Cara Install Ekstensi Chrome Di Android


Cara install ekstensi chrome di android

Google Chrome hadir di Android dan menjadi browser default yang digunakan kebanyakan orang untuk berselancar internet. Berselancar di Chrome versi seluler dan Chrome versi desktop tentu saja berbeda, karena Chrome seluler ada fitur yang terbatas dan batasan yang paling kentara adalah "Chrome Extension". Anda tidak dapat menggunakan Ekstensi Chrome pada versi seluler, dan mungkin Chrome versi seluler tidak memiliki rencana untuk menggunakan "Chrome Extension" di Android, tapi tenang saja Saya akan menjabarkan tutorial untuk menggunakan Ekstensi Chrome di Android.

Cara menggunakan Ekstensi Chrome di Android
Saat ini Anda tidak dapat menggunakan Google Chrome untuk memasang Ekstensi Chrome di Android. Jadi Anda harus menggunakan Browser lain yang support Ekstensi Chrome, yaitu "Kiwi Browser", selain itu Anda juga bisa menggunakan "Yandex Browser" tetapi sumber Ekstensinya tidak dari Chrome Store. Nah kalau Kiwi Browser itu berdasarkan Chromium sehingga tampilan dan rasanya terlihat seperti Google Chrome.

Download Kiwi Browser
Buka Playstore untuk mengunduh aplikasi Kiwi Browser dan pastikan Kiwi Browser dengan versi yang paling update ya. Anda juga dapat mengunduh Kiwi Browser dari GitHub, karena Kiwi Browser open source dan Anda juga dapat melihat source code di GitHub.

Cara install ekstensi chrome di android

Download Ekstensi
Setelah mengunduh Kiwi Browser, buka browser untuk mengunduh Ekstensi. Untuk mengakses halaman Ekstensi, klik titik 3 disudut kanan atas dan gulir kebawah, klik Extensions.

Baca Juga : Cara Mengganti Nada Dering Whatsapp di Android dan iPhone

Cara install ekstensi chrome di android

Chrome Web Store
Ketika halaman Ekstensi terbuka, Anda akan melihat tulisan "Find extension and themes in the Kiwi Web Store", dan klik hyperlink ditulisan "Kiwi Web Store", ini adalah link Chrome Web Store yang sama dari tempat Anda mengunduh Ekstensi Chrome versi desktop.

Cara menginstall ekstensi chrome di android

Kelola Ekstensi
Setelah mengunduh Ekstensi, Anda dapat melihat daftar Ekstensi yang sudah diunduh di halaman Ekstensi. Disini Anda dapat menonaktifkan atau menghapus Ekstensi. Anda juga dapat mengakses halaman Ekstensi dengan mengetik url chrome://extensions

Cara memasang ekstensi chrome di android

Namun beberapa Ekstensi terkadang dibuat khusus untuk versi desktop. Jadi Anda terkadang melihat Ekstensi tidak berfungsi dengan baik. Cara alternatif untuk menjalankan Ekstensi adalah dengan beralih ke mode desktop.

Ekstensi Mana yang Berfungsi ?
Meskipun pengalaman menggunakan Ekstensi Chrome di Android dengan di Desktop berbeda, Anda bisa mencoba berbagai variasi yang ada seperti HTTPS Everywhere dan Recaptcha Solver, Ekstensi tersebut tampaknya berfungsi dengan baik di Chrome Seluler dan harus Anda coba. Semoga saja makin banyak pengembang untuk membuat Ekstensi terutama untuk Chrome versi  Seluler.

Cara install ekstensi google chrome di android

Jadi itulah cara memasang Ekstensi Chrome di Android, jika ada kesulitan Anda bisa tanyakan dikolom komentar,dan yang mau berbagi pengalaman tentang Kiwi Browser juga silahkan ya, terimakasih.