Minggu, 18 Agustus 2019

Cara Menghasilkan Uang Dengan Afiliasi

Afiliasi adalah salah satu model bisnis yang tidak menggunakan banyak modal untuk memulai. Bahkan bisa dimulai tanpa modal sekalipun. Bisnis afiliasi adalah beberapa metode untuk menghasilkan uang secara online yang dapat menghasilkan pendapatan yang layak jika dilakukan dengan benar.

Sebelum menjelaskan secara lebih rinci tentang cara menghasilkan uang dengan afiliasi, kami menjelaskan dasar-dasarnya afiliasi itu sendiri.

Apa itu afiliasi?
Afiliasi mungkin lebih mudah dipahami sebagai agen suatu produk. Produk-produk ini dapat berupa produk fisik atau digital. Di dunia nyata, menjadi promotor suatu produk disebut agen, tetapi di dunia virtual atau internet disebut afiliasi.

Alur kerja afiliasi ini adalah, ketika Anda mendaftar sebagai afiliasi untuk suatu produk, Anda akan diberikan tautan / Link afiliasi yang berisi ID pribadi Anda. Setiap penjualan produk melalui tautan / Link ini akan memberi Anda komisi. Tugas utama seorang afiliasi adalah mempromosikan produk menggunakan tautan / Link ini.

image source: topicstalk.com

Ada banyak produk afiliasi yang bisa Anda promosikan. Di bawah ini merupakan daftar beberapa situs web yang dapat Anda gabung sebagai afiliasi.
  • Program afiliasi Lazada
  • Afiliasi Ratakan
  • Google affiliate network
  • clickbank
  • Tokopedia
  • Blibli
  • dan masih banyak lagi
Bagaimana cara mendapatkan tautan / Link afiliasi?
Untuk mendapatkan Link afiliasi, Anda hanya perlu mendaftar di situs web yang menyediakan layanan afiliasi seperti yang disebutkan di atas. Mendaftarlah dan isi formulir dengan data diri anda, setiap situs web punya tata cara tersendiri, jadi tidak perlu takut tidak tahu harus bagaiaman karena penyedia afiliasi sudah mempunyai petunjuk sendiri.

Bagaimana cara mempromosikan produk afiliasi?
Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya, ada 3 aliran utama yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang dengan afiliasi, yaitu blog, pemasaran email dan kombinasi keduanya.

Blog - SEO - Lalu Lintas - Penjualan
Ini adalah aliran pertama untuk menghasilkan uang dengan afiliasi. Aliran pertama ini menggunakan metode blogging. Di blog Anda dapat menulis artikel yang terkait dengan produk yang ingin Anda promosikan. Yang lebih penting adalah Anda perlu menguasai optimasi SEO untuk memastikan bahwa orang-orang datang ke blog Anda.

Jika Anda hanya berharap pembaca Anda datang secara otomatis tanpa belajar tentang SEO, Anda sebenarnya salah. Tanpa SEO yang baik, blog Anda mungkin tidak ditemukan di internet. Dengan teknik SEO yang tepat, maka pengunjung akan dapat menemukan blog Anda dan pengunjung yang datang tepat sasaran.

Aliran pertama ini akan memakan waktu lama untuk dibuat karena Anda harus menulis banyak artikel dan jika blog Anda adalah blog baru, Anda akan membutuhkan antara satu bulan dan 3 bulan untuk melakukan penjualan pertama Anda. Ini juga tergantung pada teknik SEO yang Anda praktikkan.

Meskipun aliran pertama ini agak lambat dan memakan waktu, tetapi dalam jangka panjang, itu sangat bagus. Karena begitu artikel yang Anda tulis berhasil di halaman pertama melalui SEO, pengguna akan dapat dengan mudah mengunjungi blog Anda dan peluang penjualan melalui blog Anda akan lebih tinggi.

Yang lebih menarik adalah teknik menghasilkan uang dengan afiliasi menggunakan cara ini yaitu gratis.

Blog - Iklan - Lalu Lintas - Penjualan
Cara kedua untuk menghasilkan uang dengan afiliasi adalah melalui blogging, tetapi satu-satunya cara untuk menarik pengunjung ke blog Anda adalah dengan menggunakan iklan berbayar. Salah satu media periklanan utama adalah Iklan Facebook.

Teknik ini akan memudahkan Anda untuk menarik pembaca ke blog Anda. Tetapi Anda perlu tahu cara yang tepat untuk membuat iklan secara efektif. Ini karena, jika pengaturan iklan Anda salah, Anda mungkin bisa mendapatkan lalu lintas ke blog Anda, tetapi tidak ada penjualan yang akan terjadi karena lalu lintas yang Anda bawa bukan lalu lintas yang ingin Anda beli (tidak tertarget).

Ini juga akan membebani uang Anda karena Anda masih harus membayar iklan meskipun Anda tidak mendapatkan penjualan.

Hal utama yang membuat teknik ini sukses adalah mengingat pengguna facebook yang sangat banyak sehingga peluang mendapat penjualan sangat besar.

Blog - Lalu Lintas - Email - Action - Penjualan
Ini adalah teknik ke-3 untuk menghasilkan uang dengan afiliasi. Teknik ini merupakan kombinasi dan tambahan untuk dua teknik yang dibahas di atas.

Dengan menggunakan blog, Anda bisa belajar SEO dan bahkan menggunakan iklan berbayar untuk mendapatkan traffic. Semua lalu lintas tersebut akan dialihkan ke artikel atau halaman arahan yang dimaksudkan untuk mengumpulkan basis data email pembaca yang masuk.

Dengan email ini, Anda dapat menindaklanjuti dengan email untuk produk yang Anda promosikan. Untuk kenyamanan, Anda dapat menggunakan email Autoresponder untuk secara otomatis mengirim email ke pembaca yang tertarik pada produk.

Dari 3 teknik di atas, teknik ke-3 adalah yang paling efektif tetapi membutuhkan lebih banyak pekerjaan di awal. Banyak internet marketer memperoleh penghasilan afiliasi jutaan rupiah menggunakan teknik ini

Yang pasti model untuk menghasilkan uang dengan afiliasi ini adalah bahwa itu adalah model bisnis yang menguntungkan tetapi dapat dimulai dengan modal rendah atau tanpa modal. Bagi mereka yang mencari pekerjaan atau mencari pekerjaan paruh waktu di rumah, afiliasi adalah salah satu bisnis terbaik untuk Anda.
Baca Juga