Cara Benar Mendaftar Antrian Online Untuk Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan

Kegiatan mengantri bisa dikatakan sebagai budaya yang baik apabila diterapkan pada lingkungan sosial kita dimanapun berada. Dengan mengindahkan sikap mau mengantri maka terdapat pesan secara tersirat yang menunjukkan rasa hormat dan menghargai terhadap hak orang lain.

Dan tahukah kamu bahwa dalam pekaksanaannya sikap mengantri juga memiliki keunikan tersendiri loh!

Ada yang rela mengantri bermodel layaknya kereta yang berjejer-jejer panjang demi mendapatkan apa yang diinginkan, ada juga yang mengantrinya  bepola dibuat random atau acak seperti mengantri mendapat giliran arisan, antri pada lampu lalu lintas dan sebagainya.

Bahkan ada juga loh antrian yang modelnya didasarkan atas usia atau kepentingan, misalnya penjual nasi uduk pinggir jalan siap saji yang akan mendahulukan pelayanannya kepada konsumen karena dari segi fisik seperti sudah sepuh misal kakek dan nenek atau karena ada seorang ibu-ibu yang tergesa-gesa mengantarkan anaknya untuk masuk sekolah, dan masih banyak lagi contoh lainnya yang dapat digali, nah gimana unik bukan!?

Akan tetapi seiring perkembangan peradaban tekhnologi yang kian merambah pada kehidupan manusia, model antrian klasik jaman dahulu mulai mendapat perhatian dengan dimodifikasi pola antrian dalam alur yang tersistematis terhubung layanan internet.


Sebagaimana BPJS Ketenagakerjaan yang telah mengibarkan sayapnya untuk memberikan pelayanan melalui jalur udara, misalnya peserta sudah bisa untuk membuat permintaan nomor antrian secara online untuk keperluan pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Pada kesempatan kali ini artikel yang sudah kami susun dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti akan menjelaskan tentang bagaimana Cara Benar Mendaftar Antrian Online Untuk Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Dan kami yakin hal ini akan menjadi benar-benar mudah untuk dilakukan oleh peserta BPJS TK apabila telah mengikuti panduan yang kami berikan, sekalipun bagi teman-teman yang masih gaptek (gagap tekhnologi) kami pastikan bisa melakukannya untuk membuat nomor  antrian online.

Oke tanpa berpanjang lebar seperti jalan raya pantura dan berlama-lama menunggu dalam pembahasan pembukaan, mari kita simak baik-baik artikel di bawah ini yang akan menjelaskan tentang Cara Benar Mendaftar Antrian Online Untuk Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Selamat membaca panduan kami!

Cara Benar Mendaftar Antrian Online Untuk Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan


Jika sejenak sembari menengok kebelakang saat melangkahkan kaki pada perjalanan hidup yang tiada henti, riwayat awal sejarah dimulainya pengesahan layanan registrasi mendaftar antrian online dari BPJS Ketenagakerjaan sebenarnya sudah dilaunching sejak bulan Juli 2018.

Peserta mulai sekarang tidak harus untuk datang pagi- pagi hari di kantor BPJS Ketenagakerjaan hanya demi agar masih kebagian mendapatkan nomor antrian. Dengan adanya fitur mendaftar antrian online maka akan membantu kemudahan prosedur kita untuk mengklaim dana JHT yang kian semakin fleksibel.

Melalui adanya layanan registrasi mendaftar antrian secara online ini, kita memiliki kebebasan untuk mengatur jadwal kedatangan serta menghendaki jam berapa untuk bisa hadir di kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Jadi mau datang pagi atau pun siang hari tidak menjadi masalah lagi karena sebelumnya kita sudah melakukan pemesanan nomor antrian online.

Lalu sebagai peserta BPJS TK bagaimana Cara Benar Mendaftar Antrian Online Untuk Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan?

Berbahagia dan tersenyumlah karena kabar baiknya kami telah membuat langkah-langkah panduan yang bisa dijadikan sebagai pedoman, yaitu tentang cara benar mendaftar antrian online untuk pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan.


Pertama langka yang harus dilakukan adalah mencari dan memastikan keberadaan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang sudah mendukung layanan mendaftar antrian online, mengingat hingga sekarang ini masih terdapat beberapa kantor cabang yang belum bisa menerapkan layanan ini.

Silahkan dicermati dan lakukan pengecekan pada daftar area wilayah dan titik kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang sudah kami rangkum dari beberapa informasi terpercaya. Daftar berikut ini merupakan daftar sementara yang menampilkan letak kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang sudah mendukung penerapan dari sistem antrian online.

Siapa tahu ada salah satunya yang dekat dengan tempat tinggalmu saat ini sehingga tidak memakan jarak dan waktu yang begitu jauh, jadi silahkan cek!

# Area Wilayah DKI Jakarta


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Sudirman, Jakarta Slipi, Jakarta Salemba, Jakarta Rawamangun, Jakarta Pulo Gerbang, Jakarta Pluit, Jakarta Menara Jamsostek, Jakarta Mangga Dua, Jakarta Mampang, Jakarta Kelapa Gading, Jakarta Kebon Sirih, Jakarta Kebayoran Baru, Jakarta Gerogol, Jakarta Gambir, Jakarta Cilincing, Jakarta Cilandak, dan Jakarta Ceger.

# Area Wilayah Banten


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Cimone, Tangerang Cikupa, Tangerang Cikokol, Tangerang BSD, Tangerang Batu Caper dan Kota Serang.

# Area Wilayah Jawa Barat


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Bandung Suci, Sumedang, Depok, Bogor Cileungsi, Bandung Lodaya, Bandung Soekarno Hatta, Cimahi, Karawang, Purwakarta, Tasikmalaya, Sukabumi, Cirebon, Bogor Kota, Bekasi Cikarang dan Bekasi Kota.

# Area Wilayah Jawa Tengah


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Ungaran, Tegal, Surakarta, Semarang Pemuda, Semarang Maja Pahit, Purwokerto, Pekalongan, Magelang, Kudus, Klaten dan Kota Cilacap.

# Area Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Yogyakarta.

# Area Wilayah Jawa Timur


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Surabaya Tanjung Perak, Sidoarjo, Madiun, Mojokerto, Pasuruan, Kediri, Surabaya Rungkut, Surabaya Darmo, Gresik, Bojonegoro, Madura, Blitar, Banyuwangi, Jember, Malang dan Kota Surabaya Karimunjawa.

# Area Wilayah Daerah Istimewa Aceh


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Banda Aceh, Meulaboh, Lhoksumawa, dan Kota Langsa.

# Area Wilayah Sumatera Barat


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Binjai, Medan Kota, Kisaran, Pematang Siantar, Medan Utara, Padang Sidempuan, dan Tanjung Morawa.

# Area Wilayah Sumatera Barat


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Solok, Bukit Tinggi dan Kota Padang.

# Area Wilayah Riau dan Kepulauan Riau 


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Pekanbaru Kota, Rengat, Tanjung Pinang, Dumai, Batam Nagoya, dan Batam Sakupang.

# Area Wilayah Sumatera Selatan


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Muara Enim dan Kota Palembang.

# Area Wilayah Bangka Belitung


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Pangkal Pinang.

# Area Wilayah Bengkulu


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Bengukulu.

# Area Wilayah Jambi


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Jambi dan Muara Bungo.

# Area Wilayah Lampung


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Bandar Lampung dan Lampumg Tengah.

# Area Wilayah Kalimantan


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Pontianak, Tarakan, Banjarmasin, Berau, Balikpapan, Sampit, Bontang, Kotabaru, Samarinda, Palangkaraya dan Pangakalan Bun.

# Area Wilayah Bali


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Denpasar dan Gianyar.

# Area Wilayah Nusa Tenggara


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Kupang dan Mataram.

# Area Wilayah Sulawesi


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Makasar, Gorontalo, Palopo, Kendari, Manado dan Palu.

# Area Wilayah Maluku


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Ambon.

# Area Wilayah Papua


Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Mimika, Jayapura dan Sorong.

Itulah daftar kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang sudah menerapkan penanganan antrian secara online untuk pencairan dana JHT. Seiring berlalunya waktu tentu kedepannya semua kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan akan menerapkan sistem registrasi antrian online semuanya.

Kembali pada panduan Cara Benar Mendaftar Antrian Online Untuk Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan, selanjutnya silahkan langsung saja berkunjung ke website BPJS Ketenagakerjaan dan pilih kantor cabang terdekat yang sudah mendukung dan dapat menangani antrian online. Teman-teman juga bisa mengaksesnya melalui Aplikasi BPJSTKU via smartphone loh.

Akan tetapi kami lebih menyarankan untuk menggunakan perangkat laptop atau komputer demi mendapat kelancaran dan kecepatan akses. Berikut ini alamat website BPJS Ketenagakerjaan yang dapat dicopy dan dipastekan pada kolom pencairan server Google Chrome atau server browser lainnya yang dimiliki.

Alamat resmi website BPJS Ketenagakerjaan "https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/".


