Cara Membuat Kartu Digital BPJS TK Terbaru, Beginilah Langkahnya

Usaha manusia moderen mengembangkan kemampuan tekhnologi dan informasi tidak lain dilatarbelakangi agar kehidupan dan kepentingan manusia dapat di terlaksana dengan mudah, praktis dan efisien.

Satu diantaranya yang sedang buming di seluruh penghujung dunia adalah tekhnologi internet. Baik dari kalangan orang dewasa, kaum muda hingga anak kecil sudah mulai membaur dengan keberadaan internet dalam kehidupan sehari-hari.

cara membuat kartu digital bpjs ketenagakerjaan

Tujuan dari dikembangkannya internet sendiri bermula agar bisa menghubungkan jaringan komunikasi skala global. Dan seperti yang kita lihat sekarang ini banyak varian produk berbasis internet yang dapat digunakan oleh kita sebagai manusia, baik untuk sekedar komunikasi, mencari informasi, menonton hiburan atau membuat karya baru berbasis internet lainnya.

Dengan melihat peluang kemajuan dunia internet yang bisa dirasakan banyak orang, dalam hal ini ternyata BPJS Ketenagakerjaan juga tidak mau ketinggalan untuk turut serta memanfaatkan internet agar bisa berinovasi dalam pelayanan.

Terhitung sejak tahun 2018 dari pihak BPJS Ketenagakerjaan telah mengesahkan inovasi barunya, dengan meluncurkan kartu digital BPJS TK (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja) yang dapat dinikmati oleh para pekerja yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Kabar baiknya bila peserta asuransi jaminan sosial tenaga kerja sudah memiliki kartu digital BPJS Ketenagakerjaan, maka tidak akan dipusingkan lagi apabila suatu hari kartu fisik BPJS TK yang asli milik kita hilang atau rusak tidak bisa terbaca.

cara cetak kartu bpjs ketenagakerjaan digital

Tentu penasaran bukan kenapa bisa begitu, hal ini karena yang menjadi unik adalah bahwa versi kartu digital BPJS TK memiliki kedudukan dan fungsi yang sama persis seperti versi kartu fisik aslinya, gimana enak bukan?!

Dan selain itu untuk mendapatkannya kita tidak perlu harus pergi jauh-jauh mengunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat, karena dimanapun berada dan kapanpun waktunya serta mau siapapun orangnya asalkan memiliki perangkat smartphone, tersambung internet aktif dan berstatus sebagai peserta maka sudah dapat membuatnya sendiri dengan bantuan Aplikasi BPJSTKU.

Lalu bagaimana cara membuat kartu digital BPJS TK melalui Aplikasi BPJSTKU?

Nah untuk lebih lengkap dan detailnya, silahkan simak dan cermati informasi dibawah ini, dengan mengikutinya dari awal sampai akhir teman-teman akan bisa langsung mempraktikkannya sendiri di rumah atau saat waktu luang dari kegiatan.

Selamat membaca!

Cara Terbaru Membuat Kartu Digital BPJS TK


Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, bahwa dengan dihadirkannya kartu digital BPJS TK ini akan mempermudah para peserta dalam menerima manfaat dan layanan tambahan dari program-program BPJS Ketenagakerjaan.

kartu digital bpjs ketenagakerjaan

Keunggulan lain dari kartu digital BPJS Ketenagakerjaan diantaranya adalah bisa berfungsi sebagai Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kematian (JKM).

Peserta juga akan dimanjakan dengan keunggulan manfaat lainnya saat bertransaksi di merchant yang sudah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Dan kedepannya peserta dapat lebih mudah dalam mengaksesnya, selain bisa dengan Aplikasi BPJSTKU pada smartphone, kita juga bisa mengaksesnya melalui SIPP Online dan website resmi BPJS Ketenagakerjaan, sehingga tidak perlu khawatir dan takut lagi apabila kartu fisik BPJS TK yang sudah dimiliki hilang atau rusak.

Intinya dengan membuat dan mencetak kartu  digital BPJS Ketenagakerjaan melalui Aplikasi BPJSTKU, bisa berperan sebagai pengganti bila kartu yang asli rusak, hilang atau sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan tapi belum pernah sama sekali diberikan kartu kepesertaannya.

Di beberapa waktu yang lalu, sebenarnya kami sudah menuliskan cara mudah cetak kartu digital BPJS Ketenagakerjaan yang dapat di print-out melalui Aplikasi BPJSTKU.

cara mengetahui nomor kpj jamsostek yang hilang

Namun setelah ada upgrade terbaru dari Aplikasi BPJSTKU, baik desain tampilan warna yang dulunya dominan hijau menjadi biru, ternyata secara tekhnis untuk cara pendaftaran akun baru, cara mengoperasikan fitur-fitur yang terdapat didalamnya juga mengalami beberapa perubahan, termasuk prosedur saat mengakses kartu digital BPJS TK.

Dari pantauan kami, meski masih terdapat sedikit kekurangan akan tetapi Aplikasi BPJSTKU versi terbaru ini jauh lebih baik dari versi sebelumnya.

Dan pastinya kami mengira di masa-masa yang akan datang aplikasi ini akan terus mengalami perkembangan dan pembaruan, demi tujuan agar semakin informatif, praktis dan tentunya mudah digunakan bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Baiklah mari kita langsung ke perbincangan topik utama dari artikel ini, yaitu bagaimana cara membuat kartu digital BPJS TK melalui Aplikasi BPJSTKU versi terbaru.

