Kamis, 04 Juli 2019

Pentingnya Belajar Bahasa Asing

Berapa bahasa yang kamu kuasai? Jika jawaban Anda adalah satu (tidak termasuk bahasa daerah anda), Anda harus bangun dan melihat sekeliling.

Dunia semakin kecil, dan warga dunia dengan cepat mengatasi batas-batas bahasa dan bahkan perbedaan sosial budaya. Menjadi multibahasa dapat memperluas peluang pendidikan dan karier, meningkatkan pertukaran ide dan informasi global, dan tentu saja membantu Anda menikmati keindahan bahasa yang sepenuhnya asing dengan mengenal aspek tata bahasa, sosiokultural, dan historisnya.

Bukan hanya itu, tetapi mungkin juga membantu meningkatkan kemampuan belajar Anda secara keseluruhan, dan memperluas perspektif Anda sambil melihat dunia.


Berkenalan dengan Budaya Lain
Setiap bahasa memiliki basis pengetahuan yang kaya. Belajar bahasa asing mempertajam keterampilan kognitif kita secara keseluruhan dan membantu dalam pemahaman yang lebih baik tentang beberapa mata pelajaran dan konsep yang terkait dengannya. Ini adalah pengalaman belajar multi-sisi, yang memperkaya Anda dalam banyak hal.

Pertama-tama, ini membawa Anda lebih dekat ke asal-usul bahasa melalui asosiasi budaya, sejarah, dan sosialnya. Dengan demikian, Anda mengenal seluruh sistem budaya atau sosial, dengan referensi gaya hidup, geografi, sejarah, seni, ekonomi, serta praktik sosiokultural kontemporer termasuk dialek dan keragaman daerah, gaya pakaian, dan praktik kuliner di wilayah tersebut.

Memahami Seluk-beluk Bahasa Anda Sendiri
Saat belajar tentang budaya dan bahasa daerah tertentu, Anda cenderung membandingkannya dengan budaya di wilayah Anda sendiri. Saat melakukan ini, Anda memikirkan persamaan dan perbedaan antara bahasa lokal Anda dan bahasa asing yang mengarah ke studi yang lebih mendalam tentang bahasa dan budaya Anda sendiri juga.

Mempelajari bahasa baru juga memfasilitasi pemahaman yang lebih baik tentang tata bahasa, konstruksi kalimat, dan aspek linguistik keseluruhan dari bahasa Anda sendiri. Ini tidak hanya akan meningkatkan ruang lingkup linguistik Anda, tetapi juga membantu Anda untuk menganalisis dan melihat bahasa Anda sendiri dengan cara yang lebih dalam dan berbeda.

Keunggulan Kompetitif Untuk Bisnis
Multilingualisme adalah aset besar yang sangat dihargai di era globalisasi ini. Ini memberi Anda keunggulan atas orang lain karena Anda menjadi lebih siap untuk menghadapi skenario global daripada mereka yang memiliki seperangkat keterampilan linguistik terbatas untuk komunikasi. Di zaman di mana bisnis melintasi batas, itu membantu memecahkan hambatan bahasa, dan memfasilitasi pertukaran informasi.

Bisnis tidak dapat tetap terbatas karena hambatan seperti itu, dan karenanya ahli bahasa membantu untuk mempromosikan dan mengiklankan bisnis di berbagai negara menggunakan pengetahuan mereka tentang berbagai dialek.

Karir Internasional
Menjalin ikatan bisnis baru dan kontak untuk perdagangan di berbagai negara hanya dapat dimungkinkan bagi lulusan bahasa modern. Peluang kerja untuk orang-orang seperti itu juga mencakup profil seperti penerjemah bahasa, juru bahasa, atau panduan perjalanan dalam bisnis pariwisata.

Di arena politik internasional, orang-orang yang fasih dengan bahasa asing memiliki peran besar selama negosiasi atau pertemuan penting, dan dapat dikualifikasi dengan baik untuk menjadi duta besar di negara-negara luar.

Ketika dunia semakin dekat, dan semua bangsa berkumpul untuk menyelesaikan masalah-masalah dunia, sangat penting bagi orang-orang dari seluruh dunia untuk memahami ide satu sama lain dan bertukar informasi dan saran.

Meskipun bahasa Inggris dikenal sebagai bahasa yang banyak digunakan dan dipahami di dunia, itu masih bukan bahasa yang paling banyak digunakan, dengan beberapa negara masih belum fasih menggunakannya. Oleh karena itu, mempelajari dialek asing dapat menjadi langkah instrumental dalam memberdayakan misi global untuk penghapusan kesenjangan komunikasi dan kesalahpahaman sosial di dunia.

Jangan pernah belajar bahasa hanya dengan tujuan meraih peluang kerja. Ada banyak orang yang belajar bahasa baru untuk itu. Ingatlah bahwa Anda belum menguasai bahasa sampai Anda bisa memikirkannya. Sangat mudah untuk berpikir dalam bahasa Inggris, memungkinkan otak Anda menerjemahkannya ke dalam dialek asing, dan kemudian mengucapkan terjemahan kasar pikiran Anda. Namun, orang yang menguasasi bahasa yang benar adalah orang yang dapat berpikir dalam bahasa asing yang telah dia pelajari.

Menguasai dialek asing mengharuskan Anda tidak hanya membekali diri dengan keterampilan membaca, menulis, dan berbicara dasar, tetapi juga menerima bahasanya dengan hati terbuka dan memperlakukannya seperti bahasa Anda sendiri.
Baca Juga