Bagaimana Cara Melihat Password Yang Di Simpan Google Chrome

Cara melihat password yang di save atau disimpan google chrome

Saat Pertama kali Anda Login ke situs web manapun, lalu ada notifikasi Chrome apakah Anda ingin menyimpan kata sandi atau Save Password, iya kan. Selain pengelola password, Anda juga mendapatkan fitur lain seperti mengelola kata sandi Anda dari web dan Masuk Otomatis untuk aplikasi Android yang didukung.

Karena itu, pengelola kata sandi Chrome bukan cara paling aman untuk menyimpan password. Siapa pun yang memiliki akses ke perangkat Android Anda yang tidak dikunci alias tidak dilock dapat dengan mudah melihat semua password yang sudah anda simpan. Untungnya, Chrome menawarkan tingkat keamanan tertentu dengan meminta Anda memasukkan PIN / Pola layar kunci Android sebelum menampilkan password yang disimpan. Meskipun mengakses password yang disimpan di komputer itu mudah tetapi bagaimana cara mengetahui password yang disimpan di Chrome Android. Mari kita cari tahu.

Cara memeriksa Password yang disimpan di Aplikasi Google Chrome


Aplikasi Chrome di Android menyimpan password secara lokal dan di akun Google Anda. Saya akan mengikuti langkah-langkah untuk melihat password pada aplikasi Chrome Android terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Menginstall Ekstensi Chrome Di Android

Pertama, Buka Browser Chrome di handphone Android Anda dan tekan ikon tiga titik vertikal dipojok kanan atas,  tekan setting dan pilih password.
Setting Google Chrome
Password Google Chrome


Untuk melihat password yang disimpan, gunakan tombol pencarian di bagian atas dan ketik nama situs web atau scroll daftar domain. Pilih usernya dan Anda akan melihat titik-titik hitam password Anda. Jika Anda tekan ikon mata, Chrome meminta Anda untuk memasukkan password telepon (jika Anda telah mengaturnya) sebelum bisa melihat password yang tersimpan. Ini adalah fitur keamanan sehingga tidak ada yang bisa melihat password Anda jika Anda membiarkan handphone Anda tidak terkunci.

Saved Password Google Chrome


Jika Anda berganti browser dan ingin mengekspor password Anda, Anda dapat melakukannya dengan pilih ikon titik tiga dan pilih export password, lalu masukan password handphone Anda.

Export Password Google Chrome

Manage Password Google Chrome


Melihat Password Yang Tersimpan Dari Browser Lain

Setiap kali Anda memasang Chrome di perangkat Android baru atau perangkat lainnya dan masuk dengan akun Google Anda, itu  akan menyinkronkan riwayat dan bookmark. Ini karena Google menyimpan password Anda di akun google Anda. Jika Anda pernah berada dalam situasi di mana Anda tidak dapat mengakses handphone atau browser seluler Chrome, tetapi memerlukan password masuk untuk situs web, metode ini akan membantu sekali.

Buka https://passwords.google.com/ di browser web Anda dan masuk dengan email Google Anda. Email itu harus sama dengan yang masuk di browser Chrome Anda.

Setelah masuk, Anda akan melihat semua password yang disimpan, cari user yang Anda ingin lihat passwordnya dan ketuk ikon mata di sebelah kanan pilihan Anda untuk melihat password.

Masuk Akun Google


Berhenti Menyimpan Password di Chrome

Chrome menyimpan password kapan pun Anda mengizinkannya dan saya pribadi tidak menganjurkan Anda harus menyimpan password Anda di browser, Anda dapat mematikan fitur ini dan berhenti untuk menyimpan password di browser Chrome Anda, caranya..

Buka browser Anda dan tekan ikon titik tiga dan pilih Setting.

Tekan Passwords, geser Save Password ke OFF. Sekarang, Chrome tidak akan pernah menyimpan password di browser Android Anda.

Matikan Penyimpanan Password Google Chrome

Matikan Penawaran Untuk Save Password Google Chrome



Bagaimana Cara Menghapus Password Yang Tersimpan di Chrome Android

Jika Anda menggunakan beberapa perangkat Android dengan akun Google yang sama, kemungkinan password Anda akan disinkronkan di seluruh perangkat Android. Ini berarti password Anda tersebar di perangkat Android lain yang membuatnya lebih bahaya. Menghapus data pada setiap perangkat Android akan melelahkan tetapi ada solusi cepatnya nih. Anda dapat menghapus semua password yang disimpan dari akun Google Anda dengan menghapus data browser.

Riwayat Google Chrome


Di browser Chrome Anda, tekan ikon titik tiga dan pilih history,
Pilih ‘Clear Browsing Data‘. Pilih Advanced dan pilih ‘All Time‘.

Checklist kotak Saved Password dan tekan Delete. Password Anda akan hilang dari perangkat Android Anda dan semua perangkat lain yang disinkronkan setelah akun disinkronkan pada setiap perangkat Android. Pastikan Anda browsing dengan aman mulai sekarang.

Baca Juga : Cara Backup File Android ke Komputer

Menghapus save password di google chrome android

Menghapus saved password google chrome


Bagaimana cara memeriksa kata sandi yang disimpan di Chrome Android?
Itu adalah dua cara untuk melihat password yang tersimpan di Chrome Android. Namun, ada metode lain tetapi itu membutuhkan komputer atau laptop. Meskipun demikian, Anda tidak boleh sembarangan menyimpan password di handphone Anda.

Sekian~

Load comments