Penyebab Peminat Clash of Clans Menurun Pada Masanya

Siapa sih yang tidak kenal dengan Clash of Clans? Game android ini sangat laku pada masanya, sebelum game bergenre MOBA, Battle Royal (Ground) datang. Memang game ini sangat populer pada masa itu, sekarang pun masih populer, walaupun tidak sepopuler waktu itu.

Kenapa game ini bisa menjadi tidak pupuler? Faktor penyebab game ini down (peminatnya menurun) itu banyak. Lalu, apa saja faktornya. Berikut faktor - faktornya.

Penyebab Peminat Clash of Clans Menurun Pada Masanya

Penyebab Peminat Clash of Clans Menurun Pada Masanya ~ fikrisaurus

1. Waktu upgrade lama

Dari hasil pencarian saya dalam masalah turunnya game Clash of Clans ini adalah, waktu upgrade lama. Pencarian saya dimulai dari chat global di Clash of Clans, banyak yang mengeluh tentang waktu upgrade mulai dari defends, army (troops), hero, town hall (th) dan bangunan lainnya.

Setelah itu saya mulai mencari penyebab dikolom komentar play store untuk Clash of Clans, dan keluhannya pun masih sama dengan sebelumnya. Yaitu, waktu upgrade lama. Saya juga sebagai player Clash of Clans juga pada saat itu sama dengan yang lainnya, tentang masalah upgrade yang lama.

Tapi sekarang, game Clash of Clans membuat hal yang baru untuk mengatasi hal itu. Apa itu? Diadakannya event, seperti permainan clan, perang liga, dan even lainnya. Apa untungnya? Untungnya ialah jika kalian menyelesaikan event ini akan mendapatkan sebuah hadiah. Salah satu hadiah yaitu membuat waktu upgrade menjadi instan, maksudnya ialah saat kalian melakukan upgrade sesuatu, maka kalian bisa menyelesaikan dengan menggunakan item (hadiah tadi).

2. Munculnya game genre baru di hp android

Ketika muncul game bergenre MOBA, Battle Royale (Ground) di hp android, pemain COC mulai menurun. Banyak sekali yang pensiun dari game COC, ke game bergenre tersebut. Memang ada yang pensiun sementara untuk mencoba game baru tersebut, adapun yang permanen (selamanya) untuk pindah ke game bergenre baru tersebut.

3. Sulit mengumpulkan Dark Elixir (Elixir Hitam)

Jika kalian yang baru pertama kali naik TH (Town Hall) atau Balai Desa ke level 7, pasti mengalami hal ini. Memang sulit sekali mengumpulkan dark elixir tersebut ketika di TH 7. Jika mengandalkan dark elixir drill (pengebor elixir hitam) yang didapatkan maximal hanya 300-an saja, sedangkan jika menyerang multiplayer yang didapatkan paling maximal hanya 500-an.

Memangnya untuk apa dark elixir ini? Jika pertama kali upgrade ke TH 7 yang difokuskan atau untuk digunakan apa dark elixir ini adalah untuk membeli hero (pahlawan) Barbarian King (Raja Barbar). Harganya yaitu sekitar 10000 DE (Dark Elixir).

4. Lawan perang (WAR) Clan yang tidak seimbang

War tidak seimbang ~ Fikrisaurus

Tidak tahu kenapa tetapi dari hasil pencarian saya melalui komentar di play store untuk COC ini, banyak yang mengeluh dengan hal lawan yang tidak seimbang (perang klan). Banyak yang mengeluh dengan hal itu, ada yang mengaku klannya rata - rata TH 8, sedangkan musuhnya rata - rata TH 9. Itu memang tidak adil untuk perang, dan yang menang pasti TH 9 tersebut.

5. Perang Klan minimal 10

Saat itu, dalam perang klan banyak yang mengeluh karena minimal member atau anggota klan yaitu 10. Saat itu banyak klan yang hanya memiliki anggota kurang dari 10, dan itu salah satu masalah bagi mereka. Kenapa? Karena, hal ini membuat klan mereka tidak dapat mengikuti perang klan. Walaupun masalah ini memang dianggap sepele, tapi ternyata banyak juga yang mengeluh dengan hal itu.

Selesai

Itu dia artikel tentang penyebab turunnya pemain Clash of Clan. Untuk kalian yang masih bermain COC, tetap bertahan yah.

TERIMA KASIH