Selasa, 27 Agustus 2019

Menghabiskan Libur Sekolah Dengan Kegiatan yang Bermanfaat

Jika libur sekolah telah tiba, tentu ada banyak kegiatan yang harus dilakukan oleh orang tua di luar sana.

Namun, sudahkah semua orang tua mempersiapkan anak-anak mereka pada liburan sekolah? Perencanaan dan persiapan sangat penting untuk membentuk identitas dan kepribadian anak-anak Anda. Jangan sampai Anda mengabaikan anak-anak sekalipun anda sangat sibuk.


Anak-anak juga membutuhkan perhatian dan sentuhan cinta pada hari-hari tertentu. Terutama saat liburan panjang sekolah. Jadi perencanaan dan persiapan yang akan diberikan orang tua sangat penting untuk membentuk moral anak-anak Anda di masa depan. Dengan kualitas positif yang ditanamkan orang tua pada anak-anak mereka, akan mudah bagi mereka untuk mendekati mereka bahkan ketika mereka bertambah tua setiap hari.

Di sini, kami ingin berbagi dengan Anda semua orang tua, bagaimana menghabiskan sisa libur sekolah dengan kegiatan yang bermanfaat yang akan memberi anak-anak Anda pengetahuan dan pengalaman sebanyak mungkin.

1) Berkemah
Kadang-kadang beberapa sekolah telah membuat rencana awal dari orang tua sebelumnya untuk liburan sekolah anak-anak mereka. Kami menyarankan bahwa jika sekolah melakukan kegiatan di luar ruangan seperti berkemah, izinkan mereka untuk ikut, tetapi dan yang penting yaitu mereka berkemah harus mempunyai tujuan untuk melakukan kegiatan positif bukan hanya untuk bersenang-senang saja.

Berkemah seperti ini sangat direkomendasikan karena penuh dengan isian yang sangat berguna. Seringkali berkemah berfokus pada kegiatan mandiri, kepemimpinan, akademik dan sebagainya.

2) Berkebun
Selain banyak kegiatan lainnya, kegiatan di luar ruangan seperti berkebun dapat membuat liburan sekolah anak-anak Anda benar-benar bermakna dan bermanfaat. Percayalah, anak-anak Anda akan menikmati bermain dengan tanah, air, pohon, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kegiatan berkebun.

Jika rumah Anda tidak memiliki peralatan berkebun, itu bukan masalah besar. Anda dapat pergi ke pasar untuk membeli barang-barang berkebun.

Dengan harga lebih murah, ini dapat membuat anak-anak Anda bersemangat menggunakan peralatan berkebun yang baru dibeli. Saya yakin anak-anak Anda akan senang menanam pohon selama liburan sekolah.

Jika Anda tidak memiliki tanah kosong di rumah untuk berkebun, jangan khawatir Anda dapat membeli pot berukuran kecil dan menempatkan pot tersebut di depan rumah Anda selama matahari menyinarinya.

3) Membuat kerajinan tangan
Jika anak Anda sakit, mereka tidak dapat berpartisipasi dalam kegiatan apa pun yang sulit, mereka tidak dapat terpapar sinar matahari dan oleh karena itu saya sarankan Anda melakukan kegiatan ringan seperti membuat kerajinan tangan. Kegiatan ini bagus karena meningkatkan pemikiran anak Anda sambil juga melihat seberapa kreatif anak-anak Anda.

Tidak apa-apa dan jangan pelit untuk membeli beberapa barang untuk melakukan kegiatan ini. Jika Anda dibatasi secara finansial, maka kegiatan ini juga dapat menggunakan barang-barang daur ulang seperti gulungan tisu bekas, koran, kardus bekas dan sebagainya.

Siapa yang tahu dari gulungan tisu bahwa itu akan dapat menjadi vas bunga yang indah. Dari koran menjadi keranjang, dari kardus menjadi wadah-wadah untuk menyimpan barang, dan sebagainya. Tidak seorang pun akan tahu seberapa kreatif anak mereka sampai mereka terlibat dalam kegiatan semacam ini.

Jangan khawatir jika anak Anda tidak berbakat membuat proyek kerajinan tangan ini, Anda juga didorong untuk berbagi ide dan jika Anda punya waktu, Anda dapat bergabung dengan mereka dalam proyek kerajinan tangan ini! Anak-anak Anda pasti akan bersemangat untuk melanjutkan aktivitas ini.

4) Olahraga
Anda dapat melakukan kegiatan seperti olahraga bersama anak Anda, dan yang bagus adalah olahraga bersama anak bisa dilakukan dengan sambil bermain. Luangkan beberapa hari untuk menambah kesenangan anak-anak Anda.

Kegiatan olahraga seperti membawa telur dalam sendok, memasukkan air ke dalam botol dengan spons, menemukan permen dalam tepung dan sebagainya dapat meningkatkan gaya hidup sehat keluarga dan membangun ketahanan mental dan fisik yang kuat untuk anak-anak Anda.

Disarankan agar Anda menggunakan waktu Anda bersama untuk yang terbaik dari kemampuan Anda. Waktu yang ada digunakan untuk mendekatkan hubungan keluarga karena kesibukan dan komitmen karier mereka.
Baca Juga