3 Cara Praktis Cek Jumlah Saldo JHT Jamsostek atau BPJS TK [REKOMENDED!]

Kesehatan merupakan kondisi tubuh yang menandakan sedang dalam keadaan sejahtera baik meliputi badan, jiwa dan sosial.

Dengan memiliki badan yang sehat manusia dapat menjadi makhluk produktif untuk menghidupi ikatan sosial dan kebutuhan ekonominya sehari-hari.

Tidak jarang kita sering mendengarkan kata-kata bijak yang diantaranya menyampaikan pesan singkat bahwa "Sehat itu mahal harganya".


Tentu slogan tersebut memang masuk akal jika dipahami,  karena apabila manusia tertimpa ujian dengan kondisi tubuh yang sakit, tidak segan-segan akan menguras isi tabungan kita demi meraih kondisi yang sehat kembali, benar begitu bukan?!

Untuk menjaga kesahatan agar tetap stabil, para ahli kesehatan sering menyarankan kepada setiap masyarakat agar menjaga waktu istirahat yang cukup dan pola makan yang teratur, rutin berolahraga setiap hari serta membiasakan dengan kesibukan kegiatan positif. 

Dengan melakukan saran di atas setidaknya bisa mengurangi resiko melemahnya daya tahan kekebalan tubuh, dan menjauhkan diri dari sakit yang dapat menggangu kondisi kesehatan. 

Apalagi dengan mengingat usia yang semakin senja, memerlukan jaminan kesehatan yang dapat memberikan pelayanan sesuai apa yang dibutuhkan. 

Beruntungnya untuk warga negara Indonesia, karena dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan semua lapisan masyarakat bisa tertolong. 

Terlebih untuk para pekerja, sangat disarankan agar mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS TK yang baru saja telah menggantikan peran Jamsostek sebagai jaminan sosial. 

Dikarenakan dari pihak Jamsostek/BPJS TK telah membuka pelayanan untuk  menemani menyambut hari tua,  yaitu dengan fasilitas yang kita kenal sebagai JHT (Jaminan Hari Tua).

Seiring waktu berlalu Jamsostek/BPJS TK telah nengembangkan beberapa fitur layanan yang bisa digunakan oleh pesertanya. Diantaranya adalah kemudahan untuk keperluan mengecek jumlah saldo yang tersimpan di JHT milik kita sebagai peserta.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan informasi menarik yang sudah kami rangkum menjadi artikel informatif dengan pembahasan 3 Cara Praktis Cek Jumlah Saldo JHT Jamsostek atau BPJS TK.

Apalagi jika kamu sudah menjadi dari peserta Jamsostek/BPJS TK yang sudah terdaftar, artikel ini menjadi informasi wawasan penting yang wajib kamu ketahui.

3 Cara Praktis Cek Jumlah Saldo JHT Jamsostek atau BPJS TK



Boleh percaya atau tidak, akan tetapi kenyataannya ada beberapa peserta Jamsostek/BPJS TK yang memiliki rasa penasaran tinggi untuk sekedar ingin tahu jumlah dana dari Jaminan Hari Tua yang dimiliki setiap saat. 

Toh bagi peserta dengan bisa tahu dana JHT yang dimilikinya juga tidak ada salahnya, justru akan bisa ikut update memantau perkembangannya.

Hanya saja memang tidak sedikit di masyarakat yang masih awam tentang bagaimana cara cek saldo JHT Jamsostek/BPJS TK.

Meskipun sebenarnya setiap tahun sekali dari Jamsostek/BPJS TK akan memberikan slip laporan kepada peserta aktif melalui tempat kerja kita.

Slip laporan tersebut berisi beberapa informasi termasuk jumlah saldo JHT dan perkembangannya selama waktu berjalan.

Dahulu kala sebelum BPJS TK mengembangkan pelayanan praktis pada ranah digitalisasi seperti sekarang ini, para peserta untuk keperluan cek jumlah saldo JHT perlu mengunjungi kantor BPJS TK terdekat.

Namun seiring perkembangan peradaban tekhnologi cara ini mulai sedikit demi sedikit ditinggalkan banyak orang dan memilih cara yang lebih praktis.

Dengan membaca dan memahami artikel ini,  kamu akan tahu 3 Cara Praktis Cek Jumlah Saldo JHT Jasmsostek/BPJS TK.

Dan informasi ini juga akan membantu bagi kamu yang sudah menjadi peserta non aktif Jamsostek/BPJS TK, karena sudah tidak mungkin lagi untuk menerima kembali slip gaji tiap tahun dari tempat kerja bukan?!

Baiklah tanpa berlama-lama silahkan simak dan cermatif apa saja 3 Cara Praktis Cek Jumlah Saldo JHT Jamsostek/BPJS TK berikut ini :

#1 Berkunjung ke Website Resmi


Bagi kamu yang suka selalu on di dunia maya, ini adalah alternatif keren yang perlu kamu coba untuk merasakan sensasi baru, yaitu cek jumlah saldo JHT dengan mengunjungi situs resminya.


Berikut ini langkah yang bisa kamu lakukan :

  • Pastikan kondisi laptop atau komputer yang kamu miliki aktif terhubung internet dengan kondisi baik, untuk kemudian mengakses website resmi dengan alamat www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau bisa juga dengan alamat https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  • Jangan lupa menyiapkan kartu BPJS Ketenagakerjaan atau data nomor KPJ yang telah dimiliki
  • Lalu klik bagian menu Layanan Peserta, setelah itu klik Pilih Tenaga Kerja maka akan muncul pilihan BPJSTKU dan Antrian Online.
  • Dan untuk cek jumlah saldo maka klik BPJSTKU.
  • Kemudian nanti akan diarahkan pada halaman login dengan alamat https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.

