Penyebab Internet Lambat dan Cara Mengatasinya

Sebuah halaman web yang membutuhkan waktu untuk dimuat adalah musuh utama dari kehidupan yang serba cepat! Dengan hampir semua yang terhubung ke Internet akhir-akhir ini, sangat penting untuk memiliki koneksi internet yang cepat atau kita akan menderita frustrasi yang terus-menerus.

Dalam artikel ini, kami memberi tahu Anda apa yang dapat memperlambat koneksi Internet Anda, dan yang lebih penting apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya.


Apa yang menyebabkan koneksi internet lambat?
Ada banyak alasan di balik masalah tunggal kecepatan Internet yang lambat. Meskipun sebagian besar alasan tidak memberikan peringatan, penyebab tertentu dapat membahayakan komputer Anda jika diagnosis instan tidak dilakukan, dan kontrol kerusakan tidak dapat dilakukan dengan segera.
  • Server Internet Anda mungkin menghadapi kelebihan lalu lintas yang membuat koneksi Anda lebih lambat. Ini sering terjadi selama jam-jam sibuk tertentu.
  • Masalahnya mungkin dengan browser Anda . Jika terlalu banyak add-on dan juga tab, kinerjanya dapat terbebani oleh begitu banyak program yang tidak perlu berjalan bersama.
  • Komputer Anda dapat terinfeksi oleh malware yang memakan bandwidth Anda tanpa Anda sadari.
  • Terlalu banyak program atau aplikasi yang berjalan di komputer Anda secara bersamaan, hal ini dapat memperlambat kecepatan kinerja komputer Anda secara keseluruhan termasuk kecepatan browser Anda.
  • Jenis koneksi juga membuat perbedaan untuk kecepatan internet. Koneksi DSL lebih cepat daripada koneksi dial-up dan koneksi kabel lebih cepat daripada koneksi DSL. Koneksi FiOS (layanan serat optik) sejauh ini adalah yang tercepat di antara semua jenis koneksi Internet.
  • Jika komputer dan modem Anda sudah lawas, Anda mungkin perlu memutakhirkan pengaturannya untuk mendapatkan kecepatan yang lebih baik. Anda dapat mengunduh dan menjalankan perangkat lunak pengoptimal di komputer Anda untuk tujuan ini.
  • Kecepatan internet seringkali ditentukan oleh kedekatan Anda dengan titik akses . Oleh karena itu, semakin jauh Anda dari router nirkabel, semakin lambat kecepatan Anda. Ini terutama berlaku di kampus yang mendukung Wi-Fi, atau lingkungan kantor yang mendukung Wi-Fi.
  • RAM yang berantakan dan kelebihan beban juga merupakan alasan umum Internet, serta seluruh sistem akan berjalan lambat.
  • Cookie internet dan file Internet sementara juga dapat memperlambat kecepatan Internet Anda.
Untuk meningkatkan kecepatan Internet Anda, Anda harus:
  • Tutup program yang tidak perlu di komputer, atau akhiri tugas saat browsing Internet.
  • Hapus cookie dan cache untuk meringankan beban pada browser.
  • Jalankan program anti-virus secara teratur setelah setiap sesi di internet untuk memastikan sistem Anda aman dan Anda mendapatkan bandwidth penuh saat berikutnya Anda masuk.
  • Tetap perbarui perangkat keras komputer dan router untuk mencegah pengaturan yang lama memperlambat sesi akses internet Anda.
Jika tidak ada yang berhasil, hubungi nomor layanan pelanggan dari penyedia layanan Anda dan keluhkan jika koneksi Anda bermasalah. Lagi pula, Anda tidak perlu membayar koneksi itu untuk melewati saat-saat pemuatan halaman yang panjang dan menyebalkan itu .

Load comments