Nanti kita akan dibawa pada halaman penampilan formulir yang perlu diisi seperti gambar di atas. Silahkan untuk melanjutkan dengan mengisi data-data sesuai yang diminta pada form dengan lengkap dan benar, agar nantinya terhindar dari kegagalan atau error pada proses kedepannya.

Mari perhatikan langkah-langkah berikut ini untuk Cara Benar Mendaftar Antrian Online Untuk Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan :

  1. Isi semua data kepesertaan serta kependudukan seperti NIK (Nomor Induk Keluarga), nama lengkap, nomor referensi unik KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) dan nomor kontak HP yang masih aktif digunakan.
  2. Kemudian lanjutkan dengan memilih wilayah pelayanan serta kantor cabang pelayanan yang akan kita kunjungi nantinya, tapi jangan lupa untuk memilih kantor yang sudah mendukung penerapan layanan antrian online.
  3. Lalu tentukan tanggal kedatangan pada hari kerja kantor BPJS Ketenagakerjaan. Hanya saja apabila tenyata kondisi kuota sudah penuh maka coba registrasi mendaftar antrian online pada hari lainnya selain Sabtu dan Minggu atau libur nasional.
  4. Silahkan lanjutkan untuk menentukan jam kedatangan kita di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, yang terpenting perlu di cek apakah kuota masih memenuhi untuk membuat antrian sesuai jam yang kita kehendaki nantinya.
  5. Jangan lupa untuk klik kotak captcha yang menyatakan 'Saya bukan robot' dan tunggu sebentar sampai berhasil muncul centang berwarna hijau.
  6. Sebelum klik Simpan kami sarankan untuk mencoba melakukan cek ulang terkait kebenaran data yang kita masukkan dan jangan sampai salah meski satu angka atau huruf.
  7. Jika sudah dipastikan data yang dimasukkan benar semua lalu klik simpan dan lakukan proses mencetak ulang.

Sampai di sini langkah demi langkah dalam proses registrasi pengajuan antrian online dana JHT telah selesai. Dan selanjutnya kita akan menerima nomor antrian beserta jadwal kedatangan seperti pada gambar dibawa ini :


Apabila telah sukses berhasil menerima kode yang kita booking atau pesanan nomor antrian online yang kita harapkan, jangan lupa agar di cetak terlebih dahulu dengan di print out sebelum nantinya di bawa ketika datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan sesuai jadwal dan waktu yang telah kita buat sebelumnya.

Sebagai catatan penting harap diperhatikan tips berikut ini yang akan membantu kelancaran dalam menghadapi proses selanjutnya setelah benar-benar berhasil menerima nomor antrian online :

  • Pastikan kita sudah datang di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan 30 menit sebelum nomor antrian kita dipanggil sesuai dengan jadwal dan waktu yang tertera.
  • Wajib menyerahkan bukti telah melakukuan pengajuan registrasi nomor antrian online.
  • Kita akan dilayani sesuai dengan jadwal dan waktu yang dipilih saat melakukan pendaftaran antrian online.
  • Apabila berhalangan atau tidak tepat waktu dalam kehadiran sesuai jadwal dan tanggal yang kita dapat maka status nomor antrian kita menjadi hangus.

    Maka jalan alternatif lain adalah tentu dengan membuatnya lagi nomor antrian online seperti dari awal.
  • Perlu diketahui bahwa resgistrasi permintaan antrian online hanya ditujukan kepada peserta yang mengurus klaim dan pencairan dana JHT secara manual di kantor BPJS Ketenagakerjaan.

    Sedangkan untuk panduan lengkap bagaimana mudahnya cara klaim dan pencairan dana JHT secara online bisa didapatkan Di Sini.
  • Sebagai tips terakhir pastikan sebelum berangkat ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, agar semua syarat dan ketentuan dalam proses klaim dana JHT telah terpenuhi sesuai alasan kita berhenti dari tempat kerja.

    Hal ini disebabkan bahwa terdapat sedikit perbedaan persyaratan untuk klaim JHT antara yang berstatus berhenti bekerja karena habis masa kontrak, resign atau PHK. Untuk pembahasan lebih jelasnya dari informasi penting ini silahkan baca Di Sini.

Akhirnya telah sampailah pada bagian ujung pembahasan tentang Cara Benar Mendaftar Antrian Online Untuk Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan. Semoga artikel informatif yang kami bagikan bermanfaat dan jangan sungkan pula membagikannya di halaman media sosialmu teman, karena adakalanya artikel informatif ini juga sedang dicari dan dibutuhkan oleh sesama rekan kerja yang lainnya.

Okeh!.. Akhir kata salam tetap semangat komitmen menggapai mimpi-mimpi indah dengan tekun bekerja keras, bekerja cerdas dan jangan lupa bahagia!