Daftar Nama Bank Untuk Pencairan Dana JHT Jamsostek (BPJS TK)

Apakah kamu tahu bank apa saja yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan? Serta nama bank apa saja untuk pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan?

Kami menyadari bahwa diantara teman-teman peserta BPJS TK (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja) pasti ada yang bertanya-tanya mengenai hal tersebut.


nama bank pencairan dana jht jamsostek (bpjs tk)

Pasalnya kegiatan mengajukan klaim dan mencairkan dana JHT  melalui media bank bisa menjadi salah satu referensi pilihan terbaik yang patut untuk kita coba, mengingat begitu sengitnya saat ini dalam persaingan memperoleh nomor antrian online untuk pencairan JHT secara manual di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Tidak jarang ada diantara peserta BPJS TK yang sudah berulang kali mencoba mendaftar antrian online, namun pada kenyataannya sering gagal karena jumlah kuota yang dibagikan terbatas.

Ada juga peserta BPJS Ketenagakerjaan yang sampai berusaha mencoba melakukan registrasi saat waktu tengah malam tiba atau pukul 01.00 WIB, namun apa disangka ternyata hasil yang didapat masih nihil dan tetap belum berhasil dikarenakan kuota selalu sudah penuh.

Mungkin memang ada baiknya kita sebagai peserta BPJS TK mencoba mengurus pengajuan klaim dan pencairan dana JHT dengan metode dan tempat yang berbeda, yakni tidak lain adalah klaim dana JHT di kantor bank sebagai media yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Kenapa kita dianjurkan untuk menjajal mengurus pengajuan klaim dan pencairan dana Jaminan Hari Tua Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan melalui media bank?


syarat pencairan bpjs ketenagakerjaan 2019

Kami jawab karena dengan memilih proses klaim dana JHT melalui bank sebagai medianya, kita akan diuntungkan dengan tidak perlu repot-repot mendaftar nomor antrian secara online.

Singkat kata kita bisa langsung mendatangi kantor bank tertentu yang telah ditunjuk oleh kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, untuk nantinya bisa memperoleh layanan dalam pengajuan klaim dan pencairan dana JHT.

Lalu apa saja daftar nama bank yang sudah bekerjasama dengan Jamsostek/BPJS TK untuk mencairkan dana JHT? Apakah kita bisa memillih bank sesuai yang kita miliki?

Nah untuk lebih jelasnya silahkan simak baik-baik penjelasan pada artikel di bawah ini hingga selesai.


Daftar Nama Bank Pencairan JHT Jamsostek (BPJS TK)


Bank adalah nama pertama kali yang mulai muncul dari belahan bumi daratan eropa, yang diadopsi dari bahasa Itali yaitu BANCO dan memiliki arti merujuk pada BANGKU.

BANGKU yang dimaksud di sini adalah sebagai bentuk meja yang dijadikan media operasional para bankir zaman dahulu untuk melayani para nasabah. Dan seiring waktu berlalu istilah dari BANGKU ini kemudian menjadi populer di tengah masyarakat dunia dengan sebutan nama BANK.

Para peserta Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan yang berbahagia, perlu kami sampaikan sebagai catatan kecil untuk sementara waktu, bahwa ternyata sampai sekarang fakta mengatakan tidak semua jenis bank diberi kewenangan untuk mencairkan dana JHT BPJS TK.


pencairan dana jht jamsostek

Sampai artikel ini selesai dibuat dan dipublikasikan menjadi referensi bacaan umum, pemerintahan kita dalam upayanya melakukan kerjasama baru bisa merangkul beberapa bank tertentu, dan itupun dominan terdiri dari bank-bank pemerintah atau BUMN.

Tanpa berlama-lama lagi berikut ini adalah dafar nama bank yang berhasil kami himpun dan memiliki ikatan kerjasama dengan Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan :

  • BNI (Bank Negara Indonesia)
  • BRI (Bank Rakyat Indonesia)
  • Bank Bukopin
  • Bank Mandiri
  • BTN (Bank Tabungan Negara)
  • BJB (Bank Jabar Banten)
  • Bank Central Asia

Itulah daftar Service Point Office (SPO) nama-nama bank yang hingga saat ini diketahui telah bekerjsama dengan Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan.

