BINGUNG CARA BIKIN NASI AYAM HAINAN, YUK CEK 5 RESEP PRAKTIS INI

BINGUNG CARA BIKIN NASI AYAM HAINAN, YUK CEK 5 RESEP PRAKTIS INI


Nasi hainan merupakan masakan tionghoa yang sering sering dikaitkan dengan masakan asal singapura atau malaysia, dan juga sering ditemui di negara tetangga yaitu thailand serta diwilayah hainan, china.

Daging ayam disediakan melalui cara tradisional hainan yakni dengan cara merebus seluruh ayam dalam kaldu tulang ayam. orang china biasanya tidak menggunakan air biasa saat merebus daging, melainkan menggunakan kaldu rebusan tulang agar memperkaya citarasa daging tersebut.

 Karena arus permoderenan singapura menggantikan kaldu ayam dengan air, irisan bawang putih dan jahe. Kemudian kaldu juga di tambahkan dengan daun pandan lalu digunakan dalam penyajian nasi dan juga sup. Kebanyakan masakan nasi ayam ini disajikan dengan irisan timun, karena kebanyakan orang china menyukai sajian yang seperti ini.

1. Resep Nasi Ayam Hainan Komplit Dengan 3 Macam Saus

Originalnya nasi ayam hainan ini disajikan dengan 2 saus tapikali ini saya akan berkreasi dengan tambahan saus asli indonesia. Penasaran seperti apa bahan dan cara pembuatannya, simak resep di bawah ini ya!

Bahan yang di gunakan untuk merebus ayam :
1 ekor ayam negeri utuh yang besar dan gemuk taburi 2 sendok makan garam juga perasan jeruk nipis ( 1 buah )
½ buah bawang bombay ukuran sedang, potong menjadi 6 bagian
3 lembar daun pandan, cuci bersih dan ikat menjadi simpul
4 siung bawang putih, memarkan
2 batang daun bawang, potong – potong sebesar 3 cm
3 cm jahe iris tipis
2 sendok teh garam
2 sendok teh kaldu bubuk instan ( optional )
1,5 sampai 2 liter air

Bahan olesan ayam panggang :
1 sendok makan minyak wijen
1 sendok makan kecap manis
1 sendok makan soy sauce

Bahan memasak nasi :
400 gram beras yang telah dicuci bersih
1 sendok makan margarin
3 siung bawang putih cincang halus
2 cm jahe parut atau cincang halus
1 sendok makan minyak wijen
550 – 600 ml air kaldu bekas rebusan ayam
2 lembar daun pandan simpulkan

Bahan untuk saus jahe bawang :
3 batang daun bawang, potong kasar
2 cm jahe parut
½ sendok teh garam
50 ml air matang
50 – 80 ml minyak goreng panas yang mendidih
Bahan saus cabai :
5 buah cabai merah keriting
6 buah cabai rawit merah
2 siung bawang putih, memarkan
1 cm jahe
1 sendok teh garam
2 sendok teh gula pasir
2 sendok makan air jeruk nipis
50 ml air matang
Bahan saus soy sauce :
½ sendok makan margarin untuk menumis
2 siung bawang putih cincang halus
200 ml air kaldu
2 sendok makan soy sauce
1 sendok makan gula palem bubuk
2 sendok makan kecap manis
½ sendok teh garam
2 sendok teh maizena, larutkan denga 50 ml air
1 buah daun bawang, potong halus

Pelengkap atau garnish :
Minyak wijen untuk mengolesi ayam
Irisan daun bawng untuk garnish
Biji wijen putih untuk garnish

Tips :
Sebaiknya menggunakan ayam yang berukuran besar supaya kulitnya tebal dan mengandung banyak minyak. Selain itu ayam besar juga memiliki daging yang tebal sehingga terlihat menarik saat dipotong dan disajikan, serta juicy didalam.

