Fakta Menarik Tentang Abraham Lincoln


Tahukah Anda Abraham Lincoln menumbuhkan jenggotnya yang terkenal karena surat yang ia terima dari seorang gadis berusia sebelas tahun dan bahwa ia adalah satu-satunya Presiden AS yang mengenakan janggut! Banyak fakta menarik lainnya tentang Abraham Lincoln yang ditulis dalam artikel ini


Terlahir dari orang tua petani miskin yang tidak berpendidikan di kabin kayu satu kamar, perjalanan Abraham Lincoln untuk menjadi salah satu presiden terhebat di Amerika Serikat benar-benar luar biasa dan inspirasional. Dia akan dikenang karena memainkan peran penting dalam memulai proses yang mengarah pada berakhirnya perbudakan dan menjaga Serikat selama Perang Sipil. Di atas segalanya, ia juga akan dikenang karena surat-surat dan pidatonya, karakternya, tekad dan ketekunannya. Marilah kita mencoba untuk mengetahui lebih banyak tentang pemimpin Amerika Serikat yang agung namun sederhana ini.

Beberapa Fakta Menarik Abraham Lincoln
  • Pada 1842 Lincoln menikahi Mary Todd dan pasangan itu memiliki empat putra, Robert, Edward, William, dan Thomas. Lincoln berbagi hubungan khusus dengan Ann Rutledge, Mary Owens sebelum ia bertunangan dengan Mary Todd.
  • Abraham Lincoln adalah Presiden ke-16 Amerika Serikat. Dalam pemilihan presiden 1860 yang dia menangkan, Lincoln tidak berkampanye di jalan, sebaliknya dia menggunakan distribusi poster, selebaran dan editorial surat kabar.
  • Lincoln mengawasi secara ketat pemilihan jenderal-jenderal top selama perang saudara. Dia tidak hanya berperan dalam menjinakkan Trent Affair dengan Inggris pada tahun 1861, tetapi juga mengintegrasikan negara-negara budak perbatasan di dalam Uni dengan sangat sukses.
  • Pidato Gettysburg dari Abraham Lincoln adalah salah satu pidato politik yang paling banyak dikutip dalam sejarah. Itu menandai akhir Pertempuran Gettysburg dan Perang Saudara Amerika. Pidato disampaikan pada sore hari Kamis, 19 November 1863, di Pemakaman Nasional Tentara, Gettysburg, Pennsylvania.
  • Edwin Booth, kakak laki-laki John Wilkes Booth yang telah membunuh Abraham Lincoln, sebenarnya telah menyelamatkan nyawa Robert, salah satu putra Abraham Lincoln. Edwin telah menarik Robert ke tempat yang aman ketika dia jatuh ke ruang antara kereta yang mendekat dan peron pada tahun 1864, di Jersey City.
  • Ia dilahirkan di kabin kayu satu kamar di Sinking Spring Farm, Kentucky. Ini membuatnya menjadi presiden AS pertama dari barat jajaran Appalachian.
  • Nenek moyang Lincoln dipetakan ke Samuel Lincoln. Samuel datang ke Massachusetts pada abad ke-17, dari Inggris.
  • Pendidikan Lincoln hanya terdiri dari 18 bulan sekolah. Setelah itu, ia belajar sendiri dan mendapat banyak manfaat dari kebiasaan membaca.
  • Lincoln bisa bergulat dan sangat terampil dengan kapak. Tapi, dia menahan diri dari memancing dan berburu karena cintanya pada binatang.
  • Lincoln menikmati betis domba, casserole ayam, dan tiram bergigi.
  • Abraham Lincoln lahir dari Thomas Lincoln dan Nancy Hanks, pada 12 Februari 1809. Keduanya adalah petani yang tidak berpendidikan.
  • Dia memimpin negara melalui Perang Sipil Amerika dan tidak hanya mempertahankan Uni, tetapi juga mengakhiri kejahatan sosial - perbudakan. Proklamasi Emansipasi Lincoln pada 22 September 1862, memprakarsai berakhirnya perbudakan di Amerika Serikat.
  • Sebelum pemilihan presidennya pada tahun 1860, Abraham Lincoln telah menjabat sebagai pengacara negara, legislator negara bagian di Illinois, anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan telah berkampanye dua kali untuk pemilihan Senat AS.
  • Abraham Lincoln mengelola pemilihan presidennya sendiri pada tahun 1864.
  • Dia diurutkan oleh para sarjana dan sejarawan dari seluruh dunia sebagai salah satu Presiden AS terbesar.
  • Abraham Lincoln sangat dekat dengan ibu tirinya Sarah Bush Johnston, tetapi jauh dari ayahnya. Ibunya meninggal ketika Abraham berusia sembilan tahun.
  • Abraham Lincoln selalu terpesona dengan mesin dan memegang hak paten untuk perangkat yang dibuat untuk menjaga agar kapal-kapal pengiriman tetap mengapung di atas beting. Nomor paten adalah 6469, dan dikeluarkan pada 22 Mei 1849.
  • Abraham Lincoln berasal dari keluarga yang awalnya milik gereja Baptis Hardshell. Namun, Abraham sendiri tidak pernah bergabung dengan gereja lain.
  • Abraham Lincoln bermimpi tentang pembunuhannya sendiri, yang ia bagikan dengan pengawal utamanya Ward Hill Lamon, beberapa hari sebelum kejadian yang sebenarnya.
  • Pembunuhannya membuat Lincoln presiden Amerika pertama yang mati dengan cara ini. Abraham Lincoln meninggal pada usia 56 dan jenazahnya dimakamkan di Springfield, Illinois.

Beberapa Pertanyaan Tentang Abraham Lincoln

» Berapa tinggi Abraham Lincoln?
Abraham Lincoln luar biasa tinggi, sekitan 1,95 meter

» Kapan Abraham Lincoln menjadi Presiden?
Abraham Lincoln menjadi Presiden Amerika Serikat ke-16 pada 6 November 1860. Ia menang melawan Stephen A. Douglas dan John C. Breckinridge, keduanya dari Partai Demokrat, dan John Bell - anggota Partai Serikat Konstitusional. Kemenangan tersebut menjadikan Abraham Lincoln presiden Republik pertama AS.

» Pada tahun berapa Abraham Lincoln meninggal?Abraham Lincoln dibunuh di Ford Theatre, Washington DC, pada tanggal 14 April 1865. Dia meninggal pada jam 7 pagi keesokan paginya.

» Siapa yang membunuh Abraham Lincoln?Abraham Lincoln dibunuh oleh John Wilkes Booth, aktor terkenal dan mata-mata Konfederasi. Rencana awalnya adalah menculik Lincoln dan menahannya sebagai tebusan untuk pembebasan tahanan Konfederasi yang penting.

Prestasi dan ketekunan Lincoln untuk berhasil dalam kehidupan adalah fenomenal dan kisah hidupnya menjadi inspirasi bagi semua. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel