WiFi Android Tidak Mau Menyala ? Ini Solusi Gampangnya !

wifi tidak mau menyala di android, wifi tidak mau menyala, hp wifi tidak mau menyala di hp, wifi tidak bisa nyala

Sebenernya masalah ini udah cukup lama sih beberapa tahun yang lalu cuma baru kali ini sempet ditulis disini, jadi gini, waktu itu gue sebagai orang yang berkecimpung didunia jaringan hampir setiap hari bertemu dengan jaringan WiFi, setiap kali ada problem atau sehabis selesai problem itu tuh pasti langsung sambungin jaringan WiFi-nya terlebih dahulu buat cek emang bener gangguan atau tidak, tapi kadang cuma cek fisiknya doang sih.

Setiap hari hampir kayak gitu dan tibalah masalah yang sangat mengganggu sekali, yaitu WiFi di handphone Android gue tiba-tiba tidak bisa dinyalakan. Dicoba beberapa kali juga masih gamau nyala, dicoba direstart kaga mau nyala, dicoba dilepas baterai nya kaga mau nyala, didiemin beberapa jam gamau nyala, didiemin sampe keesokan harinya pun kaga bisa nyala juga tuh WiFi-nya, omg!!!

Kaga mau berlama-lama lagi langsung ke mbah gugel dulu, baca-baca kesana dan kesini sekalian praktek dari cara yang paling mudah dilakukan dulu, tapi kaga solved tuh masalah, coba sana-sini lagi kebanyakan solusinya sama saja, sampe ketemu cara hard reset?? Mikir dulu delapan belas kali, sambil mencari info sana-sini lagi.

Akhirnya usaha gue membuahkan hasil, pencarian sana-sini pun tak sia-sia, gue menemukan solusi yang gampang banget yaitu hanya cuma alias kudu menghapus sebagian isi didalam file wpa_supplicant.conf yang ada di data/misc/wifi.

wifi tidak mau menyala di android, wifi tidak mau menyala, hp wifi tidak mau menyala di hp, wifi tidak bisa nyala

wifi tidak mau menyala di android, wifi tidak mau menyala, hp wifi tidak mau menyala di hp, wifi tidak bisa nyala

Didalam file tersebut akan terihat banyak tuh SSID yang sebelumnya sudah konek ke perangkat Android kalian, jadi tugas kamu yang mau WiFi-nya nyala lagi hanya hapus saja SSID yang menurut kalian sudah tidak dipakai lagi perangat Android kalian, kalo gak backup dulu kemana saja yang kalian suka, kalau sudah tinggal save dan restart aja handphone-nya, dan kaga sia-sia gue mikir delapan belas kali buat hard reset huahahaha...

Detailnya begini yak, simak baik-baik caranya :
  • Buka file manager Es File Explorer atau Root Explorer untuk Android yang sudah di root
  • Cari dan buka file wpa_supplicant.conf yang ada di data/misc/wifi
  • Lalu edit file wpa_supplicant.conf, hapus beberapa nama wifi yang dirasa tidak perlu
  • Lalu save dan exit
  • Reboot
Dan coba nyalakan WiFi-nya, pasti bisa kan? Begitulah kira-kira cara menyalakan WiFi yang tidak mau menyala, kalau belum bisa ya dicoba sekali lagi, kalo gabisa lagi ya coba terus berkali-kali, kalau masih kaga bisa baru keluarin jurus ampuh yaitu hard reset, jangan lupa dibackup dulu kalo mau hard reset. Tapi cara ini ampuh juga kok dicoba diberbagai handphone Android sebelum di hard reset, oh iya cara ini juga bisa untuk melihat password wifi yang udah lupa juga ya, dahlah segitu dulu ya kalo ada cara yang lebih mudah lagi atau ada yang mau ditanyakan dikomeng aja yak.

Sekian~