Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Buah kurma merupakan buah yang tumbuh pada daerah padang pasir. Negara Arab Saudi adalah negara penghasil kurma terbanyak. Meskipun demikian buah kurma sudah banyak yang mengenal di Indonesia. Buah kurma sebenarnya memiliki beberapa jenis dan jenis kurma termahal adalah kurma Ajwa atau yang biasa disebut kurma Nabi. Kurma Ajwa sendiri harga satu kilonya mencapai 500rb lebih, hal tersebut sangat berbeda dengan harga kurma di pasaran Indonesia. Pada kesempatan kali ini Catatanamatir akan membahas tentang manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh.





Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengandung serat yang tinggi
Manfaat kurma yang pertama adalah memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat yang terdapat pada buah kurma sangat membantu untuk mencukupi kebutuhan serat harian agar manusia tidak mudah terkena penyakit.

2. Melancarkan buang air kecil
Selain mengandung banyak serat buah kurma juga memiliki khasiat untuk melancarkan buang air kecil. Menurut penelitian mengkonsumsi buah kurma minimal 5 butir dapat membantu melancarkan proses buang air kecil.

3. Menjaga kesehatan tulang
Selain memiliki banyak kandungan serat, ternyata buah kurma juga memiliki kandungan kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Untuk kalian yang ingin menjaga kesehatan tulang sebaiknya rajin mengkonsumsi kurma setiap hari.

4. Mengatasi penyakit Anemia
Manfaat selanjutnya dari buah kurma adalah mengatasi penyakit Anemia. Kandungan zat besi pada buah kurma sangat baik bagi orang yang menderita penyakit Anemia.

5. Mengatasi gangguan pencernaan
Karena buah kurma memiliki jumlah kaya akan serat, maka buah kurma dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Maka dari itu jika kalian memiliki masalah pada pencernaan tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi buah kurma.

6. Menambah stamina
Kandungan gula yang tinggi pada buah kurma sangat manjur untuk meningkatkan stamina anda. Jika kalian sedang lemas maka mengkonsumsi kurma sangatlah cocok.

7. Menaikkan berat badan
Kurma sendiri memiliki jumlah kalori yang tinggi, jumlah kalori pada buah kurma lebih dari 3000 kalori dengan begitu sangat baik bagi kalian yang sedang menjalankan program menaikkan berat badan.

8. Mengatasi Diare
Kandungan potasium yang terdapat pada buah kurma sangat ampuh untuk mengatasi diare. Selain kandungan potasium yang membantu mengatasi diare, kandungan seratnya juga bisa mempercepat penyembuhan diare menjadi lebih cepat.

9. Mencegah kanker
Kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan dan berbahaya. Mengkonsumsi buah kurma secara rutin juga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker. Kurma sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas pada tubuh.

10. Menaikkan trombosit darah
Buah kurma memiliki manfaat untuk menaikkan trombosit darah sama seperti buah jambu biji. Buah kurma sangat disarankan untuk orang yang menderita demam berdarah untuk menaikkan trombosit darah dengan cepat.

Masih banyak sekali manfaat pada buah kurma, akan tetapi tidak akan dijelaskan secara keseluruhan disini ^_^