12 Masalah Android Yang Paling Umum dan Solusinya

Ponsel Android itu gak jauh dari masalah, mungkin masalah perangkat keras atau perangkat lunak. Namun, Anda dapat dengan mudah menyelesaikan sebagian besar masalah Android dengan sedikit mengotak-atik. Untuk membantu Anda dengan mudah mengatasi masalah Android yang umum, Saya telah membuat daftar masalah Android yang paling umum beserta solusinya.

1. Wifi Tidak Mau Terhubung

Ponsel Android terkadang suka memutuskan koneksi WiFi saat menggunakan ponsel atau ketika sedang tidur. Hasilnya Notifikasi di Android tidak masuk semua, Android melakukan ini untuk menghemat masa pemakaian baterai, tetapi ini bisa diatur kok. Jadi, beginilah cara mengatasi masalah ini:
wifi tidak mau konek di android
Buka "Pengaturan" lalu pilih "WiFi".
Tekan tombol menu utama di sudut kanan atas dan pilih "Advanced".
Anda akan melihat opsi "Keep WiFi on during sleep", pastikan sudah disetel ke "Always".
Jika Anda masih mendapatkan masalah yang sama, pastikan untuk mematikan opsi "Scanning always available" di pengaturan Advanced Wi-Fi. Karena, ketika opsi ini aktif, Wi-Fi ponsel Anda terus mereload dan mencari koneksi yang ada.

2. WiFi Menampilkan tetapi tidak Terhubung

Ada kemungkinan jaringan Anda ditampilkan dalam daftar jaringan WiFi terdekat, tetapi ketika Anda mencoba menghubungkannya malah tidak terjadi apapun. Ini dapat dengan mudah dipecahkan dengan melupakan jaringan alias forget network dan menghubungkan kembali dengan menggunakan kata sandi WiFi yang valid yak.
WiFi Menampilkan tetapi tidak Terhubung di android
Buka "Pengaturan" dan pilih "WiFi".
Di sini tekan dan tahan pada jaringan WiFi Anda dari daftar dan pilih "Lupakan jaringan" atau "Forget Network". Sekarang coba koneksikan kembali jaringan Anda untuk menghubungkannya.

3. Ruang Penyimpanan Tidak Cukup

Cepat atau lambat Anda pasti akan kehabisan ruang di ponsel Android Anda. Dan ini sangat menjengkelkan ketika Anda menginstal aplikasi Android atau mau mengambil video. Untungnya Anda dapat dengan cepat mendapatkan kembali beberapa Mb penyimpanan dengan membersihkan cache perangkat. Untuk memulai, buka aplikasi "Pengaturan" dan arahkan ke bagian "Penyimpanan dan USB> Penyimpanan Internal", lalu pilih opsi "Data cache", Anda akan melihat jendela konfirmasi. Cukup tekan tombol "Ok" dan Anda akan mendapatkan beberapa Mb di perangkat Anda.
mengatasi Ruang Penyimpanan Tidak Cukup di android

4. Kartu Memori Tidak Berfungsi

Ponsel Anda mungkin tidak bisa membaca kartu Memori Anda atau mungkin tidak menunjukkan data di dalamnya. Biasanya, ini terjadi ketika kartu Memori tidak dimasukkan dengan benar atau rusak / terinfeksi virus. Keluarkan kartu Memori dan masukkan kembali ke dalam dengan benar. Jika ini masih belum bisa juga, maka letakkan kartu Memori di perangkat lain untuk memeriksa apakah ada masalah dengan kartu Memori atau slot kartu Memori Anda. Jika itu tidak bisa juga, maka Anda harus memformat kartu Memori Anda.
mengatasi Kartu Memori Tidak Berfungsi di android
Ini akan menghapus semua data di dalam kartu Memori. Anda harus mencadangkan data penting di dalam kartu Memori dengan menghubungkannya ke PC menggunakan card reader. Saat masih terhubung ke PC, klik kanan pada SD card dan pilih "Format" untuk menghapus semua data.