Persiapan dan cara pembuatan ayam :
1. Siapkan ayam negri atau ayam potong ( saya sarankan ayam negri / kampung ). Gosok permukaan ayam menggunakan garam kasar agar kulit ayam tidak terlihat licin dan bersih. Pastikan tidak ada kulit ari ( berwarna kekuningan ) yang masih menempel.
2. Gosok juga bagian dalam ayam dengan garam dapur, hilangkan lendir – lendir yang menempel di permukaan dan bagian dalam ayam.
3. Cuci ayam hinggan benar – benar bersih termauk bagian dalamnya. Setelah itu barulah lumuri ayam dengan perasan air jeruk nipis disemua sisi ayam serta bagian dalamnya juga. Diamkan ayam selama kurang lebih 10 menit, lalu cuci lagi hingga bersih.
4. Masukkan potongan bawang putih, bawang bombay, daun bawang dan irisan jahe ke dalam rongga ayam ( bagian dalam ayam ), masukkan hingga penuh sesak. Sisakan sebagian bumbu untuk direbus bersama air.
5. Siapkan panci dan masukkan air dan garam. Letakkan ayam ke dalam panci yang sudah berisikan air, masukkan juga sisa irisan bumbu untuk merebua ayam.
6. Rebus ayam diatas api kecil selama kurang lebih 45 menit sengan panci tertutup. Sesekali bolak – balikkan ayam agar matang merata. Oh ya, jangan lupa cicipi kuah kaldunya untuk mengoreksi rasanya.
jika air menyusut banyak saat proses perebusan, maka anda bisa menambahkan sedikit air mendidih, perlu diingat sisa kuah kaldu ini akan digunakan untuk memasak nasi dan saat penyajian ayam.
7. Setelah 45 menit matikan api, pastikan panci tetap tertutup dan diamkan ayam selama 30 menit. Setelah itu barulah keluarkan ayam dari panci, saya menyarankan untuk menggunakan alat penjepit untuk mengeluarkan ayam.
jangan buang air rebusan ayam, karena kaldu ini akan digunakan untuk memasak nasi dan sebagai kuah pelengkap ketika penyajian Nasi Ayam Hainan.
8. Masukkan ayam kedalm baskom atau mangkuk besar berisi air es selama kurang lebih 5 sampai 10 menit, sambil di bolak balik agar ayam dingin merata.
Jangan merendam ayam terlalu lama karena akan membuat rasa ayam menjadi hambar
Tujuan dari perendaman ini sendiri adalah agar menghentikan proses memasak dengan cepat dan membuat kulit ayam menjadi kencang sehingga teksturnya lebih keras dan elastis. Karena salah satu hal yang terpenring saat pembuatan nasi ayam hainan ini adalah kualitas dan tekstur kulit ayam.

Ukuran ayam dan lama perebusan juga mempengaruhi kekencangan kulit ayam, jika ukuran ayam anda kecil maka akan membutuhkan waktu perebusan yang lebih cepat, jika terlalu lama akan membuat kulit ayam menjadi lunak dan sobek.
Buang bumbu – bumbu yang ada di dalam perut ayam, sebaiknya jangan digunakan lagi karena bumbu – bumbu yang digunakan menyerap bau amis dari ayam.

9. Belah membujur ayam menjadi dua bagian yang sama. Setelah itu keringakan permukaan ayam dengan tissue dapur atau kain bersih.
Anda bisa memanggang atau membiarkanya begitu saja. Karena umumnya di restoran nasi ayam hainan menyediakan 2 jenis ayam yaitu, yang versi panggang dan versi rebus.

Untuk versi yang rebus, olesi permukaan ayam yang telah dikeringkan menggunakan minyak wijen secara merata pada semua bagian ayam. minyak wijen ini akan membuat rasa ayam menjadi lebih gurih selain rasa ini akan mempengaruhi tampulan dari ayam tersebuat yakni ayam akan lebih menarik, lembab dan shiny. Setelah itu potong potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera dan taruh dipiring saji.

Untuk versi yang panggang, olesi permukaan ayam dengan campuran minyak wijen, kecap manis dan kecap asin secara merata pada seluruh bagian ayam. panggang ayam di oven pada suhu 200 derajat celcius atau hingga permukaan ayam terlihan mengering. Keluarkan ayam dari oven dan potong – potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera, lalu tata di piting saji.

Cara memasak nasi :
1. Seapkan wajan/ pan/ panci anti lengket. Beri satu sendok margarin dan panaskan hingga meleleh. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan beras yang telah dicuci bersih lalu  tumis hingga beras tampak mengering dan terselimuti bumbu. Angkat.
2. Tuang beras ke panci rice cooker, masukkan sekitar 550 – 600 ml air kaldu sisa merebua ayam, tambahkan minyak wijen dan daun pandan, lalu masak hingga matang. Aduk-aduk nasi yang telah matang di rice cooker agar tidak menggumpal. Sisihkan.

