Senin, 10 Juni 2019

Perbedaan Antara Pelapukan dan Erosi

Meskipun 'pelapukan' dan 'erosi' mengacu pada proses geologis yang berbeda, kedua istilah tersebut sering dianggap serupa.

Apa itu Pelapukan?
Pelapukan adalah proses yang melibatkan dekomposisi fisik atau kimia atau pemecahan batuan, tanpa mengubah posisi aslinya di atau dekat permukaan bumi.


Dua jenis utama pelapukan meliputi pelapukan fisik dan pelapukan kimiawi. Faktor pelapukan biologis terlibat dalam kedua proses ini.

Pelapukan fisik, juga dikenal sebagai pelapukan mekanis, mengacu pada proses di mana ada kerusakan batuan dan materi lainnya tanpa menyebabkan perubahan komposisi.

Pelapukan kimia mengacu pada proses di mana ada kerusakan batuan dan materi lainnya dengan perubahan komposisi kimianya. Perubahan ini disebabkan oleh air dan zat terlarut lainnya yang bereaksi secara kimia dengan batuan atau bahan lainnya.

Apa itu Erosi?
Erosi adalah proses yang melibatkan pemindahan atau pemindahan batu dan sedimen dari posisi aslinya di permukaan bumi oleh air, angin, es, atau gravitasi. Aktivitas manusia juga cenderung mempercepat erosi.


Berbagai jenis erosi adalah erosi air, erosi angin, erosi gletser atau es, erosi pantai atau laut, erosi tanah, dan erosi gravitasi.

Erosi Air : Ini adalah proses di mana material dari permukaan bumi terbawa atau dihilangkan oleh air.
Erosi Angin : Ini mengacu pada proses dimana material dari permukaan bumi terbawa atau dihilangkan oleh angin.
Erosi Gletser : Ini adalah proses di mana material dari permukaan bumi terbawa atau dihilangkan oleh aksi es atau gletser.
Erosi Pesisir : Ini mengacu pada keausan atau pembuangan sedimen atau bahan di sepanjang garis pantai oleh air laut, gelombang destruktif, angin kencang, dll.
Erosi Tanah : Ini adalah proses di mana tanah terbawa atau dihilangkan oleh angin atau air, atau berbagai faktor lainnya.
Erosi Gaya Berat (Gravitasi) : Ini adalah pergerakan lereng batuan atau materi yang disebabkan oleh gaya gravitasi.

Pelapukan dan Erosi
PelapukanErosi
Definisi
adalah penguraian atau penguraian batu atau material lain tanpa mengubah posisi aslinya.adalah perpindahan atau pemindahan batu atau sedimen lain dari posisi semula.
Gerakan
Pelapukan tidak melibatkan pergerakan batu atau bahan lain, dan dengan demikian, merupakan proses statis.Erosi melibatkan gerakan atau terbawa batu dan material lainnya, dan dengan demikian, merupakan proses yang dinamis.
Penyebab
Pelapukan disebabkan oleh kontak langsung dengan kondisi atmosfer seperti udara, tekanan, dll.Erosi disebabkan oleh faktor seperti air, angin, es, aktivitas manusia, dll.
Jenis
Dua jenis utama adalah pelapukan fisik dan pelapukan kimia. Namun, ada satu jenis lagi yaitu pelapukan biologis yang dapat menjadi komponen dari proses pelapukan fisik dan kimia.Erosi air, erosi angin, erosi es, erosi tanah, erosi pantai, dan erosi gravitasi adalah jenis erosi utama.
Contohnya
  • Ketika akar tanaman tumbuh menjadi retakan, itu akan menciptakan tekanan pada batuan di sekitarnya. Karena tekanan dari akar yang tumbuh, batu itu akan pecah. Ini adalah contoh pelapukan.
  • Hujan asam dapat menyebabkan pelapukan kimiawi sebuah patung.
  • Pemukulan ombak yang berulang-ulang dapat menyebabkan kerusakan bongkahan batu, yang selanjutnya menyebabkan perpindahannya. Ini adalah contoh erosi.
  • Pergerakan batuan pada permukaan miring karena gravitasi adalah contoh erosi gravitasi.
Meskipun pelapukan umumnya diikuti oleh erosi, penting untuk mengetahui bahwa proses ini juga dapat terjadi secara sendirinya.
Baca Juga