Cara Atasi Lupa Email dan Kata Sandi Akun BPJSTKU [SOLUSI TEPAT]

"Sebagai manusia yang berpentas di atas panggung sandiwara, sifat lupa ibarat penyempurna dari beragamnya goresan warna pelangi". Begitulah satu diantara bunyi syair yang digunakan untuk memaklumi sifat manusiawi, agar tidak menimbulkan masalah yang berarti gara-gara sebab ulah lupa seseorang.

Memang sifat lupa adakalanya memberi dampak positif bagi keidupan manusia, misalnya lupa untuk berbuat jahat, lupa membuat kegaduhan, lupa menimbulkan bentrokan dan sebainya.

Namun sifat lupa juga tidak jarang dipandang manusia sebagai hal yang negatif, karena dianggap lalai dalam menjaga amanah, misalnya lupa mengerjakan tugas rumah (PR) dari sekolah, lupa mematikan kompor setelah menanak nasi, hingga sekedar lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada orang lain yang telah membantu, sangat tidak mengindahkan etika bukan?!

Pada artikel kali ini kami akan mengangkat topik yang berhubungan dengan sifat lupa tersebut, topik yang kerap terjadi di tengah kehidupan masyarakat sipil, yaitu tentang apa yang dialami oleh beberapa peserta BPJS TK.


Adakalanya diantara mereka para peserta BPJS TK mengalami lupa pada email utama atau kata sandi yang dimiliki, yang mana email dan kata sandi tersebut biasa digunakan untuk mengakses atau masuk pada Akun Aplikasi BPJSTKU.

Kami sengaja menulis artikel ini berangkat dari keinginan dasar untuk membantu para pekerja yang telah menjadi peserta BPJS TK,  karena tidak sedikit curhatan yang disampaikan melalui tulisan yang di posting atau ikut berkomentar di media sosial oleh para peserta BPJS TK, serta ada juga yang menyempatkan bertanya di situs berita online, dengan topik tentang bagaimana Cara Atasi Lupa Email dan Kata Sandi Akun BPJSTKU.

Bagi peserta BPJS TK apabila sampai lupa email atau kata sandi yang dimiliki maka mungkin akan membuat keadaan peserta yang memiliki Akun pada Aplikasi BPJSTKU merasa terbebani secara mental, karena peserta BPJS TK akan bertemu beberapa kendala gangguan dalam mengakses Aplikasi BPJSTKU, dan beberapa kendala gangguan yang akan dialami yaitu sebagai berikut :

  • Tidak bisa masuk (login) dan membuka akses Akun BPJSTKU
  • Tidak bisa cek saldo JHT dari jalur online
  • Tidak bisa mengajukan pencairan dana JHT melalui layanan E-Klaim JHT
  • Tidak bisa mencari kantor cabang BPJS TK terdekat dan lain sebagainya

Kabar terbaru berdasar dari hasil analisis yang kami lakukan, sebenarnya bermula dari persoalan peserta BPJS TK yang mengalami lupa email dan kata sandi pada Akun Aplikasi BPJSTKU yang dimiliki, dapat dipecah lagi menjadi 3 Jenis Studi Kasus yang berbeda. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan pembagian dibawah ini :

  1. Studi Kasus I
    Lupa kata sandi yang digunakan untuk mengakses Akun Aplikasi BPJSTKU, akan tetapi masih ingat email dan kata sandi emali utama yang digunakan.
  2. Studi Kasus II
    Lupa kata sandi yang digunakan untuk mengakses Akun Aplikasi BPJSTKU, akan tetapi masih ingat email utama yang digunakan, hanya saja juga disertai lupa kata sandi email utama.
  3. Studi Kasus III
    Lupa kata sandi yang digunakan untuk mengakses Akun Aplikasi BPJSTKU, dan juga lupa apa nama email yang dulu pernah digunakan untuk mendaftar Akun Aplikasi BPJSTKU

Dan diantara ketiganya bisa saja dialami oleh setiap peserta BPJS TK atau mungkin kamu yang memang sedang mencari Solusi Tepat Cara Atasi Lupa Email dan Kata Sandi Akun BPJSTKU. Baiklah tanpa berpanjang lebar seperti rumus ruang dan bangunan matematika, langsung saja kami sajikan jalan keluar dari masalah tersebut.

Akan tetapi pada pembahasan di artikel kali ini kami lebih khususkan mengupas tuntas sesuai pada Studi Kasus II (dua) dan Studi Kasus III (tiga). Sedangkan untuk pembahasan dan solusi lebih mendetail dari Studi Kasus I (satu) bisa teman-teman dapatkan pada artikel yang sudah kami posting Di Sini.

# Panduan dan Solusi Tepat Studi Kasus II



Sebagaimana sudah kita bincangkan sebelumnya, bahwa adakalanya peserta BPJS TK lupa kata sandi Akun Aplikasi BPJSTKU, akan tetapi masih ingat email utama yang digunakan, hanya saja juga disertai lupa kata sandi untuk membuka email utama.

Dalam hal ini peserta akan mendapatkan kendala pada tahap pemulihan Akun BPJSTKU, karena tanpa bisa membuka email utama yang dimiliki disebabkan lupa kata sandi emailnya, maka peserta juga tidak akan bisa mengakses kode yang dikirimkan untuk proses verifikasi pemulihan akun. 

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Untuk persoalan seperti ini, panduan solusi tepat yang bisa kami sarankan untuk dilakukan adalah dengan terlebih dahulu memperbarui kata sandi untuk membuka email utama.

Caranya bisa menggunakan nomor telepon atau alamat email lain yang telah dikoneksikan dengan email utama dari Akun BPJSTKU.

Dari server email akan mengirimkan kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui nomor telepon atau email lain yang telah dikoneksikan dengan email utama. Setelah tahap verifikasi kepemilikan email utama selesai, maka kita akan diarahkan langsung pada halaman pengaturan merubah kata sandi baru untuk email utama.

Jika tahap membuat kata sandi baru telah selesai dan sudah bisa pula untuk membuka serta mengakses dari email utama, maka langkah selanjutnya bisa membuka pesan masuk yang berisi kode verifikasi pemulihan akun BPJSTKU.

Selanjutnya teman-teman dapat langsung merubah kata sandi baru untuk bisa masuk dan akses Akun BPJSTKU.

Hanya saja yang masih menjadi kendala adalah apabila email utama dari Akun BPJSTKU tidak ditautkan pada nomor telepon atau email lain. Sehingga tidak ada sarana lain untuk mengkonfirmasi bahwa emaul utama adalah miliki kita.

Dan pada akhirnya kita akan dihadapkan pada kebuntuan jalan selanjutnya. Akan tetapi jika yang terjadi demikian maka yang kami sarankan adalah ada baiknya untuk mengikuti langkah dari solusi Studi Kasus III di bawah ini.

# Panduan dan Solusi Tepat Studi Kasus III



Adakalanya juga peserta BPJS TK mengalami kejadin seperti Studi Kasus III ini, yaitu lupa kata sandi yang digunakan untuk mengakses Akun Aplikasi BPJSTKU, dan juga lupa apa nama email yang dulu pernah digunakan untuk mendaftar Akun Aplikasi BPJSTKU.

Andaipun peserta suatu ketika ingat kata sandi yang digunakan untuk mengakses Akun Aplikasi BPJSTKU, tapi di sisi lain masih lupa email utama yang digunakan maka sama saja hal itu juga percuma, karena email adalah yang lebih utama.

Bisa dikatakan bahwa masalah lupa email utama adalah termasuk masalah pada tingkat kelas fatal, karena menandakan sama saja kita secara tidak langsung sudah kehilangan akun.

Lalu misalkan dari peserta berinisiatif ingin membuat akun baru dengan cara menggunakan email lain yang dimiliki apakah membantu? 

