Rabu, 04 September 2019

Apa yang Terjadi Jika Tida Ada Internet?

Internet telah berkembang menjadi media paling populer yang digunakan untuk komunikasi dan berbagi informasi. Internet adalah jaringan yang terhubung satu sama lain dan memungkinkan berbagi informasi. Tidak ada yang terhubung dan menyatukan orang-orang pada platform yang sama seperti Internet. Penemuan ini telah berubah menjadi salah satu penemuan paling penting dalam sejarah umat manusia dan telah menjadi cara hidup bagi banyak orang di seluruh dunia. Kebanyakan orang telah terbiasa mengandalkan sepenuhnya pada Internet untuk hampir semua hal yang ingin mereka lakukan, baik dalam kehidupan pribadi maupun sosial.


Kehidupan tanpa Internet akan tampak seperti mimpi buruk bagi kebanyakan dari kita sekarang. Seberapa drastis kehidupan Anda akan terpengaruh dan diubah? Sebelum kita melakukan tugas yang sulit untuk membayangkan dunia tanpa internet, mari kita lihat beberapa fakta dan hal penting dari Internet:
  • Amerika Serikat memiliki jumlah pengguna Internet terbesar ketiga (21%) di dunia, disusul Asia (36%) dan Eropa (29%) yang mengambil tempat pertama dan kedua.
  • Sekitar 294 miliar email dikirim setiap hari. Ini berjumlah 2,8 juta email yang dikirim setiap detik, dan 90 triliun email dikirim setiap tahun!
  • Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan, dan digunakan untuk mencari lebih dari satu miliar permintaan per hari!
  • Sekitar 1/6 dari total populasi manusia menggunakan Internet setidaknya sebulan sekali.
  • Rata-rata, sekitar 200 juta Tweet dikirim di Twitter per hari.
  • Diperlukan lebih dari satu miliar DVD untuk menyimpan seluruh informasi yang tersedia di Internet.
  • Setiap menit, lebih dari 70 jam video diunggah di YouTube dari seluruh dunia.
Hidup Tanpa Internet
Mengingat statistik yang diberikan di atas dan penetrasi Internet di seluruh dunia, memang akan menjadi masalah besar jika 'internet' ditarik keluar dari kehidupan kita. Kita menjadi tergantung pada Internet untuk sebagian besar hal yang ingin kita lakukan, baik itu belajar, berbelanja, bersosialisasi, atau menghibur diri kita sendiri. Internet telah menjadi cara hidup bagi banyak dari kita. Dengan tidak adanya Internet, implikasinya akan sangat menghancurkan. Inilah bagaimana aspek-aspek penting dari kehidupan kita yang dipengaruhi oleh internet:

Gaya Hidup
Dampak dari tidak adanya Internet pada gaya hidup Anda secara keseluruhan akan tergantung pada seberapa sering Anda menggunakannya dan untuk apa Anda menggunakannya. Jika Anda seorang pecandu internet, Anda akan menemukan bahwa hidup Anda telah berhenti.


Tanpa fasilitas online, sebagian besar waktu Anda akan dihabiskan dalam antrian panjang di bank, kantor pos, atau kantor pemerintah. Anda akan menunggu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu sampai surat Anda tiba dari sudut lain dunia. Tiba-tiba, Anda akan menyadari bahwa hidup Anda yang serba cepat berjalan dengan kecepatan siput.

Bersosialisasi
Banyak dari kita menggunakan Internet untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga kita. Jika Anda sudah terbiasa bersosialisasi secara online, Anda sekarang tidak tahu bagaimana cara membagikan foto-foto perjalanan terakhir Anda dengan teman-teman Anda yang tersebar di seluruh dunia.


Akan sulit untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang yang tinggal di luar wilayah Anda. Anda mungkin harus bergabung dengan klub atau komunitas di lingkungan Anda untuk mendapatkan teman baru. Anda harus mengatur dengan berbicara kepada keluarga dan teman-teman Anda melalui telepon.

Komunikasi
Dengan tidak ada cara untuk berkomunikasi menggunakan email, pesan instan, obrolan, atau media sosial, kita harus menggunakan cara lama berkomunikasi dengan orang-orang. Kita harus menggunakan opsi interaksi tatap muka, percakapan telepon, atau mengirim dan menerima surat menggunakan pos.


