Kartu Jamsostek (BPJS TK) Hilang? Beginilah Cara Mengurusnya

Siapa yang hinga dini hari tidak tahu tentang keberadaan Jamsostek (BPJS TK)? Tentu sudah tidak asing lagi bukan meskipun hanya sebatas mendengar namanya saja, entah itu lewat siaran televisi atau pesawat radio.

Mungkin bagi para pekerja keberadaan Jamsostek (BPJS TK) sudah menjadi hal umum sebagai informasi publik, karena bagaimanapun Jamsostek (BPJS TK) atau yang sekarang kita kenal namanya menjadi BPJS Ketenagakerjaan bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi para pekerja dari berbagai hal, misalnya seperti jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua dan sebagainya.


Dan sebagai tanda kepesertaan, BPJS Kesehatan juga mengeluarkan kartu yang bisa dimiliki bagi para peserta BPJS TK. Kartu ini selain berfungsi sebagai tanda kepesertaan juga memiliki manfaat lain untuk digunakan saat memakai layanan yang berhubungan dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Misalnya bagi peserta yang hendak menginginkan untuk mencarikan dana JHT (Jaminan Hari Tua) yang dimiliki, peserta tidak akan bisa mendapatkan apa yang diinginkan tanpa bisa menyertakan kartu BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK), baik ingin mencairkan saldo sebesar 10%, 30% atau 100%.

Mengingat bahwa fungsi dari kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dapat dikatakan sebagai hal yang vital saat proses menggunakan layanan, saran kami sebaiknya setiap peserta BPJS TK tidak sampai lalai dalam menjaga kartunya, agar senantiasa tetap utuh dan dalam kondisi yang baik.

Misalnya teman-tema peserta BPJS TK bisa mencobanya untuk melaminating kartu BPJS Ketenagakerjaan tersebut, lalu menyimpannya pada tempat yang dirasa aman dan jauh dari jangkauan anak-anak bermain. Hak ini termasuk dari langkah antisipasi yang baik, mengingat bahwa kartu BPJS Ketenagakerjaan juga tidak terlalu sering untuk kita pakai dalam kehidupan sehari-hari.


Namun namanya manusia, maksud hati ingin sangat berhati-hati dalam menjaga kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dipunya, akan tetapi justu malah sampai terlanjur lupa menaruhnya, dan sudah dicari sampai berhari-hari lamanya juga tidak ketemu, atau istilahnya naik status dinyatakan telah hilang.

Kalau begini ceritanya apakah masa depan dalam menggunakan layanan BPJS Ketenagakerjaan akan suram atau terhalang, jawab kami tentu saja! Akan tetapi hal ini akan beda skenario apabila peserta mau meluangkan waktu untuk mengurusnya, agar kartu BPJS TK yang terlanjur hilang bisa didapatkan kembali.

Sebenarnya dari kasus lapangan yang sering terjadi, peserta BPJS Ketenagakerjaan tidak sedikit juga yang mengeluh karena kartu yang dimilikinya rusak, misalnya patah, sudah tidak bisa terbaca atau mungkin terbakar sampai menjadi butiran debu.

Jika demikian adanya, kami rasa artikel ini adalah jawaban tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut, karena artikel kami sering mengangkat topik dari kehidupan sehari-hari yang kerap terjadi di lingkungan kehidupan masyarakat, dan selanjutnya tidak lupa juga untuk menyertakan solusi terbaik agar bisa memecahkan permasalahan yang sedang dialami.


Jadi pada kesempatan kali ini, artikel kami akan membahas secara lengkap dan disertai jawaban persoalan hingga tuntas bilamana kartu Jamsostek (BPJS TK) hilang.

Ada baiknya teman-teman peserta BPJS TK tidak tergesa-gesa mengambil sikap bingung, karena dibawah ini akan mengajak membahas cara mengurusnya agar bisa mendapatkan kembali kartu BPJS TK yang terlanjur hilang.

Baiklah tanpa berlama-lama lagi, mari simak pembahasan berikut ini

Cara Mengurus Kartu BPJS TK yang Hilang


Kartu BPJS hilang?! Tenang saja tidak perlu khawatir sampai begitu, yang ada malah bikin capek diri sendiri karena bisa mengganggu konsentrasi pada pekerjaan yang sedang dilakukan.

Mulai dari sini kita akan buka-bukaan bagaiaman cara mengurus kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan, agar nantinya bisa mendapatkan ganti kartu BPJS TK yang baru dan sesuai sama persisi seperti duplikasi kartu lama yang hilang.

Kenapa kami sampaikan duplikat, karena kartu baru yang akan diterima baik dari data dan nomor KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau nomor peserta BPJS TK akan sama persis serupa dengan yang dimiliki kartu lama.

Mengingat bahwa kartu BPJS TK yang sifatnya tidak terlalu digunakan setiap hari, ada baiknya untuk yang masih punya kartu atau bagi yang memiliki kartu baru lagi, agar disimpan baik-baik dengan kumpulan berkas dokumen lainnya di rumah, jadi agar lebih aman jauh dari resiko hilang.


