Cara Memutar Video YouTube di Latar Belakang Android

Youtube background play android

Aplikasi YouTube di Android dan iOS tidak dapat memutar video YouTube di latar belakang. Misalnya jika Anda keluar dari Aplikasi YouTube atau mengunci smartphone Anda maka otomatis video yang Anda putar pun ikut berhenti.

Pilihan yang ada untuk saat ini adalah dengan YouTube Premium. Aplikasi YouTube resmi mendukung pemutaran latar belakang tanpa iklan dengan YouTube Premium. Fitur ini sudah tersedia disebagian besar Negara saat ini, tetapi jika Anda tidak tertarik dengan YouTube Premium, Saya akan memberikan beberapa pilihan yang dapat Anda coba untuk memutar video YouTube di latar belakang.

Memutar Video Youtube di Latar Belakang Android


NewPipe

Newpipe for youtube background play

NewPipe adalah Aplikasi Android Open Source untuk YouTube. Anda dapat mencari video di Aplikasi atau berbagi video dari YouTube, meskipun Anda harus mengunduh ekstensi tambahan. Secara keseluruhan Aplikasi ini cukup bagus dan juga stabil.

Baca Juga : Cara Paling Mudah Download Video Youtube di Android

FireFox dan Safari

Firefox and safari for youtube background play

Jika Anda tidak ingin mengunduh Aplikasi video tambahan, Anda dapat menonton YouTube di latar belakang dengan bantuan Browser Firefox atau Safari.
Ini mungkin adalah cara yang paling mudah untuk memutar video YouTube di latar belakang dan tentunya cara ini bisa dilakukan di setiap OS, yaitu Android, iOS dan juga Windows Phone. Caranya mudah, Anda hanya mencari video mana yang ingin Anda putar melalui Browser dan aktifkan mode desktop. Sekarang cobalah pergi ke home screen atau matikan layar, audio dari video yang Anda putar akan tetap berjalan di latar belakang.

Brave Browser

Bower browser for youtube background play

Brave Browser adalah Browser yang aman untuk Android dan iOS, bagaimana cara untuk memainkan video di latar belakang di Android? Untuk melakukan itu buka Brave Browser dan buka pengaturan Browser dengan menekan titik 3, lalu gulir kebawah dan tap Setting, lalu tap Site setting.
Di bagian Site setting, tap Media untuk membuka pengaturan Media, disini Anda akan melihat pilihan"Background Video Playback" yang dinonaktifkan secara default. Untuk mengaktifkan cukup geser kanan saja dan Anda akan melihat notifikasi untuk merestart Browser Anda. Setelah merestart Browser, coba Anda memainkan video YouTube dan keluar dari Browser, Anda akan tetap mendengar audio dari video yang Anda putar di latar belakang.

YMusic

YMusic for youtube background play

YMusic adalah Aplikasi Android yang dapat digunakan untuk memutar video YouTube di latar belakang. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengunduh video dalam format yang berbeda. Misalnya Anda hanya ingin mengunduh audio dari video tersebut, Anda dapat memilih format MP3.
Yang membuat Aplikasi ini berbeda dengan lainnya adalah Anda dapat menghemat banyak kuota karena hanya memuat audio video. Jadi jika Anda ingin mendengarkan audio dari video yang Anda tonton di latar belakang, Anda harus mencoba YMusic.

YouTube Vanced

Youtube Vanced for youtube background play

YouTube Vanced adalah versi mod dari Aplikasi YouTube. Aplikasi ini sangat mirip seperti Aplikasi YouTube namun dilengkapi dengan fitur tambahan seperti bisa untuk memutar di latar belakang, tidak ada iklan dan auto repeat.


Penutup

Jadi itu adalah beberapa cara untuk memutar video YouTube di latar belakang untuk smartphone Android Anda. Jika Anda tidak suka menginstall banyak Aplikasi di smartphone Android, Anda bisa menggunakan YouTube Premium saja. Sebenarnya masih ada lagi cara untuk memutar video YouTube di latar belakang tapi Saya akan bahas lain kali saja, atau Anda bisa berikan alternatif lainnya di komentar, terimakasih.

Load comments