3 Cara Pamungkas Mengetahui Nomor KPJ/BPJS TK

Berbicara tentang ikatana hubungan antara permasalahan dan solusi, sepertinya hampir semua manusia hanya akan memikirkan solusi jika memang itu diperlukan dan dianggap sebagai dari kebutuhan yang sedang dialami.

Kebiasaan seperti ini memiliki dampak positif untuk meningkatkan daya konsentrasi dalam mengerjakan dan menyelesaikan sesuatu hingga benar-benar tuntas.

Sebagaimana diantara sebuah petuah hidup dari leluhur kita yang berbunyi "kerjakanlah apa yang ada dihadapanmu".

Hanya saja memang manusia tidak lepas dari tempat luput dan salah, layaknya pribahasa sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akan terjatuh jua.

Hal ini bisa diamati sama persis pada apa yang terjadi dan dialami oleh peserta KPJ atau BPJS TK, yaitu tanpa disadari telah lupa mengamankan data nomor referensi unik yang tertera di kartu fisiknya.


Beberapa diantaranya memang lupa menyalin nomor referensi unik ke dalam buku catatan pribadi yang dimiliki, namun ada juga diantaranya yang kehilangan akses sama sekali, seperti hilangnya kartu beserta dompetnya, terbakar, bodi kartu yang rusak parah atau memang dari perusahaan sengaja tidak memberikan KPJ atau BPJS TK dalam bentuk fisik kepada karyawannya dengan alasan tertentu.

Nomor referensi unik dari KPJ atau BPJS TK biasanya ditempatkan pada bodi bagian sisi depan dari kartu tersebut.

Ada baiknya untuk kamu yang masih memiliki kartu KPJ atau BPJS TK di genggamanmu, kami sarankan segera amankan data dari nomor tersebut dengan menulis ulang atau menyalinnya ke dalam catatan pribadi yang mudah kamu akses.

Hal ini bisa menjadi langkah awal untuk mempersiapkan sabuk pengaman guna berjaga-jaga, agar tidak terjadi permasalahan yang berarti bila ternyata dikemudian hari kita tertimpa kejadian yang tidak diharapkan seperti yang telah dicontohkan di atas.

Dan terlepas dari menyalin nomor referensi unik agar mudah diketahui, tentu nasihat utama kami sebisa mungkin agar peserta yang memiliki kartu fisik KPJ atau BPJS TK, sebaiknya tetap dijaga dan dirawat sebaik mungkin agar tidak sampai hilang atau menjadi rusak.

Namun bagi kamu yang sudah terlanjur benar-benar kehilangan akses dari kartu atau nomor referensi unik KPJ atau BPJS TK, maka saran kami jangan terburu-buru mengambil sikap panik dan resah.

Meskipun ada kabar miring bahwa bagi peserta yang terdaftar dinyatakan tidak akan bisa mencairkan dana sepeserpun yang dimiliki, jika tidak bisa menunjukkan kartu atau nomor referensi unik dari KPJ/BPJS TK yang dimiliki.

Hal ini memang benar adanya, mengingat bahwa selain diminta kelengkapan berkas saat proses pengajuan pencairan, keberadaan kartu KPJ atau BPJS TK juga menjadi syarat utama untuk menentukan bisa tidaknya pencairan dana tersebut, baik sebesar 10%, 30% atau hingga 100%.

Dan memang menjadi info fakta bahwa bagi peserta yang sudah terdaftar namun tidak bisa menunjukkan nomor referensi unik yang dimilikinya, maka tidak akan bisa untuk menikmati layanan pemberitahuan via SMS, tidak bisa apabila ingin membuat akun melalui aplikasi BPJSTKU via smartphone dan termasuk akan menjadi kendala serius bila nanti kedepannya ingin membuat surat kehilangan dari kepolisian.

Kabar baiknya bergemberilah bagi kamu yang sedang mengalami nasib kurang beruntung seperti di atas.


Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan informasi menarik tentang 3 Cara Pamungkas Mengetahui Nomor KPJ atau BPJS TK sebagai solusi terbaik untuk memecahkan masalah tersebut.

3 Cara Pamungkas Mengetahui Nomor KPJ/BPJS TK 


Pada kesempatan bahagia ini, melalui artike yang telah kami susun, kami akan menampilkan 3 pilihan cara terbaik yang bisa kamu coba sendiri, untuk usaha mengetahui nomor  KPJ/BPJS TK yang terlanjur hilang.

Tanpa berbelit-belit lagi silahkam simak dan pahami dengan baik informasi berikut ini :

#1. Bertanya Kepada HRD Perusahaan.


Pihak HRD adalah pihak yang diberi wewenang dan hak untuk mengetahui dan mengamankan informasi yang dimiliki diperusahaan, satu diantaranya adalah data riwayat terkait kepesertaan KPJ atau BPJS TK dari karyawan perusahaan.

Maka langkah pertama yang dapat Anda coba adalah dengan berkonsultasi atau menanyakan langsung kepada HRD Perusahaan perihal kendala yang dihadapi .

Akan tetapi dalam hal ini saran kami sebaiknya jangan lekas terburu-buru untuk terkejut atau putus asa bilamana pada kenyataannya dari pihak HRD perusahaan tidak bisa memberi solusi tepat kepada kita.

Karena adakalanya dari pihak HRD perusahaan bersikap tidak sesuai dengan apa yang sudah menjadi harapan kita.