Komunikasi melalui internet gratis, sedangkan opsi yang tersedia jika tidak akan dikenakan biaya dan waktu tambahan. Anda harus menulis surat dan membeli perangko, seperti yang biasa orang lakukan sebelum Internet menjadi populer. Perusahaan pos dan penyedia layanan telepon akan mendapat untung besar karena meningkatnya permintaan akan layanan mereka.

Informasi
Internet telah menjadi lautan raksasa informasi dan sumber daya. Tidak ada Internet berarti tidak ada akses instan dan mudah ke informasi. Anda harus berjalan ke perpustakaan setempat dan benar-benar mencari seluruh tempat untuk mendapatkan informasi yang Anda cari, dengan sedikit kemungkinan Anda akan menemukan apa yang Anda cari secara instan.


Siswa yang terbiasa menggunakan Internet untuk menyelesaikan tugas dan proyek mereka akan kesulitan menemukan alternatif. Tidak akan ada cara untuk mendapatkan pendidikan tanpa benar-benar pergi ke sekolah atau perguruan tinggi secara fisik. Anda harus mengandalkan televisi atau koran pagi untuk menerima bagian berita Anda.

Tempat Kerja
Segala sesuatu di tempat kerja Anda akan terbalik. Jika pekerjaan Anda sebagian besar berbasis internet, perusahaan Anda mungkin harus ditutup. Jika pekerjaan Anda hanya melibatkan sedikit penggunaan Internet, misalnya menggunakan sistem online untuk memperoleh statistik dari Internet, tugas sederhana ini sekarang akan menjadi proses yang rumit dan memakan waktu.


Organisasi harus secara radikal mengubah metode dan proses operasional mereka untuk bertahan hidup. Meja Anda akan penuh dengan dokumen dan file dan Anda akan mengalami mimpi buruk mencari atau menyortirnya secara manual.

Bisnis dan Ekonomi
Ekonomi global akan menjadi aspek yang paling parah terkena dampaknya jika Internet menjadi tidak ada. Resesi global jangka panjang akan mengakibatkan jutaan orang kehilangan pekerjaan dan banyak bisnis yang tutup. Ekonomi akan menyusut dan terbatas pada pedagang dan toko lokal. Bagi banyak industri mungkin tidak lagi layak untuk melakukan bisnis di luar kota atau negara.


Harga komoditas akan naik, karena akan ada kompetisi yang lebih rendah untuk para pemain pasar lokal. Kecepatan di mana banyak bisnis beroperasi karena Internet akan mengalami perlambatan hebat. Sebagian besar transaksi harus dilakukan secara manual. Sebagian besar komunikasi bisnis perlu dilakukan melalui surat pos dan jasa kurir. Pekerjaan yang tidak terkait dengan Internet akan mulai diminati.
--
Internet telah menjadi kekuatan tunggal terbesar yang telah membentuk dan memengaruhi semua aspek kehidupan kita. Sangat mudah untuk kecanduan sesuatu yang bermanfaat, menyenangkan, dan semenarik Internet. Sama sulitnya untuk melepaskannya, begitu kebiasaan itu menjadi bagian integral dari kehidupan Anda sehari-hari. Generasi muda yang telah melihat Internet sebagai sumber utama komunikasi dan pengetahuan mungkin akan terkena dampak terburuk. Bagi kita yang telah hidup dan mengalami kehidupan sebelum Internet, mungkin merasa lebih mudah untuk kembali ke cara hidup yang lama.

Kami dapat mengatur kehidupan kami sebelum Internet menjadi bagian darinya, dan tentu saja dapat melakukannya tanpa itu, jika suatu hari internet akan hilang dari kehidupan kita meskipun tidak menjadi lebih baik. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa situasi hipotetis seperti itu sangat tidak mungkin terjadi dalam kehidupan nyata berkat perluasan yang luas, infrastruktur global, dan jangkauan teknologi internet. Jadi, nikmati hidup dan jagalah karena masa depan memberi kita lebih banyak teknologi dan inovasi Internet yang akan benar-benar mengubah cara kita berpikir, bertindak, dan menjalani hidup kita!
Baca Juga