Keuntungan dan Kerugian Dar Perdagangan Elektronik


Perdagangan elektronik atau e-commerce, mengacu pada aktivitas bisnis seperti membeli dan menjual produk dan layanan yang dilakukan melalui sistem elektronik seperti Internet dan jaringan komputer. e-commerce telah terbukti menjadi alternatif yang cocok untuk orang-orang yang ingin berbelanja dan bertransaksi dari batas-batas rumah mereka. Namun, ada tantangan tertentu mengenai keamanan informasi rahasia pelanggan yang perlu dijaga.


Sejarah e-commerce
Tahun 1970, ketika untuk pertama kalinya, pertukaran data elektronik (EDI) dan transfer dana elektronik diperkenalkan. Sejak itu, pertumbuhan pesat e-commerce telah meliputi hampir setiap aspek bisnis seperti manajemen, pemrosesan transaksi, pemasaran Internet, dan manajemen inventaris.

Namun seperti bisnis konvensional lainnya, perdagangan elektronik juga dicirikan oleh beberapa kelebihan dan kekurangan yang melekat. Mari kita lihat beberapa keuntungan dan kerugian penting dari perdagangan elektronik ini.

Keuntungan

Jangkauan Global


Keuntungan terbesar dan terpenting dari e-commerce, adalah memungkinkan bisnis atau individu untuk mencapai pasar global. Ini melayani tuntutan pasar nasional dan internasional, karena kegiatan bisnis Anda tidak lagi dibatasi oleh batas-batas geografis. Dengan bantuan perdagangan elektronik, bahkan perusahaan kecil dapat mengakses pasar global untuk menjual dan membeli produk dan layanan.

Buka 24/7


Bahkan pembatasan waktu tidak ada saat melakukan bisnis, karena e-commerce memberdayakan seseorang untuk melakukan transaksi bisnis 24 jam sehari dan bahkan pada hari libur dan akhir pekan. Ini pada gilirannya secara signifikan akan meningkatkan penjualan dan laba.

Penawaran yang Lebih Baik untuk Pelanggan


Perdagangan elektronik memberi pelanggan peluang untuk mencari produk yang lebih murah dan berkualitas. Dengan bantuan e-commerce, konsumen dapat dengan mudah meneliti produk tertentu dan kadang-kadang bahkan menemukan pabrikan asli untuk membeli produk dengan harga jauh lebih murah daripada yang dikenakan oleh grosir.

Tidak ada kerumitan Belanja konvensional


Perdagangan online juga menawarkan pembeli berbagai produk dan layanan yang lebih luas untuk dipilih, dibandingkan dengan belanja konvensional, tanpa kerumitan menyeret sekitar tas belanja berat dan terjebak dalam kemacetan lalu lintas yang berantakan, yang ternyata lebih nyaman dan menghemat waktu . Selain itu, orang-orang juga menemukan ulasan diposting oleh pelanggan lain, tentang produk yang dibeli dari situs e-commerce tertentu, yang dapat membantu membuat keputusan pembelian.

Biaya yang lebih rendah untuk Bisnis
  • Untuk urusan bisnis, e-commerce secara signifikan mengurangi biaya yang terkait dengan pemasaran, layanan pelanggan, pemrosesan, penyimpanan informasi, dan manajemen inventaris.
  • Ini mengurangi periode waktu yang terlibat dengan rekayasa ulang proses bisnis, kustomisasi produk untuk memenuhi permintaan pelanggan tertentu, meningkatkan produktivitas dan layanan perawatan pelanggan.
  • Perdagangan elektronik mengurangi beban infrastruktur untuk melakukan bisnis seperti pengaturan toko fisik dan dengan demikian meningkatkan jumlah dana yang tersedia untuk investasi yang menguntungkan.
  • Ini juga memungkinkan layanan layanan pelanggan yang efisien dengan mengumpulkan dan mengelola informasi terkait dengan perilaku pelanggan, yang pada gilirannya membantu mengembangkan dan mengadopsi strategi pemasaran dan promosi yang efisien.
Kekurangan

Keaslian dan Keamanan
  • Karena kurangnya kepercayaan, sejumlah besar orang tidak menggunakan Internet untuk segala jenis transaksi keuangan.
  • Banyak orang yang keberatan tentang persyaratan untuk mengungkapkan informasi pribadi untuk masalah keamanan.
  • Beberapa orang hanya menolak untuk mempercayai keaslian transaksi bisnis yang sepenuhnya impersonal, seperti dalam kasus e-commerce.
Memakan waktu
Jangka waktu yang diperlukan untuk mengirimkan produk fisik juga bisa sangat signifikan dalam kasus e-commerce. Oleh karena itu tidak cocok untuk komoditas yang mudah rusak seperti makanan. Banyak panggilan telepon dan e-mail mungkin diperlukan sampai Anda mendapatkan produk yang Anda inginkan.

Tidak nyaman
Orang lebih suka berbelanja dengan cara konvensional daripada menggunakan e-commerce untuk membeli produk makanan dan benda-benda yang perlu dirasakan dan disentuh sebelum benar-benar melakukan pembelian.

Jadi e-commerce tidak cocok untuk sektor bisnis seperti itu. Namun, mengembalikan produk dan mendapatkan pengembalian dana dapat menjadi lebih merepotkan dan menghabiskan waktu, jika Anda tidak puas dengan produk tertentu.

Jadi, mengevaluasi berbagai pro dan kontra perdagangan elektronik, kita dapat mengatakan bahwa keuntungan dari e-commerce memiliki potensi untuk mengalahkan kerugiannya. Strategi yang tepat untuk mengatasi masalah teknis dan untuk membangun kepercayaan pelanggan dalam sistem dapat mengubah skenario saat ini dan membantu e-commerce beradaptasi dengan kebutuhan dunia yang berubah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel