Minggu, 16 Juni 2019

Tips Untuk Kamu yang Bingung Memilih Jurusan Kuliah

Gelar sarjana menggairahkan semua orang ketika kita berada di sekolah menengah. Tetapi hal itu juga menciptakan kecemasan dan kebingungan yang sama banyaknya. Menjalani kehidupan yang terlindungi di lingkungan sekolah, dan itu sama sekali berbeda dari tantangan yang akan dihadapi ketika di Perguruan Tinggi. Hal pertama yang membawa kegugupan adalah pertanyaan tentang tingkat yang harus dituju, dan jurusan yang harus dipilih. Artikel ini akan membantu Anda untuk menemukan di mana minat Anda dan bagaimana membuat keputusan yang tepat.


Jurusan dalam bidang berarti memperoleh spesialisasi dalam disiplin khusus itu. Kolese menawarkan berbagai macam kursus, tetapi memilih mata pelajaran tertentu adalah murni pilihan Anda. Anda perlu mengintrospeksi dan mencari tahu minat Anda sebelum menuju jalur pengembangan karier. Segmen berikut akan membantu Anda dengan pertimbangan yang harus dibuat sebelum membuat keputusan.

Apa jurusan yang harus saya ambil? 
Itu tentu pertanyaan besar karena keputusan khusus ini akan sangat membantu mengamankan masa depan Anda. Fokus pada faktor-faktor di bawah ini dan itu harus menjadi alat untuk menentukan jurusan Anda.

Analisis Diri
Analisis diri menyiratkan peninjauan kekuatan intelektual Anda untuk perencanaan karir yang konstruktif. Anda harus mulai dengan memikirkan subjek yang paling membuat Anda terpesona, subjek yang sangat Anda sukai. Semakin Anda berpikir, minat Anda akan disederhanakan dan Anda akan dapat mengambil keputusan yang tepat. Prediksi kesuksesan akademis masa depan Anda dengan subjek yang akhirnya Anda pilih.

Hindari Tekanan
Jangan mengambil keputusan apa pun di bawah pengaruh. Tekanan orang tua dan teman sebaya sangat jelas. Jika demikian situasinya, buat orang tua Anda mengerti dengan justifikasi yang tepat. Anda mungkin memperoleh lebih sedikit nilai pada subjek favorit Anda dibandingkan dengan subjek lainnya, sehingga orang tua Anda mungkin ingin Anda melanjutkan sesuatu yang lain. Dalam situasi seperti itu, Anda perlu mengekspresikan pendapat Anda di depan mereka dan mengklarifikasi minat Anda, hal ini baik untuk mengambil nasihat mereka karena mereka lebih berpengalaman dengan kehidupan daripada Anda dan dapat menawarkan beberapa nasihat asli, tetapi Anda akhirnya harus memutuskan sendiri setelah mempertimbangkan semua faktor lain.

Nasihat
Jika Anda bingung dan tidak melihat jalan keluar, mintalah saran dari konselor karier. Ada banyak sumber profesional yang menawarkan bimbingan karier. Konselor perguruan tinggi juga sangat membantu. Mereka akan memberi Anda rincian yang diperlukan tentang kursus profesional dan peluang karier yang mungkin. Internet adalah tempat lain untuk mencari bimbingan, di mana orang-orang dari semua lapisan masyarakat dengan pengalaman yang kaya dan beragam dapat membantu Anda memutuskan, dengan contoh dan masukan dari pengalaman pribadi dan orang lain.

Jadilah Informatif
Tidak semua perguruan tinggi memiliki semua disiplin ilmu, mata pelajaran atau jurusan yang tersedia. Sebelum memilih jurusan kuliah, Anda perlu mengumpulkan informasi terperinci tentang jenjang yang ditawarkan oleh mereka. Anda harus melakukan pencarian terperinci melalui Internet untuk membuat Anda sadar akan perguruan tinggi terbaik yang memiliki program studi yang ingin Anda kejar. Pilihan lainnya adalah berbicara dengan perekrut dan penasihat.

Ketahui Diri Anda
Disebutkan di bawah ini adalah tes analisis diri yang akan membantu Anda untuk mengetahui lebih banyak tentang diri Anda dan kemudian menimbang pilihan. Coba jawab pertanyaan ini dan temukan jawabannya.
  • Tugas seperti apa yang paling Anda sukai?
  • Mata pelajaran apa yang paling Anda kuasai?
  • Bagaimana Anda sebagai mahasiswa? Cerdas, susah payah, santai, malas?
  • Subjek mana yang paling menarik bagi Anda?
  • Apa motif sebenarnya untuk kuliah?
  • Dalam mata pelajaran apa Anda berupaya maksimal selama ujian sekolah menengah?
  • Dalam subjek apa Anda melakukan yang terbaik?
  • Seberapa ketat persyaratan utama Anda?
  • Mengapa Anda ingin mengambil jurusan itu?
Setelah Anda menjawab ini, tuliskan di selembar kertas dan cobalah untuk membuat rencana. Dapatkan setiap detail tentang pilihan karier Anda. Ini termasuk prospek masa depan, peluang kerja, pertumbuhan dan prospek penelitian. Ambil keputusan bijak dan lakukan segala upaya untuk mencapai apa yang telah Anda rencanakan untuk diri sendiri.
Baca Juga