Cara membuat saus :

Membuat saus jahe bawang
Siapkan gelas blender dry mill. Masukkan daun bawang dan jahe, tambahkan garam dan air matang. Haluskan hingga lembut. Tuang saus ke mangkuk tahan panas, siram dengan minyak goreng panas yang mendidih. Aduk hingga rata, sisihkan.
Membuat saus cabai
Siapkan panci, masukkan cabai, bawang putih dan jahe lalu tambahkan air hingga bumbu terendam, rebus hingga matang. Masukkan bahan saus ke gelas blender dry mill, tambahkan 50 ml air rebusan cabai, blender hingga halus. Tuangkan saus cabai ke mangkuk, tambahkan garam, gula pasir dan air jeruk nipis, aduk rata. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin.
Membuat saus soy sauce
Siapkan wajan, panaskan margarine. Tumis jahe dan bawang putih hingga harum. Masukkan semua bahan saus lainnya, aduk rata dan masak di atas api kecil hingga mendidih dan kental. Tambahkan daun bawang, aduk rata kemudian angkat. Jika saus terlalu kental tambahkan sedikit air kaldu rebusan ayam.
Catatan untuk semua saus : koreksi rasa sesuai selera masing – masing.

Saran Penyajian :
Siapkan piring saji, tuang sebagian saus soy sauce di dasar piring. Tata ayam Hainan yang telah dipotong-potong diatasnya. Taburi dengan daun bawang dan biji wijen putih (jika suka). Sajikan ayam dengan nasi Hainan dan 3 macam sausnya serta irisan timun. Super duper yummy!


2. Resep Nasi Hainan Sederhana Dan Praktis Menggunakan Rice Cooker

Bahan-bahan :
3-4 porsi
½ ekor ayam kampung ( potong jadi 4 bagian )
2,5 cup beras ( cuci bersih )
Secukupnya air ( untuk masak nasi di rice cooker )
1 sendok makan kecap manis
Garam, gula dan kaldu jamur secukupnya
Bumbu tumis :
3 buah bawang putih cincang halus
1 buah bawang merah iris halus
1 ruas jahe geprek ( atau secukupnya sesuai selera )
1 sendok teh margarin
2 sendok makan minyak wijen

Langkah :
1. Panaskan margarine dan minyak wijen. Masak bumbu tumisan sebentar saja hingga harum ( jangan sampai kering )
2. Takar air dan beras terlebih dahulu. Masukkan bumbu tumisan, dan bumbui beras secukupnya dengan garam, gula, kaldu jamur dan kecap manis, aduk rata dan koreksi rasa sesuai selera. Terakhir masukkan ayam kampung.
3. Tekan tombol “cooking” setelah itu tunggu sampai matang atau sekitar 15 – 2- menit.
4. Setelah nasi matang angkat ayam dan jahe, untuk ayam sisihkan ke piring saji sedangkan jahenya bisa dibuang. Lalu langsung aduk nasi agar nasi tidak berkerak di bagian bawah.
Agar rasa dari ayam hainan lebih enak, tambahkan atau olesi ayam dengan seasoning yang terdiri dari minyak wijen, kecap asin atau garam yang sudah di campur kemudian aduk rata. Lalu kalau suka bisa tambahkan taburan bawang putih goreng.

Yeay! Nasi ayam hainan simple is ready to serve now!

3. Resep Nasi Hainan Ala Dapur Umami

Bahan – bahan :
350 gr beras wangi
1 potong dada ayam tanpa tulang
1 sendok teh micin atau penyedap rasa ( sesuai selera )
2 sendok teh garam
12 buah bawang putih cincang halus
4 buah bawang merah cincang halus
1 batang sereh
2 lembar daun pandan, lalu ikat
2 sendok makan air jahe
650 ml air
2 sendok makan minyak goreng

Bahan Pelengkap :
Kecap asin dengan irisan bawang putih dan irisan timun.

Cara Memasak :
1. Langkah 1
Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah, daun pandan, air jahe dan sereh hingga harum.
2. Langkah 2
Tambahkan beras, tumis sebentar.
3. Langkah 3
Masukkan air dan tambahkan micin atau penyedap rasa, masak hingga ¾ matang, angkat.
4. Langkah 4
Pindahkan dalam kukusan, masukkan ayam, kukus hingga matang (+/-30 menit).

