Selasa, 07 Mei 2019

Metode Promosi Pemasaran Terbaik

Slogan 'Pelanggan adalah raja' diikuti oleh setiap bisnis, dan itu memang kebenaran absolut. Bagaimana jadinya jika bisnis tanpa pelanggan? Departemen pemasaran setiap perusahaan berjuang keras untuk memikat pelanggan dan meningkatkan penjualan produk mereka.


Metode promosi adalah strategi pemasaran yang penting dan efisien dari berbagai perusahaan. Sementara jutaan uang dihabiskan untuk metode periklanan, metode pemasaran promosi relatif lebih murah dan bisa lebih efektif.

Pemasaran Promosi
Pemasaran promosi adalah alat bisnis yang dirancang untuk menarik pelanggan untuk membeli produk-produk perusahaan.

Umumnya, pemasaran promosi dilakukan oleh perusahaan untuk meluncurkan produk mereka atau menarik lebih banyak pelanggan potensial.

Sebelum menyusun strategi apa pun untuk pemasaran promosi, perusahaan harus memastikan bahwa mereka mengalokasikan anggaran untuk pemasaran promosi dan menetapkan target yang memberi mereka pengembalian maksimum atas uang yang diinvestasikan.

Strategi Promosi
Pada dasarnya ada dua strategi promosi, yaitu strategi dorong dan strategi tarikan.
Menurut strategi dorong, para pemasar memberikan diskon dan manfaat besar kepada pelanggan sehingga penjualan dapat meningkat secara drastis. Ini adalah salah satu strategi yang paling sukses, dan metode pemberian diskon seringkali berhasil untuk sebagian besar perusahaan. Fokus utama di sini adalah mengurangi biaya iklan.

Strategi tarikan, di sisi lain meminimalkan penggunaan saluran yang berbeda, dan fokus utamanya adalah mengiklankan produk. Tujuannya adalah untuk menciptakan pasar potensial untuk produk-produk perusahaan.

Iklan
Periklanan adalah metode pemasaran promosi yang mahal, di mana produk dibuat untuk menjangkau banyak orang. Misalnya, dengan menggunakan media elektronik, TV, radio. Pengiklan menargetkan audiens dan mencoba membuat dampak pada pelanggan.

Penjualan Pribadi
Salah satu cara tertua dari promosi langsung adalah menjual produk dengan interaksi langsung antara penjual dan pembeli. Ini diyakini sebagai bentuk pemasaran yang paling sulit karena membutuhkan keterampilan persuasi dan keterampilan komunikasi yang baik.

Kontes
Salah satu bentuk metode promosi yang efektif, populer, dan disukai adalah mengatur kontes tertentu untuk pelanggan. Kita semua akan setuju dengan ini bahwa memenangkan hadiah kejutan di pusat perbelanjaan atau toko pakaian memang menyenangkan. Salah satu strategi pemasaran yang paling menarik menyelenggarakan kontes di antara para pelanggan adalah cara yang brilian untuk mempromosikan produk.

Pamflet / Kupon
Dalam upaya untuk menarik lebih banyak pelanggan, perusahaan mendistribusikan kupon dan pamflet tentang produk tersebut. Pelanggan diberikan informasi dasar tentang produk yang baru diluncurkan atau mereka diberikan kupon diskon untuk pembelian beberapa produk tersebut. Kupon membuat rencana pemasaran yang efektif untuk unit bisnis kecil.

Sampel Gratis
Gagasan untuk mendistribusikan produk secara bebas kedengarannya aneh dan gila untuk perusahaan mana pun, namun ada unsur kebenaran tertentu dalam kenyataan bahwa perusahaan pemasaran telah memperoleh promosi besar melalui gagasan sampel gratis. Meskipun tidak logis untuk hanya mendistribusikan produk Anda, Anda dapat menyusun strategi sedemikian rupa sehingga gagasan sampel gratis tidak menimbulkan kerugian bagi perusahaan Anda.

Ketika mengevaluasi berbagai metode promosi dalam pemasaran, orang harus menyadari bahwa strategi ini tidak menetapkan formula atau resep untuk peluncuran yang sukses dan akhirnya penjualan produk yang tinggi. Tidak diragukan lagi, strategi ini efektif tetapi ada berbagai kekuatan pasar yang dapat mempengaruhi prospek penjualan perusahaan.
Baca Juga