Fakta Menarik Tentang Negara Zimbabwe

Zimbabwe adalah salah satu negara terkemuka di benua Afrika. Dengan budaya yang berasal dari ribuan tahun dan anugerah keindahan alam yang melimpah, Zimbabwe bisa menjadi kesenangan para wisatawan.


Sejarah dan Politik
Secara primitif, zimbabwe dikenal sebagai Rhodesia Selatan. Nama-nama berubah selama periode waktu menjadi Rhodesia, lalu diikuti oleh Zimbabwe Rhodesia. Negara ini saat ini dikenal sebagai Republik Zimbabwe. Negara-negara Arab dari Timur Tengah dan Portugal adalah beberapa mitra dagang Zimbabwe sejak dahulu kala. Zimbabwe dieksplorasi ke skala besar oleh penjelajah David Livingstone. Mereka adalah koloni kekaisaran Inggris dengan nama Rhodesia Selatan yang dipegang oleh Perusahaan Afrika Selatan Inggris. Zimbabwe memperoleh kemerdekaan politiknya pada 18 April 1980. Robert Mugabe telah menjadi presiden dan panglima Zimbabwe sejak memperoleh kemerdekaannya dan sampai saat ini.

Pemerintahannya telah menjadi republik semi-presiden sejak kemerdekaan Zimbabwe. Pada tahun 1987, Mugabe merevisi konstitusi sehingga menghapuskan jabatan perdana menteri untuk membentuk sistem presidensial eksekutif. Ada banyak pemberontakan terhadap aturan pemerintah karena selalu dituduh bahwa pemilihan umum dilakukan melalui malpraktek seperti penipuan dan kecurangan suara.

Lokasi
Zimbabwe terletak di ujung tenggara Afrika. Menjadi negara yang terkurung daratan, Zimbabwe berbagi perbatasan politiknya dengan Afrika Selatan di selatannya, Mozambik di timurnya, Zambia di barat laut dan Botswana di barat daya. Negara ini terletak di antara dua sungai Afrika Zambezi dan Limpopo. Negara ini terletak di antara 20 ° 0'0 'Lintang dan 30 ° 0'0' 'Bujur. Bagian tertinggi dari Zimbabwe adalah Mt. Nyangani pada ketinggian 2.592 mts.

Area dan Medan
Total luas Zimbabwe total hingga 390580 km persegi dari yang 3910 km persegi ditutupi oleh massa air dan 386670 km persegi adalah tanah biasa. Panjang total perbatasan negara bertambah hingga 3066 km dari yang sebelumnya sekitar 1231 km dengan Mozambik, 797 km dengan Zambia, 813 km dengan Botswana dan hanya 225 km dengan Afrika Selatan.

Seluruh wilayah Zimbabwe terdiri dari dataran tinggi tengah yang subur dan bentuk gunung yang tinggi di sisi timur. Tanahnya kaya akan keanekaragaman medan dalam bentuk padang rumput Savannah, hutan, pegunungan granit, moors, sungai, dan dataran subur hijau subur.

Sumber daya
Zimbabwe selalu dikenal sebagai tanah legendaris Ofir atau negara kuno yang kaya akan sumber gading dan emas bagi Hiram, Sheba, dan Solomon. Bahkan hari ini, Tanah ini diberkati dengan tambang emas, tembaga, bijih besi, nikel, platinum, lithium, batu bara, kromium, dan asbes yang berlimpah.

Iklim
Zimbabwe memiliki iklim tropis sedang dan mengalami hujan deras antara November dan Maret setiap tahun.

Kehidupan Binatang
Negara ini kaya akan kehidupan binatang sejak zaman primitif. Namun, perburuan gading telah merajalela selama bertahun-tahun. Zimbabwe terkenal dengan binatang seperti singa, gajah, kerbau liar, macan tutul, badak, kuda nil, zebra, babi, rubah, berang-berang, gorila, simpanse, babon, jerapah, dll. Zimbabwe adalah negara terkemuka dalam daftar Safari Afrika.

Populasi dan Budaya
Pada Juli 2011, populasi Zimbabwe hanya di atas 12.000.000. Diperkirakan di sana harapan hidup buruk karena merajalelanya masalah AIDS, kematian bayi dan kemiskinan. Tanah ini dikenal dengan suku Zulu, Vadoma, Shona dan Lemba. Penduduk kulit putih Zimbabwe hanya sekitar 1% dari total populasi. Agama yang menonjol adalah agama Kristen dengan sejumlah kecil penduduk yang menyembah dewa-dewa suku tradisional. Bahasa resmi Zimbabwe adalah bahasa Inggris dan hanya digunakan di kota-kota besar. Bahasa utama lainnya di negara itu termasuk Shona dan Ndebele.

Penduduk
Penduduk biasanya terlibat dalam aktivitas seperti penambangan emas dan sumber daya, pertanian, dll. Beberapa populasi yang berpendidikan juga terlibat dalam kegiatan pariwisata dan perdagangan komersial.

Mata Uang dan Inflasi
Dolar Zimbabwe (Z $) adalah mata uang utama negara sampai 12 April 2009. Setelah itu, karena inflasi yang parah dan kerusuhan politik, nilai mata uang ini mencapai titik terendah. Nilai tertinggi dari denominasi mata uang kertas Zimbabwe adalah Z $ 100 triliun. Meningkatnya inflasi memaksa kepala bank Zimbabwe untuk meredenominasi mata uang mereka 3 kali. Inflasi yang terus meningkat dari ekonomi Zimbabwe telah sepenuhnya menghancurkan mata uang resminya. Pada Juli 2008, inflasi di Zimbabwe berdiri di 231.150.888,87% . Setelah itu, bank utama Zimbabwe telah mengizinkan penggunaan mata uang seperti Rand Afrika Selatan, Euro, dolar AS dan Sterling Pound untuk semua transaksi resminya.

Kota Besar 

Harare


Ini adalah ibu kota Zimbabwe dan dikenal dengan nama Salisbury hingga tahun 1982. Harare adalah kota terbesar di negara ini dan juga merupakan ibukota komersialnya.

Bulawayo


Ini adalah kota terbesar kedua di Zimbabwe setelah Harare dan difungsikan sebagai wilayah independen. Ini adalah kota multikultural dan merupakan rumah bagi banyak komunitas etnis Zimbabwe.

Load comments