Cara Mudah Cetak Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan

Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai tanah air tercinta, hingga saat ini masih mengalami fase perkembangan dunia kerja industri.

Sebagaimana dapat kita ketahui banyak bermunculan bangunan kokoh yang kian menggurita dan digunakan untuk praktik kerja industri sesuai dibidangnya masing-masing.

Diantaranya ada yang bergerak pada penyedia layanan kesehatan, produksi barang, membuka jasa pemasaran, jasa kebersihan hingga sekedar penelitian amoeba atau partikel atom yang bisa menjadi energi nuklir sebagai tenaga alternatif luar biasa di masa depan.

Kegiatan industrial tidak hanya dilakukan pada skala mega nasional atau yang sudah memiliki jaringan perusahaan di lintas negara, melainkan apa yang digerakkan pada skala usaha rumah tangga, UMKM juga menyumbang andil besar dalam perputaran ekonomi.

Akan tetapi meski demikian tidak dipungkiri bahwa proses transisi menuju peradaban daya saing informasi juga dirasakan semakin meluas dibumi pertiwi.

Seperti kian mewabahnya fenomena yang dapat kita lihat, rasakan atau bahkan secara tidak sadar diri kita sendiri juga telah mengambil peran menjadi diantaranya, yaitu banyaknya masyarakat yang menyambut gembira serta mendukung dari peningkatan daya kemajuan tekhnologi.

Kabar baiknya satu diantara seabrek dampak poisitf pesatnya kemajuan teknologi yang dapat dirasa bagi para kaum pekerja, adalah memberi kemudahan peran nyata dalam mendukung pelayanan jaminan kesehatan ketenagakerjaan. Seperti mudahnya proses mencetak Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan.

Coba bayangkan untuk mencetak Kartu BPJS TK kini tidak perlu pusing tujuh keliling, karena tidak serumit seperti memecahkan permasalahan dasar teori darwin, dan ternyata memang begitu dengan mudahnya dapat diselesaikan hanya melalui genggaman serta tarian jemari manis kita, kapanpun kita mau dan dimanapun saat diri ini berada.

Melalui informasi yang disajikan pada artikel ini, maka Anda akan mendapat solusi tepat steb by step bagaimana cara mudah untuk mencetak kartu kepesertaan BPJS TK, karena pembahasan kali ini akan mengulas secara tuntas tentang bagaimana cara memanfaatkan fitur layanan digital yang telah diluncurkan oleh pemerintah Indonesia, sebagaimana kita ketahui bahwa adakalanya kartu BPJS TK yang asli bisa mengalami kerusakan dan perubahan signifikan dari bentuk normalnya, hilang tanpa diketahui keberadaanya dimana atau bahkan memang dari pihak perusahaan belum pernah sama sekali menyerahkan Kartu BPJS TK secara fisik kepada kita.

Sedikit mengulik kabar unik yang telah menjadi rahasia publik bahwa Kartu BPJS TK kerap juga dikenal oleh masyarakat sebagai Kartu Peserta Jamsostek (KPJ), dan sebagai bentuk dari kedisiplinan kepada warga sipil di NKRI maka setiap tenaga kerja yang telah menyatakan mengikuti program asuransi sosial BPJS, diwajibkan memiliki kartu Kepesertaan BPJS TK sebagai tanda bukti otentik, karena dari kartu tersebut menjadi tiket pekerja untuk bisa mengakses berbagai layanan yang hanya diberikan khusus oleh pemerintah pusat kepada golongan kaum pekerja.

Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa memiliki Kartu BPJS TK bagi setiap tenaga kerja adalah benar-benar penting!

