Sabtu, 08 Juni 2019

Apa itu Internet Banking?

Internet banking adalah cara termudah untuk melakukan transaksi perbankan. Di sini kami menguraikan konsep internet banking.


Internet banking digunakan secara luas oleh massa, dan memiliki banyak manfaat yang ditawarkan. Saat ini, semua bank menyediakan fasilitas ini kepada pelanggan mereka sebagai keuntungan tambahan.

Internet banking telah membuka pintu bagi pelanggan untuk melakukan aktivitas di luar batas. Saat ini, orang-orang sangat sibuk dengan pekerjaan mereka, mereka tidak punya waktu untuk pergi ke bank. Internet banking memungkinkan orang untuk melakukan sebagian besar transaksi mereka menggunakan situs web yang aman dan dioperasikan oleh masing-masing bank.

Layanan ini menyediakan banyak fitur dan fungsi bagi pelanggan untuk melihat saldo akun, mentransfer uang dari akun mereka ke yang lain (di masing-masing bank atau lainnya), mendapatkan ringkasan akun, dll.

Manfaat Internet Banking
  • Dalam prosedur ini, banyak transaksi keuangan dapat dilakukan hanya dengan menggunakan komputer atau smartphone dengan koneksi internet.
  • Hal-hal penting yang dibutuhkan seseorang untuk menggunakan internet banking adalah, rekening bank aktif dengan saldo di dalamnya untuk transaksi, debit atau nomor kartu kredit, nomor pelanggan, nomor rekening bank, nomor PIN internet banking, dan perangkat dengan akses ke web.
  • Orang yang menggunakan Internet banking tentu diuntungkan oleh layanan online yang diberikan kepada mereka oleh masing-masing bank. 
  • Alasan utama mengapa begitu terkenal dan banyak digunakan adalah karena pelanggan diizinkan untuk melakukan transaksi bank pada jam non-kerja.
  • Bank menciptakan antarmuka perbankan dan situs web mereka dengan cara yang mudah dilihat dan ramah pengguna, yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi keuangan mereka dengan mudah.
  • Jika mereka terjebak dalam proses apa pun saat melakukan transaksi online mereka, bank memiliki fasilitas bermanfaat lain yaitu 'phone banking', di mana pelanggan dapat menghubungi nomor bebas pulsa bank dan mendapatkan bantuan dalam menyelesaikan transaksi mereka.
  • Pembayaran tagihan elektronik, melihat dan mengunduh catatan keuangan, dan transfer uang adalah sebagian dari transaksi umum yang umumnya dilakukan oleh pelanggan. 
  • Semua layanan perbankan online disediakan oleh beberapa bank bebas biaya.
Prosedur
  • Ketika seorang pelanggan melihat situs web bank, ada banyak pilihan layanan yang tersedia, tetapi untuk melaksanakan transaksi kita harus secara wajib masuk ke akun virtualnya. Tanpa melakukan itu, dia tidak akan diizinkan untuk memproses semua transaksi ini.
  • Awalnya, ketika dia membuka akun di bank, kita akan mendapatkan dokumen penting seperti buku cek; dokumen yang memiliki ID pengguna pelanggan, kata sandi internet banking, kata sandi phone banking, dan nomor akun yang disematkan.
  • Dokumen tersebut juga berisi beberapa data rahasia lainnya, kartu kredit atau debit, dan detail kartu. 
  • Situs web akan meminta pengguna untuk memasukkan detail yang diperlukan, seperti kata sandi internet banking dan nomor rekening, dan kemudian akan menampilkan informasi akunnya. Pada tahap ini, kita dapat menjalankan semua fungsi yang tersedia di situs web.
  • Berkenaan dengan otentikasi dan enkripsi kata sandi, keamanan tinggi harus dipertahankan, karena ada kesempatan peretas mendapatkan akses tidak sah ke akun pelanggan dan melakukan malpraktek.
  • Namun, bank-bank juga menjaga sistem keamanan online mereka tetap up-to-date untuk mencegah skenario tersebut. Selain itu, bank juga menyarankan pelanggan mereka untuk mengubah kata sandi secara berkala.
  • Mereka juga menerapkan beberapa langkah keamanan seperti menggunakan ID login unik, kode transaksi, menggunakan dua kata sandi, token keamanan, dll, yang menghasilkan kata sandi yang berubah secara otomatis.
Fasilitas internet banking yang disediakan oleh bank berbeda dari bank ke bank, dan negara ke negara. Untuk mengetahui semua layanan dan proses perbankan online, seseorang harus benar-benar mengacu pada panduan yang disediakan dalam dokumen yang diberikan oleh pihak bank. Selain itu, perawatan yang tepat harus diambil mengenai dokumen rahasia, karena penipuan perbankan harus kita hindari.
Baca Juga