Atau, jika ponsel Anda dimasukan kartu Memori tetapi tidak menunjukkan datanya, maka Anda juga dapat memformatnya dari handphone. Dari pengaturan telepon, pilih pada "Penyimpanan" dan kemudian pilih "Delete SD Card" atau "Format kartu Memori" untuk menghapus semua data. Anda juga dapat menggunakan aplikasi pengelola file untuk melakukan ini.

5. Baterai Terlalu Cepat Habis

Daya tahan baterai yang singkat adalah salah satu masalah terbesar dari smartphone, dan termasuk ponsel Android juga tidak terkecuali. Sebagian besar smartphone dibuat untuk bertahan satu hari, jika Anda tidak mendapatkan sampai satu hari, maka ada beberapa masalah. Biasanya, penyebab terbesar adalah beberapa aplikasi (seperti Layanan Google atau Facebook) berjalan di latar belakang dan menguras baterai Anda bahkan ketika ponsel Anda dalam mode sleep.
Baterai terlalu cepat habis di android
Cara cepat untuk mengatasinya adalah reboot ponsel Anda, umumnya, ini akan memaksa menutup aplikasi yang mengalami gangguan. Jika itu tidak berhasil, buka Pengaturan> Baterai> scroll ke bawah sampai Anda melihat Penggunaan sejak pengisian terakhir dan tutup paksa aplikasi yang tidak diperlukan.

6. Keyboard Android Terlalu Lambat atau Tidak Berfungsi

Masalah Android yang sangat umum adalah keyboard membutuhkan waktu beberapa detik hanya untuk muncul atau bahkan tidak muncul sama sekali. Biasanya, ini terjadi ketika Anda menggunakan keyboard pihak ketiga yang kurang stabil. Jika Anda menggunakan salah satunya, maka saya akan merekomendasikan Anda untuk uninstall dan mencoba menggunakan keyboard Android default yang lebih stabil. Untungnya, Google baru-baru ini mengganti stok Google Keyboard dengan "Gboard" yang jauh lebih fungsional dan bisa dibilang lebih baik daripada kebanyakan keyboard Android pihak ketiga.
Keyboard Android Terlalu Lambat atau Tidak Berfungsi
Jika Anda tidak nyaman atau masih menghadapi masalah ini dengan keyboard default, maka cukup menghapus cache atau datanya untuk memperbaiki masalahnya. Buka "Aplikasi" dari pengaturan telepon dan buka aplikasi keyboard. Di sini ketuk "Clear Cache" dan coba apakah itu memperbaiki masalah. Jika tidak, pilih "Clear Data" untuk mengatur ulang aplikasi ke kondisi awal, yang seharusnya masalah sudah terselesaikan.

7. User Interface Lambat

Penyebab terbesar perlambatan UI adalah terlalu banyak data di dalam handphone dan terutama di kartu Memori. Saran pertama saya adalah menghapus semua cache. Buka "Storage" dari pengaturan telepon dan ketuk "Clear cache" untuk menghapus semua cache.
user interface di android lambat
Jika ini masih belum bisa juga, maka keluarkan kartu Memori dan coba gunakan handphonenya. Biasanya, ini disebabkan oleh lambatnya kecepatan baca  atau tulis kartu Memori yang diisi dengan banyak data. Jika itu memperbaiki masalah Anda, maka buat cadangan data kartu Memori Anda di tempat lain dan cobalah untuk mengosongkannya sebanyak mungkin.

Jika memori telepon juga hampir penuh, coba tips dalam masalah Android Nomor 3 dalam daftar ini untuk memberikan ruang yang cukup.

8. Tidak Dapat Mengunduh Aplikasi dari Google Play Store

Kalau ini cukup menghapus cache dan data aplikasi Google Play Store. Ikuti instruksi masalah nomor 6 untuk menghapus cache dan data pengguna Google Play Store.
tidak dapat mengunduh di google play store android
Jika ini tidak bisa juga, maka buka "Account" dari pengaturan telepon dan hapus akun Google Anda yang terhubung. Sekarang buka Google Play Store dan coba login ulang. Ini harusnya bisa menyelesaikan masalah yang dapat menghentikan Anda untuk mengunduh aplikasi di Google Play Store.