Misalnya dengan mereka enggan memberikan detail informasi terkait apa yang kita tanyakan, hingga ada juga yang berbelit-belit dengan memutar balikkan kata.

Sehingga pada akhirnya kita masih belum bisa mengetahui nomor referensi unik dari KPJ/BPJS TK yang kita miliki.

Jika cara pertama masih belum menemukan titik hasil, mugkin cara kedua di bawah ini bisa coba diguanakan.

#2 Mengunjungi Kantor Cabang BPJS TK Terdekat


Dengan mengunjungi langsung kantor cabang BPJS TK yang dekat dari tempat tinggal kita, bisa menjadi solusi alternatif lain untuk membantu mengetahui nomor referensi unik dari KPJ atau BPJS TK  yang terlanjur hilang.

Namun ada baiknya sebelum megunjungi kantor terdekat, agar terlebih dahulu jangan lupa untuk mempersiapkan dan membawa persyaratan berkas yang diminta.

Hal ini selai akan memberi dampak positif selain akan mendukung kelancaran proses pengajuan kepada pihak KPJ atau BPJS TK, manfaat yang bisa dirasa adalah kita tidak akan disibukkan kembali dengan permasalahan kelengkapan administrasi.

Berikut berkas yang perlu di cek kelengkapannya untuk dibawa :

  • KTP
  • KK
  • Nama Ibu Kandung
  • Biodata Pribadi

Dengan melakukan cara kedua ini disertai menyertakan berkas yang valid, nanti dari petugas akan dapat menelusuri jejak data milik kita, termasuk untuk mengetahui nomor referensi unik dari KPJ atau BPJS TK.

Cara ini dimungkinkan akan bekerja dengan baik asalkan dari pihak perusahaan kita bekerja, memang benar-benar telah mendaftarkan diri kita menjadi peserta aktif KPJ atau BPJS TK.

Akan tetapi adakalanya juga dari pihak petugas belum bisa membantuk maksimal sesuai harapan kita, hingga akhirnya kita masih dalam kondisi belum mengetahui nomor referensi sama sekali.

Untuk berjaga-jaga apabila hal ini terjadi, kami sarankan untuk menerapkan cara pamungkas dibawah ini.

#3 Membuat Surat Laporan Pengaduan di Situs Lapor.go.id


Sebagai media alternatif pengaduan masyarakat melalui jalur online, pemerintah telah meluncurkan situs resmi lapor.go.id yang bisa dimanfaatkan.

Bagi kamu peserta terdaftar yang sedang berusaha mencari tahu data nomor KPJ atau BPJS TK, kamu bisa mencoba alternatif terbaik satu ini.

Sebelum hendak mulai melakukan pengaduan atas apa yang dialami, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengakses situs tersebut (lapor.go.ig).

Kemudian jangan lupa melakukan registrasi pembuatan akun terlebih dahulu untuk bisa benar-benar memanfaatkan fitur ini.

Apabil sudah berhasil proses registrasi langkah selanjutnya adalah saatnya menuangkan secara tertulis segala pengaduan dengan detail dan rinci terkait permasalahan yang sedang kita alami, dan sertakan juga usaha apa saja yang telah diusahakan sebelumnya untuk bisa memperoleh informasi data dari KPJ atau BPJS TK.

Pada saat mengakses situs ini biasanya para pengadu juga akan diminta untuk melengkapi form yang telah disediakan.

Diantaranya meliputi kelengkapan berikut :
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau KK
  • Tempat Tanggal Lahir
  • Nama Ibu Kandung
  • Email Aktif
  • Serta Nama Perusahaan Terakhir yang Menerbitkan Kartu BPJS TK
Dari kami menyarankan untuk menunggu dan sering-sering mengecek balasan pemberitahuan di situs pengaduan tersebut, karena laporan pengaduan yang telah kita buat sebelumnya akan dilanjutkan kepada pihak BPJS TK.

Dan jika data yang kita masukkan sudah dinyatakan valid, maka selanjutnya kita akan segera mendapat respon dengan menerima pesan balasaan yang berisi informasi data nomor referensi unik KPJ atau BPJS TK milik kita.

Dari pengalaman surve yang kami lakukan, beberapa kasu yang kami amati melakukan pengaduan di situs tersebut, pada akirnya menemukan solusi jawaban yang cukup memuaskan.

Sehingga pada akhirnya nomor referensi unik dari KPJ atau BPJS TK dapat diketahui oleh peserta yang bersangkuta.

Dan apabila nomor KPJ atau BPJS TK telah bisa diketahui, maka peserta bisa melanjutkan langkah berikutnya dengan membuat surat kehilangan di kantor kepolisian, guna keperluan seperti pencairan dana JHT (Jaminan Hari Tua) di masa yang akan datang.
    Demikianlah akhir pembahasan yang penuh informasi dan sarat solusi mengenai 3 Cara Pamungkas Mengetahui Nomor KPJ/BPJS TK.

    Aartikel yang kami bagikan selalu mengangkat dan mngembangkan dari permasalahan kehidupan sehari-hari.

    Terima kasih telah setia berkunjung dan semoga informasi yang kami sampaikan bisa berguna untuk membantu keperluanmu. Dan dengan senang hati nantikan artikel-artikel informatif menarik lainnya yang kami sajikan untuk memudahkan update info sosial Anda.

    Dan pabila dirasa artikel ini berguna untuk keluarga, sanak saudara serta teman kerja seperjuangan, maka jangan sungkan untuk membagikannya yak!