Apa Penyebab Inflasi?

Inflasi dapat terjadi karena sejumlah alasan seperti permintaan berlebih, lebih banyak orang yang memiliki uang sehingga menyebabkan naiknya permintaan, kebijakan fiskal negara, dll. Ketika ada kenaikan tingkat harga umum untuk semua barang dan jasa, itu dikenal sebagai inflasi.

Pergerakan inflasi bisa karena kenaikan harga tunggal atau sekelompok harga barang dan jasa terkait. Dengan kata sederhana Anda bisa mengatakan itu terjadi ketika permintaan total barang dan jasa dalam ekonomi melebihi pasokan yang sama. Ketika pasokan kurang, harga barang dan jasa ini akan naik yang mengarah ke situasi yang disebut inflasi.


Penyebab Inflasi
Namun, tidak ada satu penyebab tunggal dan beberapa penyebab utama tercantum di bawah ini.
  • Jika biaya produksi barang dan jasa meningkat, harga produk akhir juga akan meningkat. Ini bisa menyebabkan inflasi.
  • Ketika bisnis rumah dan industri meningkatkan harga barang dan jasa mereka untuk meningkatkan margin keuntungan mereka, itu dapat menyebabkan inflasi. Jenis inflasi ini dikenal sebagai inflasi harga yang diatur. Dalam hal ini, rumah bisnis memiliki kekuatan harga barang dan jasa mereka masing-masing.
  • Ketika ada peningkatan pendapatan masyarakat, itu dapat menyebabkan peningkatan permintaan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan inflasi.
  • Ketika ada peningkatan harga barang dan jasa yang dihasilkan oleh bagian tertentu dari suatu industri, inflasi kemungkinan akan terjadi. Alasannya adalah semua industri yang terkait dengan bagian industri itu akan menaikkan harga barang dan jasa mereka. Sebagai contoh, peningkatan biaya minyak mentah dapat menyebabkan naiknya harga tiket pesawat dan kereta api.
  • Suatu jenis inflasi yang terjadi selama atau segera setelah perang dikenal sebagai hiperinflasi. Ini sering berumur pendek dan kadang-kadang dikenal sebagai inflasi berderap.
  • Stagflasi adalah jenis lain, yang terjadi ketika ekonomi menghadapi tingkat pengangguran yang tinggi dan stagnasi ekonomi.
Apakah itu baik untuk ekonomi atau tidak tergantung pada jenis dan penyebabnya. Inflasi tidak selalu buruk. Karena ini dapat mempengaruhi orang-orang dari berbagai strata dengan cara yang berbeda. Inflasi juga dapat terjadi pada saat resesi, depresi ekonomi, dan krisis keuangan.

Load comments