Bisa kami pastikan bahwa hal itu tidak bisa dan tidak mungkin menjadi alternatif bagus untuk membantu, karena data-data kepesertaan seperti nomor KPJ (Kartu Peserta Jamsostek)/BPJS Ketenagakerjaan dan data kependudukan seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang kita miliki sudah terdaftar pada email sebelumnya.

Saran kami untuk para peserta BPJS TK agar sebaiknya menjaga dengan baik email sekaligus kata sandi yang telah digunakan untuk registrasi Akun Aplikasi BPJSTKU. Bisa dengan cara disalin pada buku catatan pribadi dan lain sebagainya, mengingat bahwa kedudukan email dan kata sandi tersebut sangat vital.

Lantas apa solusi tepat untuk menjadi jalan keluar dari persoalan seperti ini?

Hingga saat ini apa yang kami ketahui peserta BPJS TK dapat mengambil langkah dengan cara menghapus Akun BPJSTKU, setelah proses menghapus akun telah selesai dengan sempurna barulah peserta dapat berkesempatan untuk membuat akun baru seperti semula, yaitu dengan cara memasukkan data-data kepesertaan dan kependudukan yang dimiliki.

Berikut ini alternatif yang dapat kami bagikan untuk peserta BPJS TK agar akunnya bisa terhapus, yaitu dengan cara melakukan panggilan kepada nomor pusat BPJS Ketenagakerjaan ke nomor 175 atau 15000910.


Peserta dapat menyampaikan pokok permasalahan yang dialami, seperti kehilangan jejak email yang digunakan untuk masuk dan akses Akun BPJSTKU, serta berkehendak untuk melakukan pengaturan ulang dengan cara menghapus Akun BPJSTKU.

Biasanya untuk membantu keluhan peserta, dari pihak BPJS Ketenagakerjaan akan meminta kepada peserta  untuk memberitahukan data-data informasi pribadi seperti di bawah ini :

  • Nama lengkap peserta BPJS TK
  • Tempat dan tanggal lahir
  • Nama ibu kandung
  • Nomor ID E-KTP serta
  • Nomor referensi unik yang menjadi tanda bukti kepesertaan BPJS TK

Dalam hal ini apabila status kepesertaan kita sudah bisa terlacak, maka dari pihak BPJS Ketenagakerjaan baru akan mulai melakukan tahap reset dengan menghapus Akun BPJSTKU lama yang telah diminta. 

Bisanya dalam proses mereset dan menghapus akan memakan waktu yang cukup lama, jadi bagi para peserta yang bersangkutan harap bersabar.

Namun apabila tidak ingin hanya sekedar menunggu lama, peserta bisa mencoba cara dengan langkah membuat akun baru beserta memasukkan data-data yang diminta. Apabila dinyatakan bahwa data yang kita masukkan sudah digunakan oleh akun lain berarti proses mereset masih belum selesai, tetapi jika ternyata data-data yang kita masukkan berjalan dengan lancar, maka selamat akun lama yang kita miliki sudah 100% terhapus dan sudah dapat membuat akun baru.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya peserta juga tidak harus meminta bantuan melalui panggilan, karean sekarang dari BPJS Ketenagakerjaan telah memiliki Official Facebook Fanpages. Peserta dapat melakukan chat dengan admin dan menyampaikan persoalan yang dialami.

Jangan lupa untuk menyiapkan data-data pribadi seperti nama lengkap, tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor id E-KTP, nomor referensi unik BPJS TK. Dan ntuk langkah selanjutnya akan sama persis seperti pada pembahasan sebelumnya.

Demikianlah Cara Atasi Lupa Email dan Kata Sandi Akun BPJSTKU sebagai solusi tepat untuk menjadi alternatif jalan keluar yang peserta alami.

Akhir kata terima kasih dan dapatkan informasi lain melalui artikel-artikel informatif di situs kami. Dan jika dirasa artikel ini membantu untuk lingkunganmu jangan sungkan membagikannya sebegai langkah berbagi solusi yak!