Cara Cadangkan File Android dan Aplikasi ke Komputer

Ketika Anda ingin Mencadangkan data di Smartphone Android, ada banyak software yang bisa digunakan untuk memudahkan mencadangkan data, ada yang berbayar dan ada juga yang gratis, tapi kebanyakan software ini cukup besar sizenya, banyak fitur yang sebenarnya tidak perlu dan juga tidak user friendly, bahkan untuk memulihkan data anda harus menggunakan software yang sama.

Cara Cadangkan File Android
Ketika Saya ingin mencadangkan data Android, biasanya saya membaginya lagi menjadi lima bagian, yaitu foto dan video, kontak, aplikasi dan data aplikasi, pesan, dan data lainnya. Oh ya Anda tidak perlu mencadangkan semuanya juga, yang penting-peting saja.

1. Cadangkan Kontak
Jika Anda menggunakan Android, itu berarti semua kontak Anda otomatis akan dicadangkan di server Google, kecuali Anda menonaktifkan fitur sinkronisasi. Jadi Anda tidak perlu khawatir gimana cara untuk mencadangkan kontak Anda, kalau anda ragu kontak Anda dicadangkan atau tidak coba cek di https://contacts.google.com dan coba login menggunakan user yang ada di perangkat Android Anda.
android backup contact sync
Anda seharusnya akan melihat daftar kontak Anda, jika tidak Anda dapat dengan mudah mencadangkan kontak anda dengan beberapa kali sentuhan saja, caranya buka Setting lalu tekan Account-Google, pilih email Anda, geser Contacts menjadi On dan tekan titik tiga di pojok kanan atas dan pilih Sync now. Ini akan mencadangkan kontak ke gmail Anda dan akan dipulihkan otomatis kalau Anda mereset perangkat atau mengaitkan keperangkat baru.

2. Cadangkan Pesan
Perangkat Android ini tidak menyediakan cara untuk mencadangkan pesan, tapi ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mencadangkan pesan Anda, bisa dicadangkan ke cloud, SD card atau ke komputer, Saya kali ini memilih untuk mencadangkan ke Google Drive dan ini akan lebih mudah jika suatu saat saya ingin memulihkannya. Dalam hal ini saya menggunakan aplikasi SMS Organizer, sebuah aplikasi yang keren dengan banyak manfaat.

Untuk mencadangkan Pesan ke Google Drive, jalankan aplikasinya lalu pergi ke Setting, lalu pilih Backup and Restore dan pilih Google Drive, dan muncul popup, pilih Gmail Anda tekan OK dan Accept Permission.
android backup messages

Sekarang tekan "Back Up" di layar dan Anda bisa keluar aplikasi sekarang, jika perlu Anda bisa juga mengubah menjadi Auto Backup, jika ingin mengembalikan cadangan Pesan Anda cuma perlu tekan Restore dan aplikasi akan otomatis mengunduh data Backup terakhir Anda dan memulihkannya.

3. Cadangkan Foto dan Video
Hampir semua dari kita itu pasti pernah berfoto dan dan mengambil video dengan smartphone, dan pasti Anda tidak mau foto atau video yang bagus-bagus itu hilang. Biasanya foto-foto dan video itu disimpan didalam memori internal atau SD Card. Anda juga bisa mencadangkannya ke tempat lain.
android backup photos and videos

Ada dua cara untuk mencadangkan foto dan video di Android. Cara pertama dengan menggunakan Google Photos, semua foto Anda akan dicadangkan ke Google Drive. Cukup install aplikasi Google Photos dan ikuti instruksinya itu akan mencadangkan semua foto dan video Anda ke Google Drive. Cara lainnya yaitu cadangkan ke komputer atau penyimpanan eksternal lainnya.

4. Cadangkan Aplikasi dan Data Aplikasi
Android secara default tidak menyediakan pilihan apapun untuk mencadangkan aplikasi dan data aplikasi, tapi dengan Debug Mode Anda dapat mencadangkan data dengan mudah, dan ketika Anda memerlukannya kembali Anda dapat memulihkannya.

Pertama, Anda perlu mengaktifkan USB Debugging, caranya ke Setting dan pilih About Phone dan tekan Build Number sampai 7 kali sampai Developer mode akif , sekarang kembali lagi ke Setting dan pilih Developer Option dan aktifkan USB Debugging, setelah mengaktifkan USB Debugging, download ADB for windows dan extract filenya ke drive C
Android backup developer option

Sekarang sambungkan perangkat Android Anda ke Komputer dengan kabel USB, lalu pergi ke folder C:\Adb\platform-tools, klik kanan dan pilih open Powershell here. Jalankan perintah dibawah iniJika perangkat Anda terhubung ke sistem, Anda akan melihat perangkat Anda terkoneksi.
./adb.exe devices
android backup adb device

Setelah perangkat sudah terkoneksi, jalankan perintah dibawah ini untuk mencadangkan aplikasi
./adb.exe backup -apk -shared -all -f ./backup.ab
Android backup adb device backup

Di perangkat Anda, Anda diminta untuk menerima permintaan Backup, lalu tekan Backup My Data.
Setelah Anda menekan tombol tersebut, peroses Backup akan berjalan, lama atau tidaknya bergantung pada banyaknya aplikasi dan data aplikasi yang anda punya.
android backup device

Anda dapat melihat file yang dicadangkan dengan nama "backup.ab" dalam folder yang sama sebagai file ADB, kalau perlu Anda juga bisa memindahkan file Backup ke folder yang Anda pilih.

Ketika Anda ingin memulihkan data Anda, cukup menggunakan perintah dibawah ini saja
./adb.exe restore ./backup.ab
Seperti sebelumnya Anda hanya harus menekan Restore My Data di layar perangkat Anda.

itulah cara untuk mencadangkan dan memulihkan file di Android jika ada cara yang lain silahkan dikomen saja ya.

Sekian~