Jangan berhenti membaca sampai sini ya! Karena masih ada informasi menarik tambahan agar pemahaman teman-teman benar-benar baik dan tidak menjadi keliru.



Daftar di atas memang merupakan nama bank yang bisa kita manfaatkan untuk mengurus proses klaim dan pencairan dana JHT yang kita miliki, namun bisa saja sewaktu-waktu di masa yang akan datang dan teriring peraturan BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami perbaikan demi kemudahan pelayanan, sangat dimungkinkan sekali akan mengalami perubahan dari daftar nama bank tersebut, bisa saja bertambah atau justru malah mengalami pemangkasan.

Namun sekali lagi sampai kami berhasil membagikan konten ini kepada teman-teman, 7 bank tersebutlah yang diketahui telah bekerjasama dengan Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan. Dan 7 bank itulah yang telah ditunjuk untuk menerima proses pengajuan klaim dan pencairan dana JHT dari peserta BPJS TK.

Akan tetapi harap diperhatikan serta diingat baik-bailk oleh teman-teman dan peserta BPJS TK, bahwasannya nama-nama bank yang sudah kami rangkum di atas masih menerapkan kerjasama dalam sistem skala yang terbatas atau masih belum secara keseluruhan.

Artinya hanya pada bank di cabang tertentu saja yang memang telah ditunjuk dari BPJS Ketenagakerjaan, untuk selanjutnya bisa membantu pengurusan klaim dan pencairan dana JHT dari peserta BPJS TK.

Misal contoh cerita ringannya begini :



Di kota Bandung terdapat beberapa bank yang sudah berdiri lama, yaitu ada meliputi BCA, BRI, Bank Mandiri dan Bank Bukopin. Akan tetapi tidak serta merta kita bisa mengunjungi bank tersebut untuk keperluan pengajuan klaim serta pencairan dana JHT. Meskipun kita sudah mengetahui bahwa nama-nama bank tersebut memiliki kerjasama dengan pihak Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan.

Penyebab dari persoalan tersebut adalah karena pada setiap kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang ada, pada umumnya hanya bekerjasama dengan satu bank per satu cabang kantor Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan.

Jadi mudahnya begini, andaipun kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Bandung telah menjalin kerjasama dengan pihak Bank Bukopin, bukan berarti semua kantor Bank Bukopin yang ada di Kota Bandung memiliki wewenang untuk melayani para peserta BPJS TK dalam pengajuan klaim dan pencairan dana JHT. Melainkan hanya salah satunya saja, yaitu yang nantinya akan ditunjuk dari BPJS Ketenagakerjaan yang digunakan.

Dan untuk mengetahui nama bank apa serta unit mana yang dapat digunakan proses pencairan dana JHT, tidak lain caranya adalah dengan mengunjungi langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terlebih dahulu untuk mendapat informasi tersebut. Dapat dikatakan inilah satu diantara kekurangan mengurus klaim JHT lewat bank, disamping kelebihannya dalam proses yang tanpa harus melalui registrasi antrian online.

Intinya kita masih perlu mencari konfirmasi dari kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, untuk melakukan pengecekan nama bank apa yang ada di daerah kita dan sudah dinyatakan bisa melayani peserta dalam mencairkan JHT yang dimiliki. Tidak bisa dengan tiba-tiba langsung mendatangi bank yang namanya sama ada dalam daftar di atas.



Demikianlah artikel informatif kami kali ini. Mudah-mudahan dapat membantu teman-teman terlebih para peserta Jamsostek/BPJS TK yang barangkali tengah mencari sumber informasi berbobot, terkait nama bank apa saja yang sudah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk proses mencairkan dana JHT.

Dan tentang bagaimana cara tehnisnya dan syarat-syarat yang diperlukan dalam mencarikan dana JHT melalui Bank, silahkan teman-teman dapatkan informasi panduan selengkapnya Di Sini.

Adanya layanan klaim JHT melalui Service Point Office (SPO) perbankan , tentunya sedikit banyak bisa membantu mempermudah peluang peserta dalam mencairkan dana tabungan JHT yang dimiliki. Sehingga secara tidak langsung akan mengurangi kepadatan peserta yang mencairkan dana JHT secara langsung di kantor BPJS Ketenagakerjaan.