4 Tips Menghadapi Ujian (Ulangan) Di Sekolah

Ujian atau ulangan merupakan suatu kegiatan yang bertujuan mengulang kembali suatu pembahasan atau materi. Sebenarnya itu bukan pengertiannya, itu hanya sebuah pengenalan (kalau tidak salah), karena itu merupakan kata-kata gua. Hehehe......

Sudah, yang berlalu biarlah berlalu. Ok, ujian yang akan kita bahas ujian yang ada disekolah. Lanjut, jadi seperti judul dari artikel ini, akan membahas Tentang "Tips Mengahadapi Ujian (Ulangan) di Sekolah". Seperti biasa gua mengingatkan kembali bahwa, tips ini merupakan tips yang pernah gua alami. Jadi jangan perlu khawatir untuk khawatir tentang artikel ini, yah.

Langsung saja kita bahas, ini dia.

4 Tips Menghadapi Ujian (Ulangan) Di Sekolah

4 Tips Menghadapi Ujian (Ulangan) Di Sekolah - Peletax

1. Awali ujian dengan berdo'a

Yaps, seperti biasa, setiap kali gua menyampaikan tentang tutorial,atau tips dan trik, atau cara-cara, selalu gua mengawalinya dengan berdo'a. Karena, kita tidak tahu apa yang terjadi selanjutnya. Dan karena kita itu manusia, kekuatan kita terbatas, yang bisa kita lakukan ialah berdo'a, dan pasrah.

Jadi, gua ingatkan kembali, setiap mengawali kegiatan, biasakan untuk memulainya dengan berdo'a. Mari, kita lanjut ketips kedua. Lanjut baca.

2. Belajar jauh hari

Tips ini memang paling penting dalam menghadapi ujian. Karena tanpa belajar, apa modal untuk menjawab pertanyaan ketika ujian berlangsung. Masa iya NYONTEK, hehehe..... Janganlah kalian melakukan nyontek, karena perbuatan instan tersebut, dan karena perbuatan tersebut termasuk kedalam unsur dosa. Hehehe.....

Kata jauh hari yang gua maksud ialah belajarnya itu dijauh-jauh hari dari hari berlangsungnya ujian. Karena, dengan hal ini dapat membuat otak tidak numpuk disebabkan banyaknya pelajaran yang ada di otak. Nah, berdasarkan hasil pengalaman gua, ketika baru belajar dekat dengan hari ujian (misalnya satu hari sebelum ujian) dapat membuat materi tidak masuk keotak.

Jadi, belajarlah jauh hari sebelum hari ujian berlansung.

3. Biarkanlah diri dalam keadaan rileks, santai, tenang

Saat diri dalam keadaan rileks atau santai, lalu kita fokus atau berkonsentrasi kepada suatu objek. Maka konsentrasi kita tidak akan mudah terganggu, hal ini disebabkan diri merasa tenang (tidak tegang) dan juga membuat diri menjadi percaya diri. Apalagi saat melakukan ujian sekolah, ketika menjawab pertanyaan dari soal ujian, kita akan berpikir. Nah, ketika berpikir, pikiran menjadi jernih (artinya kita dapat mengingat jawaban dari hasil belajar lebih tepat sasaran). Dan ini membuat jawaban dan hasil ujian seseuai ekspetasi (harapan).

Jadi, biarkan diri kalian rileks ketika menghadapi ujian sekolah, yah. Karena ini berpengaruh besar ketika ujian berlangsung.

4. Cek kondisi kesehatan

Diantara semua, yang paling berpangruh besar ialah KESEHATAN. Karena jika sakit, yah tidak dapat mengikuti ujian sekolah. Jaga kesehatan diri seperti makan makanan yang sehat seperti 4 sehat 5 sempurna (termasuk minum), rajin membersihkan diri seperti mandi 2 kali sehari (sikat gigi juga yah dan hal lainnya ketika mandi.

Jadi, jaga kesehatan agar tidak sakit ketika ujian sekolah berlangsung.

Nah, itu dia tips menghadapi ujian disekolah.

TERIMA KASIH