Tantangan Melakukan Bisnis di Luar Negeri

Melakukan bisnis di luar negeri adalah pilihan karier yang menguntungkan, terutama ketika Anda tahu bahwa ekonomi asing sedang naik dan ada permintaan untuk jenis produk dan layanan tertentu yang dapat Anda berikan. Tetapi, berbisnis di luar negeri tidak pernah datang tanpa hambatan.


Dengan disparitas ekonomi yang berlaku di Amerika Serikat pasca-resesi, mungkin tampak seperti ide cemerlang untuk memulai bisnis di pasar luar negeri menjanjikan seperti India dan Cina. Namun, memasuki dan mempertahankan dalam skenario bisnis global jauh lebih rumit daripada menjual produk dan layanan di negara asal Anda.

Lewatlah sudah hari-hari ketika bisnis itu sesederhana membeli dan menjual. Hari ini, Anda harus mengambil lompatan ekstra. Bisnis internasional telah menjadi lebih dinamis dari sebelumnya dan itu adalah tentang "kelangsungan hidup yang paling cocok".

Apakah itu bagian dari rencana ekspansi Anda atau baru memulai, melakukan bisnis di luar negeri membutuhkan banyak keterampilan dan kepekaan. Ketika Anda pindah ke lingkungan budaya baru untuk melakukan bisnis, Anda memerlukan keseimbangan yang sempurna dalam pengambilan risiko dan kehati-hatian.

Namun, Anda perlu menyadari tantangan atau hambatan melakukan bisnis di luar negeri. Katakanlah, Anda harus melakukan pertemuan dengan beberapa pengusaha dari Timur Tengah dan Anda mengacungkan jempol kepada mereka sebagai sinyal untuk menutup kesepakatan.

Hal-hal akan menurun dari sana untuk Anda karena Anda tidak tahu bahwa itu adalah gerakan ofensif di negara mereka. Lihat, itulah yang saya katakan, Anda perlu tahu apa yang Anda lakukan dan apa yang bisa terjadi.

Tantangan Melakukan Bisnis di Luar Negeri

Kekacauan Politik
Sebagai contoh, seperti meningkatnya insiden terorisme yang telah terjadi di masa lalu, yang telah terjadi banyak drama politik antara berbagai negara internasional. Hal ini jelas mempengaruhi hubungan perdagangan mereka secara langsung atau tidak langsung.

Melakukan bisnis Anda di luar negeri dapat menjadikan Anda target terorisme juga. Secara statistik, Anda lebih mungkin menghadapi kemungkinan seperti itu di negeri asing, dibandingkan dengan orang yang terlibat dengan Pemerintah Federal, terutama jika Anda membentuk entitas bisnis fisik.

Namun demikian, situasi politik yang menguntungkan antara negara asal Anda dan pasar asing potensial dapat berarti berkah bagi bisnis Anda.

Menilai Potensi
Seperti halnya bisnis apa pun, Anda perlu menilai potensi transaksi di masa depan dan ukuran penghasilan Anda dari transaksi bisnis. Namun, tantangan utama dalam melakukan bisnis internasional adalah menjadi jauh lebih sulit untuk menilai persamaan karena ketidakbiasaan Anda dengan lingkungan bisnis dan pihak-pihak yang terlibat.

Anda perlu berhati-hati karena banyak pengusaha salah menilai ukuran pasar dan omset penjualan yang diharapkan. Sebuah kontrak bisnis luar negeri yang mungkin Anda tinjau mungkin jauh kurang menarik dalam kenyataan daripada yang Anda kira. Untuk menghindari kecerobohan bisnis seperti itu, lakukan studi pasar menyeluruh tentang tren pasar sebelumnya, prakiraan pasar, reputasi pembeli dan pola biaya keuangan.

Memahami Lingkungan Bisnis Lokal
Ada standar kualitas yang berbeda di setiap negara yang berhubungan dengan industri. Lingkungan bisnis baru menuntut serangkaian bisnis baru yang harus dipelajari tepat waktu. Juga mempekerjakan penduduk setempat di negara tempat Anda menjalankan bisnis Anda. Ini akan memberi bisnis Anda keunggulan dan membuatnya lebih ramah bagi pelanggan Anda karena karyawan Anda akan terbiasa dengan lingkungan bisnis lokal. Ini cukup ekonomis dan akan membantu Anda untuk berbaur dan mengisi kekosongan perbedaan budaya antara Anda dan pelanggan Anda.

Logistik Internasional
Apakah bisnis Anda memerlukan pengiriman barang melintasi batas internasional? Mungkin Anda harus mendaftar layanan perusahaan logistik untuk memangkas beberapa tugas dari tugas kerja Anda. Selain itu, Anda akan mendapatkan wawasan produktif atas mekanisme logistik yang cocok untuk perusahaan Anda dan perusahaan logistik akan sangat membantu untuk memenuhi persyaratan pengiriman dari perusahaan.

Menjadi Terbiasa dengan Perbedaan Budaya
Setiap negara memiliki budaya yang beragam. Tidak menyadari mereka dan melakukan kecerobohan sosial dapat berdampak negatif pada transaksi bisnis Anda. Sebagian besar pengusaha mengakui perbedaan budaya menjadi salah satu tantangan terbesar dalam melakukan bisnis di luar negeri.

Sangat penting untuk mempelajari perbedaan budaya dalam bisnis internasional karena apa yang dapat diterima di negara Anda dapat dianggap sebagai ofensif di negara asing. Ini juga akan membantu Anda untuk berinteraksi dengan calon pelanggan Anda yang sesuai, serta merumuskan penjualan dan pemasaran secara budaya dan sensitif.

Selalu ingat, jika Anda berencana untuk melakukan bisnis di luar negeri, Anda perlu kesabaran untuk menciptakan basis yang kuat di negara asing.

Load comments