Tips :
Nasi Hainan memiliki keunikan tersendiri. Masakan yang berasal dari daerah Hainan, China, merupakan sebuah tradisi dan seni memasak oleh Suku Hainan.

Nasi Ayam Hainan yang khas memiliki aroma bawang putih dan jahe yang kuat, disajikan dengan irisan Ayam Rebus tanpa tulang, dan pelengkap berupa Kecap Asin dengan irisan bawang putih serta irisan Timun.

4. Resep Nasi Ayam Hainan Asli Singapore Sederhana Dan Praktis

Cara membuat nasi ayam hainan asli singapura ini sebenarnya sangat mudah jadi anda bisa membuatnya di rumah. Nah, sajian nasi hainan ini juga bisan ansa buat untuk keluarga anda dan saat ada tamu yang datang.

Biasanya di singapore masakan nasi ayam hainan ini sering dijual di rertaurant china atau tempat makan lainnya. Karena kenikmatann dan kelezatan nasi hainan banyak sekali orang yang menyukai hidangan yang satu ini.

Untuk itu bagi anda yang penasaran ingin mencobanya, anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan tuntunan resep yang saya bagikan ini.

Bahan membuat resep nasi hainan praktis yang lezat :
3 sendok teh garam
4 siung bawang putih
1 liter kaldu ayam
4 ruas jahe , kerok dan cuci bersih lalu memarkan
750 gram beras
4 sendok minyak wijen
5 sendok makan minyak goreng
Bahan untuk menu ayamnya :
1 ekor ayam
½ sendok teh gula pasir
Garam secukupnya
2 sendok makan minyak wijen
4 ruas jahe , kerok dan cuci bersih lalu memarkan
2 tangkai daun bawang, iris tipis
2 liter air
Bahan saus jahe untuk Resep nasi hainan sederhana :
30 gram jahe
200 cc kaldu ayam
2 sendok makan kecap ikan
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat resep nasi hainan Singapore ala rumahan :
1. Siapkan semua bahan dan bumbu yang di butuhkan untuk membuat nasi ayam hainan.
2. Pertama – tama olah nasi terlebih dahulu dengan cara yaitu ; tumis jahe dan bawang putih hingga harum, kemudian masukkan beras yang sudah dicuci bersih dan aduk – aduk hingga beras tercampur dengan bumbu. Masukkan garam dan kaldu ayam, tunggu air kaldu meresap dan habis.
3. Setelah airnya habis angkat dan masak beras dengan panci penukus selama kurang lebih 30 menit.
4. Sambil menunggu nasi matang, kita buat ayam hainannya. Siapkan ayam, campurkan bahan – bahan yang digunakan untuk melumuri ayam seperti minyak wijen, garam dan jahe. Aduk rata semua bahan tadi lalu lumuri ke ayam. tunggu sampai kurang lebih 45 menit.
5. Campurkan daun bawang, garam dan jahe untuk dimasukkankedalam rongga bagian dalam ayam, kemudian rebus ayam selama 20 menit. Masukkan garam dan gula secukupnya. Jangan lupa untuk dicicipi.
6. Setelah itu angkat ayam dan potong – potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera dan sajikan di piring saji.
7. Untuk membuat kuahnya anda bisa menggunakan air bekas rebusan ayam dengan cara rebus kembali airnya lalu tambahkan merica dan labu siam. Masak hingga labu siam terasa empuk.
8. Menyajikan nasi hainam tidak akan lengkap jika tanpa ada saus jahe, berikut ini cara membuat saus jahe :
Tumis jahe dahulu, lalu tambahkan kaldu secukupnya, kecap ikan, kemudian masak hingga airnya mengental. Setelah itu angkat.

Cara penyajian :
Penyajian, siapkan nasi di atas piring, kemudian ayam yang sudah ditata di piring lainnya dengan disiramkan kecap ikan, saus jahe di mangkuk kecil dan air kaldu dimangkuk kecil juga. Nasi hainan siap disantap.

Jangan lupa untuk membagikan Bingung Cara Bikin Nasi Ayam Hainan, Yuk Cek 5 Resep Praktis Ini kepada teman, saudara serta kerabat anda. Dan tulis dikolom komentar menu masakan apa yang anda innginkan untuk saya bagikan selanjutnya.