Minggu, 26 Mei 2019

Tahukan Anda Untuk Apa Emas Digunakan?

Saat memikirkan emas, hal pertama yang terlintas di benak seseorang adalah perhiasan. Namun, logam mulia ini juga digunakan di beberapa bidang lainnya, termasuk aerospace dan kedokteran.

Emas adalah salah satu logam mulia yang paling dicari di bumi ini. Emas diperoleh dalam bentuk butir di batuan dan endapan aluvial. Warna kuning emas murni yang cerah memberikan sentuhan berkilau yang menambah keindahan logam.

Semua orang tahu bahwa sebagian besar dari total emas yang diperoleh digunakan untuk membuat perhiasan, tetapi selain perhiasan, emas juga memiliki kegunaan lain.


Penggunaan Emas
Logam mulia ini telah digunakan oleh manusia sejak beberapa abad. Statistik menunjukkan bahwa sekitar 161.000 ton emas telah ditambang oleh manusia seperti sekarang. Secara tradisional terbatas pada perhiasan, emas saat ini berfungsi sebagai komponen vital dari berbagai bidang, termasuk elektronik dan ruang angkasa.

Perhiasan dan Keuangan
Penggunaan emas dalam membuat perhiasan dan transaksi keuangan dimulai sekitar 6000 tahun yang lalu. Sekitar 78% dari total emas yang ditambang hari ini digunakan dalam pembuatan perhiasan.

Berbagai sifat emas, termasuk kilau dan kemampuannya untuk melawan oksidasi di udara dan air menjadikannya pilihan populer ketika membuat ornamen. Paduan emas dengan logam lain, seperti tembaga atau perak meningkatkan daya tahannya yang dikapitalisasi saat membuat perhiasan emas.

Paduan emas ini memiliki nilai rendah dibandingkan dengan bentuknya yang murni. Menjadi portabel dan tahan lama, emas telah digunakan untuk transaksi keuangan sejak lama. Tradisi berlanjut hingga hari ini dengan organisasi yang bergerak di bidang keuangan menjaga emas batangan atau emas murni sebagai cadangan untuk mata uang.

Elektronik
Ini mungkin terdengar mengejutkan, tetapi emas juga digunakan di berbagai perangkat elektronik, mulai dari kalkulator hingga komputer. Bahkan telepon seluler dan televisi yang Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari Anda mengandung sejumlah kecil logam mulia ini.

Emas adalah konduktor listrik yang efisien, dan yang lebih penting emas tidak menimbulkan korosi seperti logam lain yang digunakan dalam perangkat listrik. Emas digunakan dalam konektor, sambungan solder, penghubungkan kabel, dll.

Karena sifatnya menjadi konduktor yang baik, emas digunakan di komputer juga. Dalam sistem komputer, berbagai bagian yang terbuat dari logam ini memfasilitasi transmisi data digital yang akurat dengan kecepatan luar biasa.

Obat
Dalam kedokteran, emas digunakan dalam diagnosis dan perawatan kondisi medis tertentu. Dalam pengobatan kanker misalnya, partikel emas radioaktif yang ditanam di jaringan berfungsi sebagai sumber radiasi. Emas radioaktif juga digunakan dalam diagnosis kondisi medis tertentu.

Dalam lagophthalmos, suatu penyakit yang ditandai oleh ketidakmampuan seseorang untuk menutup matanya, sejumlah kecil emas ditanam di kelopak mata atas untuk membantu orang menutupnya. Menjadi inert secara kimia dan non-alergi, paduan emas digunakan sebagai tambalan, mahkota, dan peralatan ortodontik dalam kedokteran gigi.

Dirgantara
Menjadi sangat bisa diandalkan, emas memiliki beberapa kegunaan dalam teknologi dirgantara. Poliester berlapis emas yang digunakan dalam pesawat ruang angkasa membantu dalam memantulkan radiasi inframerah dan menstabilkan suhu di dalamnya. Ini digunakan karena emas adalah konduktor listrik yang baik.

Dalam pesawat ruang angkasa, emas digunakan untuk melumasi berbagai bagian mekanik, karena pelumas organik hampir tidak ada gunanya dalam ruang hampa udara, di mana radiasi jauh melebihi yang ada di Bumi. Selain kegunaan yang dibahas di atas, emas juga digunakan untuk membuat kaca, medali, artefak perancang, dll.

Bagi semua orang yang berpikir bahwa logam mulia ini hanya digunakan untuk keperluan ornamen, berbagai penggunaannya pastilah mengejutkan.
Baca Juga