Siapa Penemu Internet?


Internet telah menjadi bagian penting dari gaya hidup modern yang membantu kita menemukan informasi, memahami konsep, berbagi pemikiran, dan tetap terhubung dengan semua orang di dunia.

Karena internet, semua yang ada di dunia hanya dengan sekali klik. Ciptaan luar biasa inilah yang telah membuat 'dunia kecil' yang pepatah lebih kecil lagi.

Namun, gelar prestisius 'penemu teknologi Internet' tidak dapat diberikan kepada satu orang atau organisasi. Ini adalah simfoni dari banyak pikiran yang telah membantu dalam penciptaan model fungsi yang diatur sendiri ini yang dapat dengan mudah disebut demokrasi terbesar di dunia.


Banyak orang keliru bahwa Internet sama dengan World Wide Web (WWW). Internet adalah jaringan besar komputer termasuk server yang terhubung di seluruh dunia sedangkan WWW adalah kumpulan dari semua situs web yang tersedia di Internet.

Penghargaan untuk penemuan Web diberikan kepada Tim Berners-Lee yang menciptakannya baru-baru ini pada tahun 1990. Untuk mengetahui tentang penemuan Internet, kita mungkin harus mempelajari sedikit lebih jauh.

Langkah Pertama
Orang pertama yang memikirkan ide untuk mentransfer informasi antara sistem yang berbeda adalah Leonard Kleinrock. Makalah pertamanya berjudul 'Aliran Informasi di Jaring Komunikasi yang Besar' diterbitkan pada tanggal 31 Mei 1961. Dia mengganti proses circuit switching lama dengan konsep baru yang melibatkan transmisi data melalui paket.

Ide Jaringan
Uni Soviet telah meluncurkan satelit pertama, Sputnik I yang mendorong Presiden AS Dwight Eisenhower untuk menciptakan ARPA (Advanced Research Projects Agency) untuk tetap memimpin dalam perlombaan senjata. JCR Licklider ditunjuk sebagai kepala organisasi IPTO (Information Technology Technology Office) yang baru pada tahun 1962. Ia menerapkan visinya tentang 'Jaringan Komputer Intergalaksi' yang menjabarkan sebagian besar dari apa itu Internet saat ini termasuk konsep-konsep seperti komputasi awan.

Perkembangan Besar Internet
E-mail: Bentuk komunikasi yang paling banyak digunakan saat ini, e-mail pertama kali dikembangkan pada tahun 1972 oleh Ray Tomlinson.

 • TCP: Pada tahun 1973 Vinton Cerf dan Robert Kahn merancang TCP (Transmission Control Protocol). Ini adalah peningkatan besar atas NCP (Program Kontrol Jaringan).

 • Ethernet: Pada tahun 1973, Bob Metcalfe berhasil mengembangkan Ethernet pertama. Pada tahun 80-an, ethernet menjadi sangat populer karena kemampuannya untuk kabel berbiaya rendah.

TCP / IP dan UDP: Pada tahun 1978, Danny Cohen, David Reed dan John Shoch membagi TCP menjadi TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).

DNS: DNS (Domain Name System) diperkenalkan pada 1984 oleh Paul Mockapetris dan Jon Postel.
 
Pelopor Lainnya
Dalam laporan kolektif "On Distributed Communications" yang diterbitkan oleh RAND pada tahun 1964, Paul Baran muncul dengan desain baru yang menantang seluruh desain telepon dengan memperkenalkan sistem komunikasi baru. Dia memikirkan arsitektur relay node terdistribusi yang tidak menggunakan sinyal frekuensi tinggi.

Keuntungan tambahan adalah bahwa tidak perlu khawatir tentang inaktivasi jika terjadi serangan nuklir untuk sistem seperti itu. Ini akan sangat praktis selama Perang Dingin. Istilah "packet switching" untuk mode transfer data ini pertama kali digunakan oleh Donald Davies pada tahun 1965. Sebelum itu, Baran menyebut paket data sebagai "blok pesan".

Dengan demikian, pengiriman data menjadi lebih fleksibel dengan setiap paket memiliki informasi tentang tujuannya sendiri dan rute yang telah ditentukan sebelumnya tidak diperlukan lagi. Konsepsi Davies tentang topik tersebut diajukan selama konferensi di Edinburgh pada 5 Agustus 1968.

WAN Pertama
Pada Oktober 1965 Thomas Marill dan Lawrence Roberts mendirikan WAN pertama (Wide Area Network). Mereka menggambarkannya dalam 'Menuju Jaringan Koperasi Komputer yang Dibagi Waktu' pada tahun berikutnya.

ARPANET
Licklider tidak memiliki pengalaman dalam pemrograman komputer. Jadi dia menunjuk Lawrence Roberts untuk membantunya menciptakan jaringan untuk ARPA. Pada 1967 Lawrence memimpin tim yang menciptakan ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network). Dia adalah ilmuwan pertama yang menggunakan potensi penuh yang diciptakan oleh Kleinrock. Maka diciptakanlah prekursor yang mengarah pada perkembangan Internet.

Tujuan awalnya adalah untuk memfasilitasi pembagian waktu sehingga institusi dapat memanfaatkan kekuatan pemrosesan dan sumber daya satu sama lain. Bahkan saat ini, Internet menggunakan packet switching sebagai metode utama untuk mentransfer data.

Switch Jaringan Pertama
Berdasarkan karya-karya Ehud Shapiro, Paul Baran, Thomas Marill dan banyak lainnya, spesifikasi akhir dari node jaringan pertama yang disebut 'IMP' (Interface Message Processor) diciptakan oleh Lawrence Roberts dan Barry Wessler. Bolt Beranek dan Newman, Inc. mendapat kontrak untuk merancang dan membangun sub jaringan IMP. Saat ini, digunakan bentuk gateway canggih yang disebut router.

Transfer Data Pertama
IMP dikirim ke UCLA pada 29 Agustus 1969. Beberapa hari kemudian pada 2 September 1969 peralatan kedua dipasang di SRI. Pesan Internet pertama diarahkan dari laboratorium Kleinrock ke University of California pada 29 Oktober 1969. Adalah Charley S. Kline yang mengirim pesan 'LO' yang merupakan upaya untuk kata 'LOGIN'.

Jaringan Switching Paket Operasional Pertama: Pengembangan ARPANET Pada tahun 1970, Davies membantu membangun jaringan packet switched yang disebut Mark I, yang segera digantikan oleh Mark II. Ini terus memberikan layanan selama banyak operasi penelitian di Eropa.

Larry Roberts mengerjakan ide itu dan memasukkannya ke dalam ARPANET. Sebelum ini, semua komputer yang berbagi informasi harus memiliki sistem yang identik yang merupakan kelemahan utama dalam jaringan komunikasi.

Pada tahun 1971, ARPANET memiliki total 15 situs dan 23 host. Proyek Gutenberg juga dimulai tahun itu. Pada 1974, 62 komputer terhubung melalui ARPANET membuat orang mengklaimnya sebagai ISP primitif (Penyedia Layanan Internet).

ISP Pertama
Pada tahun 1990, 'Dunia' yang berbasis di Massachusetts menjadi ISP komersial pertama (penyedia layanan Internet). PSINet juga merupakan salah satu pelopor.

Internet adalah kontribusi banyak pakar dari berbagai bidang yang membantu dalam menciptakannya. Internet dan dunia selamanya akan tetap berhutang budi kepada semua wajah yang dikenal dan tidak dikenal yang memanfaatkan keahlian mereka untuk membuat berbagi pengetahuan begitu mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel