Minggu, 09 Juni 2019

Apa itu Pengusaha?

Pengusaha melibatkan pengambilan risiko bisnis tertentu, perencanaan yang tepat dan menjadi kreatif. Berikut ini kita lihat apa itu pengusaha.


Pengusaha adalah seseorang yang mengambil risiko memulai bisnis baru atau menciptakan produk baru. Pengusaha sering bekerja di ceruk pasar kecil untuk menciptakan produk atau layanan baru. Mengapa pengusaha mengambil risiko ini? Jawaban yang paling jelas adalah uang. Pengusaha sama seperti setiap orang lain, membutuhkan uang untuk bertahan hidup. Namun, mereka memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu yang berbeda dari setiap orang lain. Mereka cenderung berpikir kreatif. Mereka menyukai tantangan dan risiko usaha bisnis baru.

Tidak semua orang yang memulai bisnis adalah seorang pengusaha. Beberapa orang memulai bisnis untuk memisahkan antara pekerjaan. Atau, beberapa memulai bisnis atas saran orang lain. Mungkin seorang akuntan memberi tahu Anda tentang potensi penghematan pajak dari memulai bisnis Anda sendiri. Pengusaha memulai bisnis berdasarkan hasrat untuk mimpi dan visi. Mereka sering menemukan ide bisnis baru dengan mencoba memecahkan masalah lama dengan cara baru.

Manfaat Menjadi Pengusaha
Ada banyak manfaat menjadi seorang pengusaha. Sebagai pengusaha, Anda adalah bos Anda sendiri. Anda membuat keputusan sendiri dan tidak perlu menjawab kepada manajer atau atasan. Ini juga salah satu hal yang membuat kewirausahaan sulit karena itu berarti terserah Anda untuk mencari tahu bagaimana membuat bisnis berhasil. Anda memiliki kesempatan untuk menghasilkan uang dengan melakukan sesuatu yang Anda sukai, daripada terjebak dalam pekerjaan yang tidak Anda sukai hanya untuk memenuhi kebutuhan.

Menjadi seorang pengusaha memungkinkan Anda untuk menciptakan keamanan pekerjaan Anda sendiri. Terserah Anda untuk membuat bisnis Anda sukses. Pengusaha membuat keputusan bisnis sendiri. Anda dapat meminta nasihat dari pemilik bisnis lain, atau karyawan jika Anda memilikinya, tetapi pada akhirnya, setiap keputusan tentang bisnis Anda jatuh di pundak Anda. Anda harus membayar harga untuk keputusan bisnis yang buruk, tetapi Anda juga mendapatkan imbalan dari yang baik.

Apa yang Membuat Pengusaha Sukses?
Pengambilan risiko hanyalah salah satu kualitas yang harus dimiliki seorang pengusaha untuk menjadi sukses.

Keterampilan merupakan perencanaan yang baik.
Pepatah umum mengatakan, "Kegagalan merencanakan adalah rencana untuk gagal." Memang, kurangnya rencana bisnis adalah salah satu alasan mengapa banyak bisnis kecil tidak berjalan terlalu lama. Pengusaha sukses meluangkan waktu untuk merencanakan usaha bisnis mereka sebelum mengambil risiko.

Keterampilan bernegosiasi yang bagus.
Pengusaha selalu bernegosiasi, tidak hanya dengan pelanggan, tetapi juga dengan orang lain yang merupakan kunci bisnis, seperti pemasok dan pemberi pinjaman. Menjadi negosiator yang berhasil berarti Anda selalu dapat menemukan solusi di mana semua orang menang. Tidak ada yang berjalan menjauh dari kesepakatan itu, merasa mereka dimanfaatkan. Dengan cara ini, Anda akan menciptakan jenis hubungan yang membuat bisnis Anda berjalan dalam jangka panjang.

Mendelegasikan pekerjaan yang tepat kepada orang yang tepat.
Ketika bisnis kecil mulai tumbuh, menjadi semakin sulit bagi wirausahawan untuk bekerja sendiri. Anda harus mempekerjakan orang untuk membantu Anda melakukan beberapa tugas bisnis. Jika tidak, kualitas pekerjaan mungkin menurun karena Anda mencoba melakukan pekerjaan yang tidak Anda miliki waktu atau keterampilan yang sesuai untuk diselesaikan. Lebih buruk lagi, bisnis Anda bisa gagal.

Memeriksa pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain.
Itu tidak cukup untuk mendelegasikan tugas dan melupakannya. Sebagai seorang wirausahawan, pada akhirnya Anda tetap bertanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukan untuk bisnis Anda. Jadi, Anda harus memastikan pekerjaan yang Anda tugaskan selesai tepat waktu, sesuai biaya, dan pada kualitas yang Anda harapkan. Pastikan karyawan Anda memiliki keterampilan, uang, dan waktu yang mereka butuhkan untuk memberikan apa yang telah Anda tetapkan.
Baca Juga