Mengingat bahwa aplikasi ini berbasis smartphone, tentu pertama yang wajib dilakukan adalah memasangnya terlebih dahulu dengan mengunduhnya, selain itu teman-teman peserta BPJS Ketenagakerjaan juga diharuskan sudah memiliki akun BPJS TK untuk bisa membuka aplikasinya. Bagi yang belum memiliki akun silahkan buat dulu sebelum ke langkah selanjutnya. Dijamin gampang dan cepat kok!

cara login bpjstku

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa dicermati tentang cara membuat kartu digital BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi smartphone :

  1. Unduh dan instal Aplikasi BPJSTKU dari Google Playstore atau App Store
  2. Jika sudah terinstal lanjutkan dengan membuka Aplikasi BPJSTKU
  3. Lalu klik PENDAFTARAN PENGGUNA BPJSTKU
  4. Atau bisa juga dengan klik LOGIN, kemudian pilih Buat Akun Baru
  5. Selanjutnya masukkan alamat email aktif
  6. Silahkan buka email dan masukkan PIN verifikasi
  7. Kemudian pilih Jenis Kepesertaan PU (Penerima Upah)
  8. Lengkapi biodata diri dari nama lengkap, tanggal lahir, NIK sesuai yang tertera di E-KTP 
  9. Masukkan nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan/KPJ (Kartu Pesrta Jamsostek)
  10. Tuliskan nomor kontak handphone yang digunakan
  11. Masukkan kode unik verifikasi yang diterima melalui SMS
  12. Buatlah kata sandi yang mudah diingat minimal 8 (delapan) karakter.

Sampai sini langkah cara membuat kartu digitla BPJS Ketenagakerjaan melalui Apliaksi BPJSTKU sudah selesai.

klaim bpjs ketenagakerjaan dengan kartu digital

Dan jika dirasa masih ada yang kurang jelas kami sarankan agar teman-teman membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul Panduan Lengkap 11 Cara Membuat Akun BPJSTKU Untuk Karyawan Perusahaan (UPDATE!). Di situ kami sudah menjelaskan secara rinci tahap demi tahap bagaimana cara registrasi akun baru di Aplikasi BPJSTKU.

Sesudah memiliki akun, kita bisa langsung mengakses kartu digital BPJS TK milik kita dan silahkan untuk mencetaknya apabila hendak digunakan sebagai ganti kartu fisiknya yang telah hilang atau rusak tidak terbaca.

Dan sebagaimana sudah kami singgung sebelumnya, meskipun dari hasil cetak sendiri namun untuk fungsi dan kedudukannya tetap sama persis dengan kartu aslinya yang diterbitkan oleh kantor BPJS Ketenagakerjaan, termasuk bisa juga dan dianggap digunakan untuk mencairkan dana JHT.

kartu digital bpjs tidak muncul

Berikut ini langkah yang bisa diambil untuk cetak kartu digital BPJS TK dengan di print-out secara langsung

  1. Masukkan email dan kata sandi yang sebelumnya digunakan saat pendaftaran, lalu klik LOGIN
  2. Pada tampilan halaman utama dari Aplikasi BPJSTKU, klik menu  Kartu Digital
  3. Lalu klik gambar kartu BPJS Ketenagakerjaan
  4. Klik sekalik lagi gambar kartu digital BPJS TK tersebut
  5. Kemudian akan muncul dua pilihan, apakah ingin dikirim melalui email atau disimpan di galeri smartphone yang sedang digunakan
  6. Bila memillih dikirim melalui emali, silahkan cek kotak masuk email dan temukan pesan yang berisi kartu digital BPJS Ketenagakerjaan milik kita. Selanjutnya kartu digital tersebut bisa diunduh dan disimpan ke dalam galeri atau bisa juga langsung dicetak jika sudah terhubung printer
  7. Apabila sejak awal lebih memilih menyimpannya ke dalam galeri, silahkan cek kumpulan file foto di ponsel dan lanjutkan dengan langkah print-out
  8. Harap diperhatikan agar mencetaknya wajib memakai tinta berwarna dan bisa juga dibantu dengan kertas HVS atau kertas khusus foto

Sampai di sini sudah selesai, dan apabila mengalami sedikit kendala saat menerima email atau menyimpan foto ke dalam galeri, kita bisa mengambil gambar kartu digital BPJS Ketenagakerjaan dengan metode screenshoot.

download aplikasi bpjstku apk

Dan untuk langkah keamanan setelah kartu digital BPJS TK di cetak boleh juga kita melanjutkan langkah laminating agar lebih kelihatan rapi tidak mudah rusak. Gimana mudah bukan?!

Intinya apabila suatu hari kartu fisik atau kartu print-nya hilang, kita bisa langsung membuat kembali dengan cara seperti dijelaskan di atas, asalkan sudah memiliki akun pada Aplikasi BPJSTKU atau minimal masih ingat nomor unik kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan/KPJ yang dimiliki.

Bagi teman-teman yang belum bisa cara cek nomor KPJ atau nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan silahkan temukan jawabannya Di Sini.

Sayangnya apabila kartu fisik yang dimiliki peserta raib dan ditambah tidak ingat nomor KPJ atau nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki, mungkin akan ada sedikit PR tambahan yang perlu dilakukan.

download tampilan belakang kartu bpjs ketenagakerjaan

Namun tenang saja, karena kami juga sudah menuliskan tentang solusinya untuk Anda. Untuk cara mengetahui nomor KPJ (BPJS TK) yang hilang silahkan Klik Di Sini.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan dan jangan lupa untuk membagikan refrensi bacaan ini kepada yang lain seperti di media sosial, agar para peserta BPJS Ketanagakerjaan yang lain di luar sana juga ikut terbantu. 

Semoga bermanfaat dana semangat menggapai impian.