Catatan Kecil Bagi Pengguna Baru

Apabila kamu termasuk baru kali pertama melakukan cek online pada website resmi, maka buatlah akun BPJS TK dengan pilih Daftar Pengguna, setelah itu lanjutkan dengan mengisi form biodata singkat untuk keperluan registrasi.

Jika sudah terisi dengan lengkap bisa dilanjutkan dengan klik Setuju yang terdapat pada kolom ketentuan penggunaan layanan, lalu klik DAFTARKAN atau SUBMIT DATA. Setelah itu akan diarahkan pada tampilan dengan beragam menu dan silahakan pilih Lihat Saldo.

Dan bila sudah selesai sesi langkah mendaftar, silahkan tunggu beberapa saat untuk menerima email konfirmasi atau pesan singkat pada nomor ponsel yang berisi kode unik guna aktivasi akun.

Bila dirasa akun sudah aktif, kamu bisa langsung melakukan pengecekan saldo JHT dengan terlebih dahulu login melalui email yang sudah didaftarkan tadi.

#2 Melalui Aplikasi BPJSTKU Mobile


Kabar baik untuk para smartphoners, karena kita dapat dengan mudah cek saldo JHT melalui aplikasi yang bisa dipasang pada gadget.


Berikut ini langkah yang bisa kamu praktikkan sendiri :

  • Downloadn terlebih dahulu aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang bisa kamu jelajahi pada Play Store atau Apps Store.
  • Atau bisa dengan alternatif lain melalui alamat https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/mobile untuk mendapatkan aplikasi BPJSTKU.
  • Setelah proses download selesai lanjutkan dengan menginstallnya pada smartphone.
  • Jika aplikasi berhasil terinstall sempurna, selanjutnya lakukan setting aplikasi sesuai akun BPJS yang kita miliki.
  • Klik login kemudian masukkan email yang telah kamu daftarkan serta kata sandi/PIN akun BPJS. Untuk yang sudah mempunyai akun lama dari Jamsostek bisa login menggunakan ID dan password dari akun lama tersebut.
  • Setekah proses login berhasil, nanti kita akan diarahkan pada tampilan halaman utama, silkahkan pilih Lihat Saldo.

Melalui aplikasi BPJSTKU ini, selain bisa melakukan cek saldo JHT, kamu juga dapat melakukan Pendaftaran Peserta Baru dan Pendaftaran Pengguna BPJSTKU. Caranya mudah yaitu tinggal klik saja dan ikuti langkah-langkah yang ada pada tampilan dari aplikasi tersbut.

Yang terpenting saat kita membuka aplikasi BPJSTKU pastikan koneksi internet bagus dan aman agar proses cek saldo BPJSTK  tidak mengalami gangguan dan error.  

#3 Manfaatkan Layanan SMS


Siapa coba generasi kita yang tidak kenal dengan layanan klasik satu ini dan masih bisa eksis hingga masa kini?


Meskipun kemajuan tekhnologi semakin banyak merubah sistem kehidupan manusia itu sendiri, tetapi tidak dengan layanan pesan singkat (SMS) yang sudah melegenda sedari awal dari hadirnya telepon genggam.

Yah benar dengan hanya bantuan layanan SMS tanpa jaringan internet kamu sudah bisa mengecek jumlah saldo JHT yang kamu miliki. Hanya saja jangan sampai pulsa kartu ponselmu Rp 0 yak!

Caranya cukup mudah untuk dilakukan, yang perlu kamu perhatikan sebelum mencobanya adalah pastikan nomor ponselmu sudah teregistrasi dengan layanan cek saldo, jika belum silahkan ikuti alur petunjuk dibawah ini :

  • Ketik : DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal Lahir#Nomor Peserta, lalu bisa kirimkan format SMS tersebut ke 2757.

    Contoh : DAFTAR SALDO#33190127060001#Arina Faizati#27 Juni 1996#123456789 dan kirim ke 2757.

    Setelah itu tunggu beberapa saat untuk menerima pesan balasan yang berisi konfirmasi bahwa kamu telah berhasil terdaftar, selain itu kamu juga akan mendapat nomor ID unik yang bisa kamu gunakan.
  • Jika nomor ID sudah kamu dapatkan dari pesan konfirmasi sebelumnya, langkah berikutnya yaitu silahkan balas pesan tersebut dengan format berikut ini. Ketik : SALDO(spasi)Nomor ID lalu kirim ke 2757.

    Contoh : SALDO 987654321 dan kirim ke 2757.

    Selamat kamu akan mendapatkan pesan singkat berisi informasi jumlah saldo JHT Jamsostek/BPJS TK yang kamu miliki.
  • Beberapa operator seluler yang sudah mendukung layanan SMS cek saldo JHT diantaranya meliputi provider Telkomsel, Indosat dan XL.

Dengan begitu banyak kemudahan yang ditawarkan dalam mengecek saldo JHT, kamu bisa bebas memilih cara mana yang dirasa lebih mudah dan menyenangkan sesuai seleramu. Yang terpenting jangan sampai kita tidak memiliki tabungan untuk menemani menyongsong masa tua yang lebih tenang.

Akhirnya telah selesailah pada pembahasan tentang 3 Cara Praktis Cek Jumlah Saldo JHT Jamsostek atau BPJS TK. Terimakasih sudah setia mengunjungi situs kami dan selalu nantikan update artikel terbaru yang selalu mengangkat topik persoalan kebutuhan sosial sebagai masyarakat bernegara.

Jangan sungkan membagikan informasi ini kepada teman, sanak saudara atau rekan-rekanita seperjuangan kerja yak!