Cara Mengganti Nada Dering Whatsapp di Android dan iPhone

Whatsapp icon application

Ketika Anda sedang bersantai-santai entah sambil menonton acara favorit atau membaca buku atau sedang bengong saja dan tiba-tiba Anda mendapatkan pesan WhatsApp dan Anda berharap itu adalah pesan dari kekasih Anda, tapi setelah Anda cek sayang sekali itu hanya pesan dari Group WhatsApp Anda yang selalu dicuekin saat bertanya haha. Jadi apakah ada cara untuk menyesuaikan pemberitahuan pesan di WhatsApp ?

Apakah Anda ingin mendengar pesan pemberitahuan yang berbeda-beda, entah itu pesan dari grup pekerjaan Anda atau pesan grup keluarga Anda dll. Jawabannya adalah pengaturan nada pemberitahuan kustom, Saya sering menggunakan WhatsApp dan disini Saya ingin mengubah nada pemberitahuan agar terlihat lebih bervariasi daripada nada default yang itu-itu saja, sangat membosankan. Jika Anda juga bertanya-tanya bagaimana cara untuk mengubah nada pemberitahuan WhatsApp, teruskan membaca.

Menyesuaikan Nada Kustom Untuk Notifikasi Whatsapp di Android


Mudah saja Anda cukup buka WhatsApp di ponsel Android Anda dan pilih kontak mana yang ingin Anda rubah notifikasinya, lalu ketuk poto profilnya dan Anda akan melihat menu popup di aplikasi, lalu ketuk ikon 'i' untuk membuka profil kontak.

Whatsapp Information icon

Gulir ke bawah halaman informasi dan ketuk 'Custom Notification' dari daftar pilihan. Anda akan melihat tampilan notifikasi dan ceklis 'Use custom notification' untuk mengaktifkan semua opsi yang tersedia.

Whatsapp custom notification

Sekarang, Anda dapat mengubah nada pemberitahuan pesan masuk dan juga panggilan WhatsApp. Anda juga dapat mengubah pola getaran, pop up dan lampu pemberitahuan untuk pesan yang masuk sehingga Anda dapat membedakan pesan dan panggilan yang masuk, apakah dari kekasih Anda atau bukan.

Mengganti notifikasi default whatsapp

Ketuk Notification Tone dan pilih nada dering khusus dari telepon. Anda dapat mendownload secara online atau membuatnya dengan aplikasi pembuat ringtone. Jika Anda tidak mendapat pilihan untuk mengatur nada dering kustom sendiri Saya merekomendasikan Anda untuk menginstall ES File Explorer. Saat aplikasi meminta Anda untuk memilih pengelola file, pilihlah ES File Explorer.

Pilih nada whatsapp dari file manager

Sekarang temukan file yang ingin dijadikan ringtone dan atur sebagai nada pemberitahuan untuk kekasih Anda. WhatsApp akan memberi tahu Anda dengan pemberitahuan khusus setiap kali ada pesan masuk WhatsApp dari kekasih Anda. Jika membuka pesan yang masuk terasa sangat lama maka Anda dapat mengaktifkan 'Use high priority notifications' yang akan menampilkan pesan masuk dibagian atas layar.

Menyesuaikan Nada Notifikasi di iOS


Sama seperti Android, iOS juga memungkinkan Anda untuk mengatur nada notifikasi khusus untuk orang tertentu di WhatsApp. Namun, satu pemberitahuan Anda tidak dapat memilih nada dering kustom dari penyimpanan internal Anda seperti yang Anda lakukan untuk Android. Anda harus memilih salah satu dari beberapa nada yang sudah disediakan atau download dari iTunes Store.

Untuk memulai, buka WhatsApp di iPhone/iPad dan buka contact info. Ketuk ikon 'Custom Tone' untuk membuka daftar nada. Disini, Anda dapat memilih dari daftar nada yang tersedia.

Custom tone whatsapp ios

Jika Anda tidak menyukai pilihan yang tersedia, Anda dapat membeli nada tambahan dari iTunes Store. Nada akan muncul di pengaturan sistem Anda. Buka pengaturan di iPhone. Scroll ke Sounds, lalu ketuk pilihan untuk membuka pengaturan suara. dibawah tulisan Sounds and Vibration, ketuk 'Text Tone' untuk membuka semua daftar nada pada telepon Anda.

Text tone whatsaap

Ketuk 'Tone Store' dan telusuri nada yang tersedia di iTunes Store. Anda juga dapat menelusuri berbagai kategori dan memilih nada favorit Anda. Pastikan nada tidak terlalu panjang agar nada dering dapat terdengar secara sempurna. Beli Tone-nya dan nanti secara otomatis akan ditambahkan ke daftar nada dalam pengaturan.

Tone store ios

Buy tone for whatsapp

Sekarang, kembali ke WhatsApp dan pilih nada yang baru Anda download untuk kontak yang ingin Anda rubah.

Nada Notifikasi Khusus WhatsApp

Setelah mengatur suara notifikasi khusus, Anda akan lebih santai karena Anda tidak perlu khawatir jika pesannya adalah dari kekasih Anda, Teman Anda atau mungkin dari grup-grup WhatsApp Anda. Android dan iOS memiliki fungsi yang berbeda oleh karena itu proses setup juga sedikit berbeda. Dengan beberapa langkah tambahan dan juga dolar, pengaturan pemberitahuan kustom cukup mudah dilakukan. Namun, jika Anda menemui masalah saat mengatur nada khusus untuk kontak Anda, Tinggalkan komentar di bawah sini ya.

Load comments