Sabtu, 11 Mei 2019

Perbedaan Antara Windows dan Macintosh

Sistem operasi apa yang Anda gunakan di komputer Anda? Jika itu salah satu dari Windows atau Macintosh, tidakkah Anda ingin memahami perbedaannya? Jika Anda mau, Anda harus membaca terus.

 Saya yakin Anda tahu apa itu Mac dan Windows! Ya, mereka adalah dua sistem operasi yang bersaing (OS atau O / S) yang digunakan saat ini. Keduanya telah menimbun popularitas dengan alasan berbeda. Kedua sistem operasi ini memiliki pengikut mereka sendiri. Sebelum memahami perbedaan antara Windows dan Mac, mari kita ketahui keduanya.

Microsoft Windows
Ini adalah sistem operasi perangkat lunak dan antarmuka pengguna grafis yang dikembangkan oleh Microsoft. Setelah diperkenalkan pada tahun 1985, Windows menjadi sangat populer di kalangan pengguna komputer pribadi.


Pengembangannya telah dimulai pada dua rute paralel. Pengembangan pada satu rute dimaksudkan untuk penggunaan pribadi sementara yang lain untuk penggunaan profesional. Versi yang ditujukan untuk penggunaan pribadi menampilkan dukungan multimedia yang lebih besar dan tidak memiliki kemampuan jaringan.

Macintosh
Juga dikenal sebagai Mac, Macintosh mengacu pada nama merek yang mencakup serangkaian komputer pribadi yang dikembangkan oleh Apple Inc. Apple memproduksi perangkat keras Mac dan memiliki sistem operasi sendiri yang dikemas dengan Mac.


Sistem Operasi Mac dapat dibagi menjadi dua kelompok sistem operasi. Salah satunya adalah Mac OS 'Klasik', yang dikirimkan bersama Mac hingga penciptaan Mac OS 9. Keluarga keduanya adalah Mac OS X, yang memperoleh fitur-fiturnya dari Mac OS 9.

Sistem operasi yang saat ini digunakan dikenal sebagai Mac OS X, penerus Mac OS, yang merupakan garis sistem operasi berbasis antarmuka pengguna grafis.

Sekarang Anda telah diperkenalkan ke dua sistem operasi, mari kita lihat perbedaannya.
  • Sistem operasi Windows didasarkan pada bahasa pemrograman DOS sedangkan Mac didasarkan pada Unix. 
  • Windows digunakan secara universal sedangkan Macintosh hanya digunakan pada perangkat keras Apple. Karena Windows digunakan oleh mayoritas pengguna komputer, maka lebih rentan diretas. Macintosh dianggap sebagai sistem operasi yang lebih aman.
  • Windows dikritik karena memiliki jumlah fitur yang lebih sedikit dibandingkan dengan Mac. Selain itu, kurang responsif terhadap jumlah operasi komputasi yang lebih tinggi. Sebaliknya, Macintosh menawarkan serangkaian fitur yang kaya dan kemudahan penggunaan.
  • Sementara Windows berfokus pada fungsi kantor, Macintosh berfokus pada fungsi grafis dan multimedia. Mac dianggap cocok untuk tujuan hiburan, sedangkan Windows paling cocok untuk penggunaan bisnis. Mac populer digunakan untuk mengedit foto dan untuk memutar video dan musik.
  • Fungsi serupa yang dapat dieksekusi pada Macintosh dan Windows berbeda dalam terminologinya. Misalnya, fungsi kunci kontrol di Windows sesuai dengan fungsi tombol perintah pada Mac. Command prompt pada Windows dikenal sebagai Terminal pada Mac.
  • Panel kontrol Windows sesuai dengan System Preferences pada Mac. Macintosh dan Windows berbeda dalam hal navigasi dan manajemen file, pintasan keyboard, dan operasi komputer tertentu lainnya. Juga, kontrol jendela, bilah menu dan tombol mouse berbeda dalam fungsinya di kedua sistem operasi.
Kita melihat bahwa Windows dan Macintosh adalah sistem operasi yang berbeda. Masing-masing dikemas dengan serangkaian kelebihan dan kekurangan dan masing-masing ditujukan untuk bagian pengguna yang berbeda.
Baca Juga