJ di BPJS? Dan cara mengetahui nomor KPJ.

Apalagi tidak sedikit di luar sana yang hingga kini hari masih berusaha mencari informasi via internet agar bisa mengerti dengan baik dan benar, tentang cara mengetahui nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) atau BPJS Ketenagakerjaan.

Jika itu termasuk Anda, maka menurut kami artikel ini adalah solusi tepat untuk menjadi referensi bacaan terbaik, agar kita bisa berhasil menemukan jawaban dari pertanyaan sebelumnya dan mendapat pemahaman yang sangat jelas tentang apa yang dimaksud dengan KPJ BPJS? Dan cara cek nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan.

kpj bpjs ketenagakerjaan adalah

Baiklah tanpa berlama-lama lagi, mari kita langsung saja menuju pada topik pembahasan utama dari artikel ini, dengan judul KPJ BPJS Ketenagakerjaan - Pengertian dan Cara Cek Nomornya.

Jangan ragu-ragu karena kami telah menyajikannya dengan gaya bahasa ringan serta mudah untuk dimengerti. Jadi jangan terburu-buru membacanya dan selamat menyimak informasi penting ini sampai akhir!

Pengertian KPJ (BPJS TK) dan Cara Cek Nomornya


Meskipun sebagian besar orang telah mengetahui di mana letak nomor KPJ pada kartu BPJS Ketenagakerjaan, namun kami yakin bahwa masih ada beberapa rekan peserta program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJS TK) yang belum mengerti betul apa itu itu KPJ dan bagaimana cara mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan?

Apalagi terutama bagi para peserta yang belum lama bergabung, sehingga wajar masih bertanya-tanya seputar apa itu KPJ dalam BPJS Ketenagakerjaan? Dan bagaimana cara cek nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan.

cara cek nomor kpj bpjs

Terlebih nomor KPJ sangat diperlukan dan dibutuhkan dalam berbagai keperluan dan kepentingan terkait kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Misalnya seperti sebagian contoh di bawah ini :

  • Saat ingin mendaftar pada layanan informasi dengan SMS ke 2757
  • Untuk keperluan membuat akun virtual atau digital di aplikasi BPJSTKU
  • Mencantumkan nomor KPJ di surat keterangan kehilangan dari kepolisianateandai seandai kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan milik kita hilang

Sampai di sini tentunya teman-teman sudah tidak ada yang bertanya lagi bukan tentang KPJ singkatan dari apa? Karena sudah kami jabarkan sebelumnya yaitu akronim dari Kartu Peserta Jamsostek.

Istilah KPJ sebenarnya merujuk pada nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang jumlahnya terdiri dari 11 digit nomor unik.

Sehingga sebutan KPJ bagi kebanyakan orang di lingkungan sosial kita saat ini, sering digunakan untuk menyebut nama lain dari nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK). Mengingat bahwa BPJS Ketenagakerjaan tidak lain adalah bentuk peralihan dan transformasi dari badan penyelenggara jaminan sosial di masa lalu, yang dulu pernah bernama Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja).

Sebagai catatan wawasan, jika kita mau mengamati lebih mendalam ternyata terdapat sedikit perbedaan antara nomor unik dari versi lama yaitu kartu Jamsostek dan versi terbaru dari kartu BPJS Ketenagakerjaan. Perbedaannya bukan terletak pada jumlah nomor unik digitnya yang sama-sama memiliki 11 digit melainkan pada rangkaian dari nomor tersebut, bila dikartu Jamsostek model lama selain terdiri dari nomor adakalanya juga terselip karakter huruf seperti gambar di bawah ini :

Jamsostek

Sementara itu untuk nomor unik pada kartu peserta jamsostek terbaru versi BPJS Ketenagakerjaan, 11 digit yang dimiliki hanya terdiri dari karakter angka semua tanpa terdapat karakter lain yang disertakan. Dan kabar terbaru ternyata kartu BPJS TK model sekarang juga telah dilengkapi dengan nomor Induk Kependudukan (NIK).

Coba perhatikan gambar di bawah ini bahwa nomor NIK berada tepat di atas nomor KPJ yang berjumlah 11 digit.

BPJS TK

Jadi jangan sampai bingung ya teman-teman jika melihat ada 2 deret nomor terpampang pada kartu peserta jamsostek atau BPJS TK.

Sebenarnya masih ada satu lagi perbedaan yang perlu diperhatikan khusus untuk yang mengikuti program Jaminan Pensiun (JP), karena biasanya nomor unik KPJ-nya ditampilkan 15 digit dengan menambahkan tiga digit angka 0 (nol) setelah nomor utama. Misalnya nomor unik KPJ atau BPJS TK yang yang dimiliki adalah 13579246801, maka nomor BPJS Ketenagakerjaan JP adalah 13579246801000.

Itulah pembahasan KPJ BPJS Ketenagakerjaan baik dari pengertian serta cara cek nomornya.

Saran kami kepada setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan sebaiknya agar selalu benar-benar menjaga kartu peserta jamsostek yang telah diterima, dan tidak lupa untuk menyalin nomor unik kepesertaan Jamsostek pada buku catatan pribadi atau media lainnya yang mudah untuk diakses diri kita sendiri.

apa yang dimaksud no kpj

Karena apabila kartu BPJS TK sampai hilang dan nomor unik KPJ-nya juga tidak diketahui, maka yang ada kita akan beralamat kesulitan dalam berbagai kepentingan terkait BPJS TK.

Semisal di lain hari peserta BPJS TK berkehendak ingin mencairkan saldo dana JHT (Jaminan Hari Tua) baik dari 10%, 30% atau hingga 100%, maka kita diwajibkan menuliskan nomor kepesertaan BPJS TK ke dalam formulir sebagai bagian administrasi yang harus dilengkapi.

Lalu bagaimana cara cek nomor KPJ atau cara mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan apabila kartu yang sudah kiat terima hilang?

Adapun jika hal ini terlanjur terjadi bagi para peserta BPJS TK, maka jawaban kami adalah berusaha untuk mengetahui nomor kartu peserta jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan dengan beberapa alternatif yang ada, baik melalui bantuan HRD, kepolisian hingga  metode lain yang bena-benar mendukung hal tersebut.

Untuk teman-teman yang ingin mengetahui pembahasan lebih mendalam tentang cara cek nomor KPJ atau BPJS TK yang hilang, silahkan baca tutorial dan informasi selengkapnya Di Sini.

Dan kabar baiknya pihak BPJS Ketenagakerjaan juga telah menambahkan pilihan sabuk pengaman kepada peserta dengan dibolehkan membuat dan memiliki kartu peserta jamsostek versi digital.

Cara membuat dan mengaksesnya nanti bisa melalui aplikasi BPJSTKU via mobile smartphone atau pada halaman website. Dan fungsi dari kartu BPJS virtual atau digital sama persis kedudukannya seperti pada kartu aslinya. Untuk mengetahui cara mudahnya pembuatan kartu virtual atau digital BPJS TK silahkan Klik Di Sini.

akun digital aplikasi bpjstku

Sampai disini harapan kami semoga teman-teman pembaca dan para peserta BPJS TK sudah bisa mengerti dengan biak apa yang dimaksud nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan dan bagaiamana cara mengetahui nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan.

Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa membagikan informasi bermanfaat ini di media sosialmu, siapa tahu di luar sana ada yang benar-benar membutuhkan dan bisa beruntung mendapat informasi ini melalui bantuan kamu membagikan artikel ini?

Jangan ragu untuk berbagi kebaikan kepada sesama dan salam sejahtera!