Keuntungan dan Kerugian E-Binsis


Munculnya Internet telah memantulkan persepsi manusia tanpa akhir. E-bisnis penuh dengan manfaat. Namun, keterbatasannya membutuhkan pengakuan juga. Artikel ini akan menjelaskan pro dan kontra dari e-bisnis untuk Anda.


E-bisnis adalah istilah monolitik yang mencakup berbagai proses bisnis yang bertujuan untuk mengintegrasikan vendor atau pedagang dengan konsumen dan pemasok menggunakan Internet.

Seluruh proses pengaturan situs web, membantu calon pelanggan menavigasi situs web, menunjukkan kepada mereka produk yang tersedia, menawarkan diskon dan voucher, dan melakukan segala kemungkinan untuk merayu calon klien dan mengubahnya menjadi pelanggan dagang di bawah lingkup e- bisnis.

E-commerce, di sisi lain adalah bagian dari e-bisnis dan mengacu pada transaksi online yang dapat dipertanggungjawabkan dalam istilah moneter. Misalnya, menerima pembayaran kartu kredit untuk produk yang dijual kepada konsumen atau melakukan pembayaran untuk belanja online adalah contoh dari e-commerce. Dengan kata lain, e-commerce mengacu pada tahap terakhir e-bisnis yang melibatkan pengumpulan pembayaran untuk barang yang dijual oleh perusahaan bisnis.

Keuntungan

Hadir di Seluruh Dunia

Ini adalah keuntungan terbesar dari melakukan bisnis online. Sebuah perusahaan yang terlibat dalam e-bisnis dapat memiliki kehadiran di seluruh dunia atau di seluruh dunia. IBM adalah salah satu perusahaan pertama yang menggunakan istilah e-bisnis untuk merujuk pada melayani pelanggan dan berkolaborasi dengan mitra bisnis dari seluruh dunia. Dell Inc. juga memiliki bisnis yang berkembang dengan menjual PC di seluruh AS, hanya melalui telepon dan Internet hingga tahun 2007.


Amazon, adalah kisah sukses lain yang membantu orang membeli secara internasional dari pihak ketiga. Oleh karena itu, kehadiran di seluruh dunia akan terjamin, jika perusahaan memikirkan kembali bisnis mereka berkaitan dengan Internet.

Pemasaran dan Promosi Hemat Biaya
Menggunakan web untuk memasarkan produk menjamin jangkauan di seluruh dunia dengan harga nominal. Teknik periklanan, seperti membayar per klik iklan, memastikan bahwa pengiklan hanya membayar untuk iklan yang benar-benar dilihat.

Afiliasi pemasaran, di mana pelanggan diarahkan ke portal bisnis karena upaya afiliasi, yang pada gilirannya mereka akan menerima kompensasi untuk setiap upaya pembelian yang muncul karena e-bisnis. Afiliasi pemasaran telah membantu bisnis dan afiliasi. Perusahaan telah berhasil menggunakan strategi periklanan online yang hemat biaya untuk keuntungan mereka.

Mengembangkan Strategi Kompetitif
Perusahaan harus memiliki strategi bersaing untuk memastikan keunggulan kompetitif. Tanpa strategi yang efektif, mereka akan merasa tidak mungkin mempertahankan keuntungan dan mendapatkan keuntungan. Strategi yang dapat ditempuh perusahaan, dapat menjadi strategi biaya atau strategi diferensiasi.

Misalnya, hingga tahun 2007, Dell Inc. menjual komputer hanya melalui Internet dan telepon. Ini mengadopsi strategi diferensiasi dengan menjual komputernya secara online dan menyesuaikannya agar sesuai dengan kebutuhan klien. Dengan demikian, e-bisnis menghasilkan Dell Inc. mengelola untuk menangkap segmen pasar menggunakan strategi diferensiasi.

Layanan Pelanggan yang Baik
E-bisnis telah menghasilkan peningkatan layanan pelanggan. Banyak waktu mengunjungi situs web, pelanggan disambut oleh jendela obrolan pop-up. Layanan pelanggan yang tersedia dapat membantu mendorong pelanggan untuk mengetahui lebih banyak tentang produk atau layanan. Selain itu, pembayaran dapat dilakukan secara online, dan produk dapat dikirimkan ke pelanggan tanpa pelanggan harus meninggalkan rumah.

Biaya Overhead Dikurangi
E-bisnis, pada dasarnya, tidak bergantung pada biaya yang dikeluarkan karena bisnis memiliki entitas fisik. Tagihan utilitas dan biaya lainnya dapat dikelola. Anda juga mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk mempekerjakan personel dan mempertahankan mereka dengan insentif kompetitif dengan fasilitas yang berlimpah. Menjalankan e-bisnis sangat mudah karena pemilik tidak perlu menyewa situs lain untuk menjalankan bisnis.

Kerugian

Pembatasan Sektoral
Kerugian utama dari e-bisnis adalah kurangnya pertumbuhan di beberapa sektor karena keterbatasan produk atau sektor. Sektor makanan tidak mendapat manfaat dalam hal pertumbuhan penjualan dan pendapatan, sebagai akibatnya karena sejumlah alasan praktis, seperti produk makanan yang menjadi barang yang mudah rusak, konsumen tidak mencari produk makanan di Internet, karena mereka lebih suka pergi ke supermarket untuk membeli barang-barang yang diperlukan ketika dibutuhkan.

Solusi E-bisnis yang mahal untuk Pengoptimalan
Sumber daya substansial diperlukan untuk mendefinisikan lini produk untuk dijual secara online. Memperbaharui sistem komputer, personel pelatihan, dan memperbarui situs web membutuhkan sumber daya yang besar. Selain itu, Electronic Data Management (EDM) dan Enterprise Resource Planning (ERP), yang diperlukan untuk memastikan proses bisnis internal yang optimal dapat dipandang oleh beberapa perusahaan sebagai salah satu kelemahannya.

Pertanyaan Keselamatan
Keselamatan di sini sebagai keamanan bisnis Anda. Internet merupakan jaringan global yang dapat diakses oleh semua orang tanpa memandang siapa penggunanya, hal-hal seperti penipuan dan peretasan mungkin bisa saja terjadi dalam e-bisnis.

Keamanan data
Berbeda dengan keamanan bisnis, ini merupakan tentang keamanan data pelanggan Anda. Jangan sampai data pelanggan ini disebarkan dan disalahgunakan tanpa seizin mereka. Jika pelanggan mengetahui hal ini, bukan tidak mungkin mereka akan menuntutnya.

Peningkatan Sistem
Setelah sistem dikembangkan, tanggung jawab upgradation ad hoc dengan interval sesuai. Jika ini tidak terjadi, perputaran situs akan menjadi miskin. Untuk meningkatkan kinerja situs dan menarik pelanggan online yang baik, mengikuti perkembangannya sangat penting. Meskipun, beberapa situs mungkin menganggap ini sebagai fitur yang tidak perlu.

E-bisnis memang memiliki pro dan kontra. Namun, pada akhirnya, setiap bisnis baik sebagian atau seluruhnya harus mengubah modus operandinya, dan mengadopsi praktik e-bisnis untuk memastikan kelangsungan hidup dan kesuksesan bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel