Sabtu, 07 September 2019

Cara Tidur Nyenyak Bagi Ibu Hamil

Cara Tidur Nyenyak Bagi Ibu Hamil -  Ibu hamil, terutama mereka yang di trimester ketiga mengalami kesulitan, terutama untuk tidur nyenyak. Ini disebabkan oleh janin yang semakin tua dan mempersulit ibu untuk bergerak bahkan membuat mereka tidak nyaman terutama saat mereka tidur.

Ada banyak alternatif dan cara agar ibu hamil dan pasangannya dapat tidur sebaik mungkin.


1. Tempat tidur yang nyaman
Hal terpenting yang bisa dilakukan ibu atau pasangan hamil adalah menyediakan tempat tidur yang nyaman dan sesuai. Tempat tidur yang nyaman, bersih dan rapi memastikan kualitas tidur ibu, dan bahkan pasangan mereka dapat membantu menjadikan tempat tidur tempat yang lebih aman bagi wanita hamil.

Bersihkan tempat tidur dari barang-barang yang tidak diinginkan agar tetap bersih dan rapi dan siap untuk mendapatkan istirahat malam yang baik. Selain itu, wanita hamil juga dapat menyiapkan minyak aromaterapi atau wewangian di dalam ruangan untuk menciptakan suasana menenangkan yang membantu ibu untuk tidur lebih baik.

2. Posisi Tidur
Selain itu, wanita hamil juga dapat mencoba tidur di posisi yang berbeda dari biasanya. Tidur dalam posisi menyamping atau miring dikatakan sebagai posisi paling sesuai dan nyaman untuk ibu hamil. Ini karena dalam posisi menyamping, terutama ketika dimiringkan ke kiri, dapat membantu aliran darah ke janin dan ginjal wanita hamil.

Tidur dalam posisi horizontal, terutama pada trimester ketiga, tidak dianjurkan untuk wanita hamil karena dapat menekan usus dan mengganggu aliran ke jantung. Ibu hamil juga dapat menggunakan banyak bantal untuk menopang posisi tidur mereka. Bantal dapat diletakkan di bawah perut sementara dalam posisi miring untuk kenyamanan dan bantal juga dapat diletakkan di bagian belakang untuk penyangga.

3. Asupan air 
Masalah lain yang sering dihadapi oleh ibu hamil yang dapat mengganggu kualitas tidur mereka adalah mereka sering bangun di tengah malam untuk buang air kecil. Ini bisa dihindari jika wanita hamil mengurangi asupan air di malam hari dan hanya menambah asupan air di siang hari.

4. Pijat
Untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik, wanita hamil juga dapat mencoba metode pijat seluruh tubuh untuk menghilangkan mual atau sakit. Pasangan dapat membantu melakukan ini selama 10 hingga 15 menit setiap hari, pada area yang sering menyebabkan rasa sakit pada wanita hamil seperti punggung, kaki dan bahu.

Pijatan ini tidak hanya meningkatkan aliran darah, tetapi juga membantu meringankan emosi wanita hamil. Pijatan juga dapat merangsang cinta antara pasangan dan pada gilirannya mempengaruhi emosi ibu untuk tenang dan tidur nyenyak.

5. Latihan Ringan
Melakukan sedikit olahraga yang sesuai untuk ibu hamil Anda juga dapat membantu mereka tidur lebih baik. Latihan pernapasan yang dilakukan sebelum tidur dapat membantu wanita hamil tetap merasa nyaman dan menghilangkan stres.

Selain itu, latihan sederhana lainnya juga dapat membantu memperkuat tubuh dan meningkatkan aliran darah ke janin dan jantung. Ini pada gilirannya memberi ibu kesempatan untuk beristirahat dan tidur nyenyak di malam hari.

6. Ketenangan
Selain itu, wanita hamil juga dapat mendengar musik atau membaca ayat-ayat Alquran yang menenangkan mereka sebelum tidur. Musik yang menenangkan ini atau ayat Alquran dapat membantu wanita hamil sebagai proses meditasi atau relaksasi pikiran. Hasil dari ketenangan ini dapat membantu ibu untuk tidur dengan baik dan lebih penuh.
Baca Juga