Senin, 03 Juni 2019

10 Komoditas yang Paling Banyak Diperdagangkan di Dunia

Perdagangan komoditas telah ada sejak zaman primitif, dalam bentuk sistem barter. Saat ini, komoditas diperdagangkan untuk mendapatkan keuntungan. Komoditas adalah zat fisik yang dapat dipasarkan yang diproduksi dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Pasar komoditas adalah tempat pembelian dan penjualan produk-produk tersebut terjadi. Sangat menarik untuk dicatat bahwa bukan komoditas aktual yang diperdagangkan di pasar komoditas. Pembeli sebenarnya membeli kontrak komoditas yang mewakili produk. Misalnya, penjual mungkin menawarkan kontrak, untuk kualitas kopi tertentu dengan tarif tertentu pada tanggal pengiriman berikutnya.

Tujuan utama di balik perdagangan komoditas adalah untuk melindungi nilai dari fluktuasi harga komoditas. Komoditas dapat berkisar dari bahan baku seperti gula, kacang-kacangan, kopi dll, hingga logam mulia dan semi mulia seperti emas, tembaga, perak, dll. Dan instrumen keuangan seperti obligasi dan saham.

commoditytrademantra.com

10 Komoditas yang Paling Banyak Diperdagangkan di Dunia :

Minyak Mentah
Minyak mentah adalah komoditas yang relatif baru dibandingkan dengan logam mulia seperti emas, perak dll. Secara alami, minyak ini adalah campuran komposit dari berbagai hidrokarbon dan mengalami berbagai proses destilasi hingga mencapai bentuk yang dapat digunakan. Minyak mentah juga disebut minyak bumi dan sering disebut sebagai 'emas hitam'. Karena, itu adalah sumber daya yang tidak terbarukan dengan kehadiran yang terbatas, minyak mentah juga merupakan salah satu komoditas yang paling mahal dan fluktuatif yang diperdagangkan.

Kopi
Menurut The Fairtrade Foundation, dalam 40 tahun terakhir, konsumsi kopi global telah meningkat 100%; diperkirakan pada tahun 2019, konsumsi akan menjadi sekitar 9,09 juta ton. Jadi, tidak mengherankan bahwa kopi adalah komoditas kedua yang paling dicari di dunia.

Gas Alam
Salah satu sumber utama energi untuk kegiatan kita sehari-hari, gas alam telah mengukuhkan posisinya sebagai salah satu komoditas paling diperdagangkan di dunia. Ini adalah campuran gas hidrokarbon yang terdiri dari metana dan nitrogen, bersama dengan jumlah karbon dioksida, hidrogen sulfida, dan hidrokarbon lainnya yang bervariasi. Ini juga merupakan bahan bakar fosil yang paling bersih dan salah satu pilihan bahan bakar yang layak untuk masa depan.

Emas
Emas adalah salah satu logam yang sangat berharga dan dicari. Ini adalah bentuk investasi yang andal dan telah menjadi simbol kekayaan dan kemakmuran sejak zaman kuno. Dalam beberapa tahun terakhir, sekitar 2.500 metrik ton emas ditambang rata-rata setiap tahun. Dipercayai bahwa jika semua emas yang telah ditambang di dunia diletakkan di satu tempat, maka emas tersebut akan menempati ruang kubus setinggi 60 kaki. Dalam hal emas, India adalah konsumen emas tertinggi diikuti oleh Cina.

Minyak Brent
Minyak Brent adalah minyak kedua yang paling banyak diperdagangkan setelah minyak mentah. Ditemukan di Laut Utara, banyak digunakan di Eropa dan Afrika. Minyak ini digunakan sebagai patokan untuk mengklasifikasikan minyak lainnya. Minyak mentah diklasifikasikan berdasarkan kandungan belerang. Yang dengan kandungan sulfur lebih dari 0,5% adalah minyak mentah asam. Karena kandungan belerang dalam minyak brent adalah 0,37%, itu diklasifikasikan sebagai minyak mentah manis. Perdagangan minyak Brent pertama kali dimulai di International Petroleum Exchange, London, tetapi kemudian beralih ke IntercontinentalExchange (ICE).

Perak
Perak adalah logam mulia lain yang telah diperdagangkan sejak zaman kuno. Karena merupakan konduktor listrik dan termal terbaik, perak juga digunakan dalam banyak aplikasi industri, seperti sakelar, konduktor, dan sekering. Pada tahun 1971, harga perak naik secara signifikan setelah AS memutuskan untuk menjauh dari standar emas. Itu juga periode ketika perak mengkonsolidasikan posisinya sebagai logam mulia di pasar perdagangan.

Gula
Siapa yang suka atau juga tidak suka gula? Tidak ada bagian di dunia di mana gula tidak diperdagangkan. Penjajah Inggris sering menyebutnya sebagai 'emas putih' karena keuntungan dari perdagangan gula sangat tinggi. Saat ini, produsen gula terbesar adalah Brasil.

Jagung
Sering disebut sebagai 'emas kuning', jagung dapat ditanam dalam kondisi iklim yang beragam dan karenanya, jagung adalah salah satu tanaman yang paling banyak ditanam di dunia. Ada dua jenis jagung: jagung manis dan jagung ladang. Jagung manis digunakan untuk konsumsi manusia, sedangkan jagung ladang digunakan untuk keperluan industri dan pakan ternak. Jagung diperkirakan telah dibudidayakan sejak 12.000 tahun.

Gandum
Gandum adalah salah satu biji-bijian makanan paling penting di dunia dan tanaman ketiga yang paling banyak dibudidayakan setelah beras dan jagung. Gandum digunakan dalam banyak makanan, seperti roti, kue, pasta, mie, dan permen. Tidak mengherankan bahwa gandum adalah salah satu komoditas yang paling disukai di dunia. Sekitar dua pertiga dari produksi gandum dunia digunakan untuk konsumsi manusia, sedangkan sisanya digunakan untuk pakan ternak, keperluan industri, dll.

Kapas
Kapas adalah serat alami yang paling banyak digunakan di dunia. Kapas telah dibudidayakan di India sejak hampir 6000 tahun. Itu sangat menarik bagi Inggris selama abad ke-18. Kapas India kemudian digantikan oleh kapas yang lebih murah dari AS dengan munculnya perdagangan budak di Amerika. Dari pakaian, kertas, obat-obatan hingga jaring ikan dan kosmetik, kapas memiliki sejumlah kegunaan dan karenanya selalu diminati.
Baca Juga