Adapun sekilas dari fungsi kartu BPJS TK ialah tatkala para pekerja ingin mencari tahu informasi jumlah nominal saldo pada Tabungan Jaminan Hari Tua (JHT), maka secara otomatis dari pihak petugas kantor BPJS TK meminta kepada pihak pekerja agar memberikan Kartu Peserta Jamsostek sebagai tahap awal verifikasi data diri. Andai pihak pekerja ingin mengambil layanan cek saldo JHT melalui SMS juga memerlukan nomor yang tertera pada Kartu Peserta Jamsostek guna aktivasi. Begitupun ketika pekerja ingin membuat akun online BPJS TK, maka juga perlu memasukkan nomor unik pada Kartu BPJS Ketenagakerjaan. Dan yang perlu menjadi catatan digaris bawahi adalah bahwa untuk mencairkan dana JHT, Kartu BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu berkas utama yang harus disertakan dan tidak dapat diwakilkan dengan semisalnya (KTP, SIM dll), karena tanpa melampirkan KPJ maka saldo berapapun yang ada di JHT tidak akan bisa dicairkan sepeserpun sampai kapanpun!

Dan yang perlu kamu ketahui, bahwa kejutan bertubi-tubi silih berganti bisa diperoleh bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan, karena bakal kebanjiran promo dan diskon di pusat-pusat perbelanjaan, penginapan, restoran, serta berbagai merchant-merchant menarik lainnya yang telah menjalin kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Jadi jangan lupa selalu membawa dan menunjukkan kartu kepesertaan BPJS saat sedang transaksi untuk mengambil kesempatan hemat belanja yang bagus ini.


Cara Cetak Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan



Setelah sedikit banyak memahai informasi menakjubkan tentang segudang keuntungan memiliki kartu BPJS TK dari pembahasan diatas, kini telah tiba saatnya untuk mengupas tuntas bersama Cara Mudah Cetak Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan.

Jika ada yang bertanya kembali, memangnya apa sih perlunya membuat kartu BPJS TK versi digital, jika sebagai pekerja sudah memiliki versi fisiknya yang bahkan objeknyapun sudah bisa aman dan nyaman di dalam dompet berselimut kain saku baju atau celana...?

Oke jadi begini..., berdasar pertanyaan barusan yang mewakili dari berjuta-juta pekerja, maka studi kasus berikut mungkin bisa menjadi bahan referensi pertimbangan yang tepat sebelum memutuskan penting tidaknya memiliki kartu digital BPJS TK.

Dongeng!

"Suatu hari hiduplah seorang pekerja yang sudah memiliki Kartu BPJS Ketenagakerjaan, hanya saja entah mengapa hari ini yang dijalaninya tidak seperti biasanya, tiba-tiba gelisah, panik hingga badan basah kuyup karena terus berkucur keringat panas dingin,... Dan ternyata dibalik keanehan sikapnya yang mendadak sedang dirundu pilu ini, si pekerja sedang mengalami nasib kurang mujur dengan hilangnya kartu BPJS TK yang telah dimiliknya, sampai-sampai berlalu lalang berbagai pertanyaan terngiang di lamuanannya, apa hilangnya karena telah menjadi korban pencopetan kemarin lusa, jatuh sewaktu sedang diperjalanan pulang, tidak ingat telah menyimpannya dimana, ataukah terbakar hangus hingga disulap menjadi abu hitam bersama sampah dedaunan dipekarangan rumah kontrakannya dan lain sebagainya."

Dan sebagai tambahan, bahwa ternyata ada juga seorang tenaga kerja yang sudah bertahun-tahun lamanya mengabdi pada perusahaan tapi belum pernah samak sekali merasa menerima secara utuh kartu fisik BPJS Ketenagakerjaan dari pihak perusahaan.

