Jumat, 28 Juni 2019

Perbedaan Dasar Antara Data dan Informasi

Data dan informasi mungkin merupakan istilah yang saling terkait tetapi tentu saja ini tidak berarti hal yang sama. Jika Anda memiliki masalah dalam memutuskan kapan dan di mana untuk menggunakan yang mana, maka artikel ini mungkin dapat untuk memahami perbedaan antara keduanya.


Tahukah kamu? 
Otak manusia saat ini adalah satu-satunya tempat di mana 'pengetahuan' yang berasal dari data dan informasi dapat disimpan. Data ada dalam semua jenis dan bentuk. Ini termasuk, data besar, data kecil, data terenkripsi, dll. Namun secara bersamaan, keduanya dikatakan sebagai bagian dari teknologi informasi. Jadi, apakah ini berarti bahwa data dan informasi adalah satu dan sama? tentu tidak.

Sebelum kedatangan komputasi modern, perbedaan antara data dan informasi didefinisikan dengan jelas. Kedua istilah memiliki asal kuno dan digunakan untuk menggambarkan entitas yang sama sekali berbeda. Namun dalam istilah komputer saat ini, istilah ini digunakan dapat dipertukarkan, dan karenanya tidak mengherankan bahwa hanya sedikit yang bisa membedakannya.

Pada bagian berikut, kita akan mempelajari apa yang dimaksud dengan data dan informasi, baik dalam penggunaan normal maupun di dunia komputer. Kami juga akan melihat perbedaan di antara keduanya.

Data
kata berasal dari "datum" kata Latin tunggal yang berarti 'sesuatu yang diberikan'. Data dapat dianggap sebagai jamak datum. Data hanyalah sepotong-sepotong informasi tentang sesuatu, tetapi tidak seluruh informasi yang diperlukan itu sendiri.


Data dapat tersedia dalam bentuk angka, huruf, diagram, atau serangkaian karakter. Dalam bentuk mentahnya, data biasanya dikumpulkan melalui berbagai teknik pengukuran dan dimasukkan ke dalam prosesor dan komputer yang mengaturnya menjadi cara yang terstruktur seperti tabel, grafik dll. Data mentah ini yang cukup berguna dengan sendirinya kemudian dapat dianalisis dan diproses oleh komputer dan dikonversi menjadi informasi yang bermanfaat.

Informasi 
Informasi adalah kata yang berasal dari Prancis kuno dan Inggris Tengah. Ini mengacu pada tindakan mengatakan atau memberi informasi. Dalam terminologi hari ini, informasi dapat digambarkan sebagai tindakan berkomunikasi atau menerima fakta tentang seseorang maupun sesuatu.

Informasi diperoleh dari akumulasi data. Ini terjadi ketika data yang dikumpulkan disusun dalam format yang sesuai dan dianalisis oleh komputer yang diproses oleh manusia. Jadi pada dasarnya, komputer membutuhkan data mentah untuk diproses, sementara manusia membutuhkan data yang diproses yaitu informasi, untuk mendapatkan suatu pengetahuan.


Perbedaan Antara Data dan Informasi

Contoh sederhana:
Pada bagian di atas, kami mempelajari arti istilah data dan informasi secara individual. Jelas data dan informasi saling terkait, karena membedakan di antara keduanya mungkin tidak mudah. Untuk membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan antara data dan informasi, mari kita lihat contoh sederhana.

Pertimbangkan bahwa Anda telah diberi tugas untuk melakukan survei terhadap semua orang yang tinggal di lingkungan Anda. Anda berkeliling dari rumah ke rumah dan mencatat nama, detail kontak, pekerjaan, dll., Dari setiap orang yang tinggal di sana. Pada akhir itu Anda akan memiliki perincian yang mungkin terdiri dari seratus atau bahkan ribuan orang. Rincian yang dikumpulkan ini dikenal sebagai 'data' survei.

Sekarang, jika misalnya Anda diminta untuk mencari tahu jumlah insinyur di wilayah Anda, Anda akan menganalisis data yang telah Anda kumpulkan, memeriksa pekerjaan setiap orang untuk memilah semua insinyur dari antara mereka dan menambahkannya untuk mendapatkan sebuah angka. Nomor ini mewakili total insinyur di lingkungan Anda, angka atau nomor tersebut dikenal sebagai 'informasi'.

Perbedaan Antara Data dan Informasi dalam Ilmu Komputer 
Tabel berikut ini menyoroti perbedaan antara data dan informasi sesuai dengan penggunaannya masing-masing dalam sistem manajemen basis data dan dalam ilmu komputer.

DataInformasi
Data mewakili input yang diberikan ke komputer.Informasi mewakili output yang diperoleh dari sistem ini.
Data terdiri dari fakta mentah yang belum diproses.Informasi adalah data yang telah diproses.
Data tidak tergantung pada informasi.Informasi tergantung pada data.
Data tidak spesifik.Informasi sangat spesifik.
Data yang dikumpulkan dengan sendirinya tidak ada artinya.Informasi yang berasal dari data memiliki beberapa arti.
Data adalah bahan mentah.Informasi adalah hasil akhir.

Contoh Data dan Informasi
  1. Jumlah total pengunjung ke situs web dari seluruh dunia adalah data. Mencari tahu berapa banyak lalu lintas yang berasal dari satu negara tertentu adalah informasi.
  2. Jumlah penjualan yang dilakukan oleh semua karyawan dalam suatu organisasi adalah data. Menganalisisnya untuk menentukan salah satu dari mereka yang melakukan yang terbaik adalah informasi.
  3. Persetujuan suatu obat oleh Dinas Kesehatan adalah hasil dari informasi tentang keamanan dan keefektifannya yang berasal dari banyak data yang dikumpulkan tentang hal itu melalui berbagai uji klinis.
  4. Penelitian yang dilakukan untuk menulis artikel dapat disebut sebagai pengumpulan data. Artikel itu sendiri merupakan informasi yang dihasilkan melalui data yang sudah disusun.
Jadi, sebagai kesimpulan data dan informasi mewakili dua hal terpisah yang tidak boleh disalahartikan satu sama lain. Data adalah kumpulan potongan-potongan fakta, sedangkan informasi adalah sesuatu yang diperoleh setelah memproses data.
Baca Juga