Berbeda ceritanya jika kartu BPJS TK disimpan di dalam dompet sedangkan dompetnya dibawa menemani beraktivitas keseharian, takutnya apabila terjadi suatu hal yang tidak disengaja seperti misal dompetnya terjatuh tanpa sadarkan diri diperjalanan, yang ada kartu BPJS TK akan raib berserta dompet seisinya, tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Akan tetapi apabila nasi sudah menjadi bubur, kartu BPJS Ketenagakerjaan sudah lenyap entah dimana dan dengan keterangan sebab apapun itu, memang mau tidak mau kita harus ikhlas merelakan kepergiannya dan mejadikan pelajaran agar tidak terulang kembali dikemudian hari, entah pada semua berkas dokumen apapun itu.

Dan sepertinya satu-satunya jalan tidak lain kita perlu mengurusnya sebentar, agar bisa mendapatkan kartu duplikast BPJS TK serupa dengan kartu yang suda hilang. Karena bagaimanapun patut disayangkan juga apabila kita masih dinyatakan bestatus sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan, akan tetapi kartunya sudah lenyap tidak ada digenggaman.

Terlebih bagi para peserta BPJS TK yang sudah berniatan bulat untuk bekerja dalam kurun waktu yang lama di perusahaan yang sedang ditekuni, mungkin naik level menjadi berhukum wajib untuk mengurus kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang, agar nantinya dicetakkan kembali kartu duplikasinya.

Berikut ini adalah syarat dokumen berkas yang perlu dipersiapkan sebelum mengajukan kembali pembuatan kartu BPJS Tk yang hilang, agar kedepannya tidak perlu mondar-mandir hanya seputar melengkapi kelengkapan administrasi.

  • E-KTP beserta salinannya
  • Kartu Keluarga beserta salinannya
  • Suarat pengantar dari perusahaan tempat bekerja, yang memuat pernyataan bahwa yang bersangkutan masih aktif bekerja sebagai karyawan perusahaan. Selain itu isi surat tersebut juga memuat permohonan agar bekenan mencetakkan kartu baru sesuai nomor KPJ yang tercantum.
  • Surat keterangan kehilangan dari kepolisian, dengan keterangan tidak wajib menyertakannomor KPJ/nomor kartu BPJS TK, nama tempat perusahaan tempat aktif bekerja dan disertai lokasi serta waktu kehilangan

Kami harap teman-teman peserta BPJS Ketenagakerjaan sudah mengerti dan tahu apa itu yang dimaksud dengan nomor KPJ/nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan, karena jika tidak bisa menyertakan mungkin akan menjadi kendala yang cukup berarti kedepannya untuk bisa berhasil mendapatkan kartu duplikat baru.

Jika memang ada yang masih belum mengetahu apa itu KPJ, silahkan coba simak pembahasan lengkap dan cara menemukannya Di Sini.

Harap diperhatikan juga bahwa cara mengurus kartu Jamsostek (BPJS TK) yang sudah hilang ini, hanya berlaku bagi teman-teman yang masih berstatu aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, selain itu juga masih benar-benar menjadi karyawan aktif di perusahaan tempat bekerja.

Apabila dirasa syarat dokumen berkas sudah bisa dipersiapkan, sekarang langkah selanjutnya adalah teman-teman peserta BPJS TK mendatangi kantor cabang terdaftar.

Maksud dari kantor cabang terdaftar tidak lain adalah kantor kali pertama yang dulu pernah menerbitkan kartu BPJS TK kita.

Sebagai catatan, sebenarnya di beberapa perusahaan ada yang berkenan membantu karyawannya untuk bisa mendapat ganti kartu BPJS TK yang hilang. Jadi kita hanya sekedar memberikan semua berkas dokumen yang dibutuhkan dan pihak perusahaan yang akan mewakili untuk mengurusnya.

Akan tetapi andaikan tidak seperti contoh tersebut, tidak ada salahnya juga kita sendiri yang mengurusnya, yang terpenting kita sudah tahu alur prosedurnya.

Namun bilamana berkeinginan untuk memiliki sabuk pengaman, kami saran agar teman-teman BPJS Ketenagakerjaan mendaftarkan diri dan membuat akun di Aplikasi BPJSTKU. Banyak manfaat yang dapa diambil, seperti info diskon di tempat perbelanjaan, retoran dan lain sebagainya, selain itu peserta juga akan dimanjakan dengan memiliki kartu digital BPJS Ketenagakerjaan.

Intinya jika kartu aslinya hilang kita perlu repot-repot harus pergi mengurus di kantor cabang terdafta BPJS Ketenagakerjaan, gimana cukup menyenangkan bukan? Untuk mengetahui informasinya lebih lanjut silahkan Klik Di Sini.

Itulah informasi terkait cara mengurus kartu Jamsostek (BPJS TK) yang hilang, semoga usaha teman-teman BPJS Ketenagakerjaan memperoleh keberhasilan. Amiin.