Nah solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai masalah tersebut cukup mudah, karena Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJS TK)/Jamsostek telah berekspansi pada ranah teknologi masa kini, dengan dijalankannya sistem pelayanan jalur udara melalui akses internet  untuk membuat kartu elektronik atau kartu digital BPJS Ketenagakerjaan. Banyak kemudahan dan kenyamanan yang bisa diperoleh melalui fitur-fitur yang telah disediakan sesuai kebutuhan dalam membuat kartu tersebut dan tentunya sederet manfaat tak terduga setelah mencetak kartu digital BPJS  tersebut, berikut diantara informasi yang bisa didapat :

  • Kartu secara otomatis akan langsung dikirim melauli email yang sebelumnya telah didaftarkan, jadi akan memangkas waktu.
  • Tingkat keamanan data peserta semakin tinggi terjaga, karena dilengkapi dengan fitur QR Code, serta bersifat transparan untuk sekedar melakukan cek data saldo pada JHT, status kepesertaan dan data atau informasi penting lainnya yang dibutuhkan.
  • Sejajar dengan kartu fisik BPJS Ketenagakerjaan, baik dari kesamaan fungsi dan kegunaan, antara lain seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Pensiunan (JP), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kemtian (JKM).
  • Dapat diakses melalui aplikasi yang dipasang pada mobile phone (BPJSTKU), website resmi BPJS Ketenagakerjaan dan SIPP online, sehingga tidak menjadi suatu kekhawatiran yang begitu berati jika kartu BPJS rusak atau hilang.
  • Peserta dapat menikmati berbagai manfaat keunggulan dan ragam kejutan lainnya pada saat melakukan transaksi di merchant yang telah menjalin kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Jadi, kartu digital BPJS Ketenagakerjaan memiliki fungsi yang sama persis dengan kartu fisiknya, hanya saja sebelum bisa menggunakannya semisal untuk mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT), maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan mecetak atau print terlebih dahulu versi digital ke dalam bentuk kertas, baik dari bahan dasar kertas HVS maupun standar kertas untuk cetak foto.

Tentunya ini menjadi angin segar yang membawa harapan solusi permasalahane bagi setiap peserta BPJS TK yang memang sudah tidak memegang kartu keanggotaannya entah karena rusak atau raib seperti cerita sebelumnya.

Dulu ketika belum ada layanan membuat kartu digital BPSJ Ketenagakerjaan, bagi peserta aktif yang kartu KJP-nya hilang dan berniat untuk memperoleh kartu pengganti, maka harus mempersiapkan berkas KTP, KK, Surat kehilangan dari kepolisan yang di dalamnya akan dicantumkan nomor KJP serta beberapa keterangan lainnya dan tentunya Surat pengantar dari perusahaan. Setelah dirasa syarat berkas sudah lengkap baru menuju kantor cabang untuk dibuatkan.

Sementara bagi yang status kepesertaannya dinyatakan sudah tidak aktif lagi karena sudah tidak bekerja dan lain sebagainya, sedangkan kartu kepesertaannya juga telah hilang, maka sudah tidak bisa membuat kartu baru sebagai ganti dari kartu lama yang hilang. Sedangkan kalau sekedar ingin mencairkan dana JHT, cukup hanya membawa surat kehilangan dari kepolisian yang tentunya wajib mencantumkan nomor unik KJP, alamat perusahaan tempat bekerja, serta keterangan tempat dan waktu kehilangan.

Tapi itu dulu, sedangkan kalau sekarang kapanpun kita mau, bisa menduplikasi serta mecetak sendiri kartu digital BPJS TK melalui layanan udara yang telah diluncurkan dan itu dinyatakan legal atau sah!

Langkah yang harus dilakukan pertama adalah login ke aplikasi BPJSTKu menggunakan akun BPJS TK yang sudah dimiliki. Jika belum punya akun maka bisa untuk membuat sebentar dan itu mudah serta tidak meyita waktu terlalu lama

Jika sudah sukses masuk pada akun BPJSTKu, tanpa haru berlam-lama bisa langsung klik menu profil yang terletak di posisi sudut kanan bawah. Dan setelah itu dilakukan maka aplikasi akan mengajak pada sajian tampilan yang terpampang informasi biodata kita, baik dari nama lengkap, alamat,tempat lahir,NIK dan lain sebagainya.

Selain itu pada tampilan halaman tersebut juga bisa terlihat terdapat 3 navigasi untuk dipilih, yaitu meliputi Profil, Pengaturan dan Kartu. Tanpa panjang lebar klik saja menu Kartu dan setelah itu lanjutkan dengan klik menu Lihat. Dan Violaaa!... Kartu Digitak BPJS Ketenagakerjaan milik kita ditampilkan pada layar utama. Namun jika diperhatikan kembali pada tampilan tersebut juga terdapat tiga menu navigasi yang bisa dipilih, yaitu meliputi Download Kartu, Kirim Kartu Via Email dan Preview.

Hanya saja mengingat tujuan awal adalah untuk mencetak kartu digital tersebut, maka langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah bisa dengan klik menu Donwload untuk segera mengunduh filenya. Jika proses pengunduhan sudah selesai dan filenya juga telah masuk dan tersimpan ke dalam galeri hp yang kita miliki, maka langkah berikutnya tinggal merubah bentuknya dari digital dengan mencetak ke dalam bentuk kertas. Apabila ternyata dirumah tidak memiliki alat print yang bisa diandalkan, maka bisa mencoba untuk main ke toko peralatan alat tulis atau percetakan foto terdekat.

Lalu bagaimana jika ternyata proses pengunduhan gagal dilakukan entah karen kondisi sinyal yang kurang mendukung disuatu tempat atau kehabisan paket kuota ditengah perjalanan , apa solusi alternatif sebagai jalan keluarnya..?

Tenang dan tetap senyum gembira! Jika hal yang tidak menyenangkan seperti itu terjadi, maka langkah yang bisa dilakukan dengan cara klik menu Preview, lalu setelah gambar kartunya ditampilkan pada layar silahkan ambil gambar dengan cara screeshoot, setelah itu hasil dari screenshoot tersebut bisa segera kita cetak. Silahkan cetak hanya pada tampilan bagian mukanya saja yang di print tidak perlu harus bolak-balik, dan jika sudah dalam berwujud dalam bentuk kertas, maka kartu tersebut bisa digunakan sebagaimana kartu aslinya dan tidak perlu repot-repot meminta surat kehilangan dari kepolisian. Gimana mudah sekali bukan?

Sebagai penutup yang peru diingat dan menjadi perhatian khusus sebelum semua kejadian berlangsung adalah, kita perlu mengingat atau membuat catatan salinan nomor kepesertaan BPJS TK yang sekiranya bisa disimpan pada tempat yang aman dan mudah diakses oleh diri sendiri. Namun seandai terlanjur lupa dan tertimpa nasib kurang beruntung seperti dongeng sebelumnya, maka solusinya bisa menanyakan kepada nomor KJP kita kepada HRD perusahaan tempat dimana kita bekerja. Sedangkan jika memanag sudah tidak aktif bekerja maka perlu menyiapkan berkas seperti KTP, KK, dan Paklaring dari perusahaan untuk diserahkan pada kantor cabang terdekat guna pengecekkan nomor kepesertaan. Jika sudah mengetahui nomor kepesertaan yang dimiliki, silahkan untuk menjaga keamanan dengan membuat akun BPJSTKu guna sewaktu-waktu perlu untuk cetak print Kartu Digital BPJS TK.

Demikian sekilas pembahasan Cara Mudah Cetak Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan [TERBARU!] untuk berjaga-jaga seandai kartu yang asli hilang.

Terima kasih sudah berkunjung dan semoga informasi yang kami berikan bisa memberi manfaat untuk Anda. Dan jika dirasa informasi ini juga berguna untuk kepentingan keluarga, saudara dan teman kerja seperjuangan maka silahkan jangan sungkan membagikan artikel yang membantu ini. Jangan lupa pula untuk menjadi subcriber kami dengan registrasi melalui email agar bisa menjadi yang pertama mendapat notifikasi pemberitahuan via email dari artikel-artikel baru menarik lainnya yang sangat informatif : ).