Rabu, 04 September 2019

Berapa Banyak Konsumsi Daya Listrik yang Digunakan Komputer?

Komputer adalah perangkat yang secara substansial kompleks dan masing-masing terdiri dari bagian perangkat kerasnya termasuk prosesor, motherboard, perangkat tambahan, dan aksesori memerlukan jumlah daya listrik yang bervariasi.

Konsumsi daya total komputer ditentukan oleh jumlah total kebutuhan daya listrik dari semua bagian perangkat keras. Peringkat daya prosesor, jenis hard drive yang digunakan, peringkat daya kartu grafis, drive optik, modul memori, dan keseluruhan pola penggunaan menentukan jumlah daya yang dikonsumsi oleh komputer.


SMPS (Switching Mode Power Supply) dirancang untuk menyediakan daya yang memadai untuk semua bagian ini. Biasanya, produsen bermerek dapat memberi Anda perkiraan konsumsi daya maksimum dalam manual, tetapi konsumsi sebenarnya jauh lebih rendah. Aplikasi seperti pengolah kata menghabiskan lebih sedikit daya, sementara bermain game, DVD, dan tugas rumit lainnya membuat komputer mengonsumsi lebih banyak daya.

Konsumsi Listrik Komputer Desktop
Komputer desktop dapat menggunakan daya antara 60 watt hingga lebih dari 250 watt, ditambah sekitar 75 watt daya yang dikonsumsi oleh monitor LCD. Ini membawa total konsumsi daya ke kisaran antara 135 watt hingga lebih dari 300 watt. Tentu saja, konsumsi daya aktual akan bervariasi sesuai dengan konfigurasi komputer dan penggunaannya.

Konsumsi Listrik Komputer Laptop
Dibandingkan dengan komputer desktop, laptop menggunakan daya yang jauh lebih kecil. Rata-rata laptop akan mengkonsumsi daya sekitar 45 hingga lebih dari 70 watt . Jadi, untuk penggunaan yang lama, laptop tentu saja merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan komputer desktop jika dilihat dari sudut pandang konsumsi daya listrik.


Jika Anda ingin menentukan jumlah listrik yang digunakan komputer dalam sehari, gandakan konsumsi per jam dengan jumlah jam yang digunakan komputer. Untuk mendapatkan perkiraan biaya daya yang dikonsumsi per hari atau bulan, bagi nilai daya total yang dikonsumsi, dengan 1000 dan kalikan dengan biaya listrik per kilowatt jam yang dibebankan oleh perusahaan listrik Anda.

Menghemat Daya Listrik
Dalam mode tidur, komputer menggunakan kurang dari 10% daya yang digunakan dalam mode operasi. Hanya 6 watt hingga 15 watt yang akan dikonsumsi saat komputer dalam mode tidur. Jadi memilih rencana penghemat daya dan membiarkan PC tidur atau hibernasi saat tidak digunakan adalah cara yang baik untuk menghemat listrik.

Jika Anda menggunakan monitor LCD, menjaga tingkat kecerahan layar menjadi rendah itu akan menghabiskan daya yang lebih sedikit. Mematikan komputer Anda adalah pilihan yang lebih baik lagi dibandingkan membiarkannya dalam mode tidur. Ikuti tips ini untuk menurunkan tagihan listrik Anda.

Sebagai kesimpulan, ketahuilah bahwa kisaran rata-rata daya listrik yang digunakan oleh komputer desktop adalah sekitar 60 watt hingga 250 watt, sementara konsumsi daya laptop sekitar kurang dari setengahnya.
Baca Juga