9. Lupa PIN atau Pola Android

Jika Anda lupa kata sandi layar kunci, maka ada dua cara untuk masuk ke dalam ponsel tergantung pada versi OS Android Anda. Berikut penjelasannya:

Android 4.4 Kitkat kebawah :
Jika ponsel Anda menggunakan OS Android 4.4 kebawah, maka cukup masukan kata sandi yang salah sebanyak 5 kali. Anda akan melihat opsi "Lupa Kata Sandi" setelah percobaan ke-5. Pilih dan berikan detail akun Google Anda yang terhubung untuk mengatur ulang layar kunci.

Android 5.0 Lollipop keatas :
Sayangnya, Android versi 5.0 keatas lebih aman dan tidak akan memberi Anda opsi untuk memulihkan kata sandi Anda. Anda harus mengatur ulang perangkat Anda alias Hard Reset untuk menghapus kata sandi layar kunci. Ini akan menghapus semua data Anda, jadi jika Anda belum memiliki cadangan, tidak ada yang dapat Anda lakukan sekarang.

Jika ponsel Anda masih terhubung ke jaringan Internet, maka Anda dapat mengunjungi situs web "Android Device Manager" untuk mengatur ulang perangkat Anda dari jarak jauh. Namun, jika sedang offline, Anda harus ke "Recovery Mode" ponsel Anda untuk mengatur ulang.
lupa pin atau pola android
Setiap ponsel Android memiliki metode berbeda untuk mengakses recovery mode, jadi Anda harus mencari metode untuk mengaksesnya secara online di ponsel Android Anda. Begitu berada di dalam recovery mode, gunakan tombol volume untuk memilih opsi "Wipe Data" dan tekan tombol power untuk mengatur ulang telepon ke kondisi semula.

10. Aplikasi Tertentu Tiba-Tiba Crash atau Tidak Berfungsi dengan Benar

Setiap kali aplikasi mulai mengalami error, biasanya karena cache yang rusak atau overload. Hapus saja cache seperti yang Saya lakukan di atas dan itu biasanya akan berfungsi dengan baik. Jika itu belum bisa juga, maka Anda harus menghapus "Data" untuk membuatnya berjalan seperti awal. Namun, menghapus data akan menghapus semua konfigurasi pengguna dan apa pun yang disetting di dalam aplikasi (kembali lagi seperti awal installasi). Anda harus memastikan bahwa data dicadangkan di cloud atau dimanapun sebelum menghapus data.
Aplikasi Tertentu Tiba-Tiba Crash atau Tidak Berfungsi dengan Benar cara menghapus data usage
Ada juga kemungkinan pembaruan telah membuat aplikasi bug atau tidak kompatibel dengan perangkat Anda. Anda dapat menunggu hingga aplikasi diperbaiki atau melakukan download versi aplikasi yang lebih lawas.

11. Bootloop di Smartphone Android

Yang ini adalah masalah paling serius. Perangkat Anda macet di layar saat dinyalakan atau restart terus menerus. Ini biasanya terjadi jika Anda sering mengutak-atik perangkat Anda, mem-flash ROM yang berbeda, dll.
bootloop android wipe dalvik cache
Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus boot ke recovery Anda dan menghapus partisi Cache termasuk Dalvik Cache. Langkah-langkahnya berbeda untuk setiap perangkat

12. Opsi suara ke teks hilang

Pastikan aplikasi Google diinstal dan diperbarui. Sekarang buka Pengaturan Bahasa Input Papan Ketik Saat Ini. Pilih Papan Ketik dan Aktifkan Pengetikan Google Voice.
google text to speech

Penyimpanan Internal, Konektivitas WiFi, Baterai Cepat Habis, kira-kira itulah masalah Android yang paling umum. Masalah Android mana yang paling sering Anda temui ? Tulis dikomentar ya

Sekian~