Cara Mengisi Daya Baterai Android Dengan Cepat

Cara Mengisi Daya Baterai Android Dengan Cepat - Daya tahan baterai adalah kombinasi dari banyak faktor yang berbeda, jadi tidak ada solusi tunggal untuk mengatur semuanya, tetapi jika Anda menggunakan smartphone Anda secara cerdas dan memiliki peralatan yang tepat, semua praktik yang baik ini dapat menambah hingga menghemat banyak rasa frustrasi dengan baterai Anda.


Meskipun pengisi daya Android memiliki kecocokan universal, itu tidak berarti semuanya sama. Menghubungkan kabel pengisian daya ke laptop adalah ide yang buruk jika Anda ingin mengisi daya ponsel dengan cepat: port USB 2.0 mengeluarkan listrik hanya 2,5 watt, sementara USB 3 menghasilkan 4,5 watt. Pengisi daya dinding Anda akan menghasilkan lebih banyak, jadi ini adalah pilihan terbaik jika Anda menginginkan pengisian daya tercepat.

Banyak ponsel Android modern mendukung pengisian cepat, yang menghasilkan 15 watt dan karenanya dapat mengisi daya ponsel Anda lebih cepat. Anda akan menemukan daftar telepon pengisian cepat yang cepat di situs web Qualcomm (Anda tidak perlu memiliki prosesor Qualcomm, hanya sistem daya Qualcomm).

Ketahuilah bahwa hanya karena telepon mendukung pengisian daya yang cepat, bukan berarti pengisi daya yang disertakan adalah pengisi daya yang cepat, atau pengisi daya yang paling efektif untuk telepon itu. Anda mungkin harus membeli sendiri. Anda juga tidak perlu membeli pengisi daya dengan kualitas rendah hanya karena menghemat uang. Karena justru akan membuat ponsel Anda terbakar karena menggunakan charger abal-abal.

Saya juga tidak menyarankan penggunaan pengisian daya nirkabel jika Anda sedang terburu-buru. Pengisian daya nirkabel tidak dapat mengirim daya dengan baik atau secepat kabel kuno, jadi sebaiknya digunakan saat Anda memiliki lebih banyak waktu di tangan Anda. Pengecualian untuk aturan ini adalah pengisian cepat nirkabel. Ini akan lebih efektif daripada pengisian USB, tetapi kurang efektif dibandingkan pengisian kabel dari stopkontak di dinding.

1. Aktifkan Mode Pesawat
Semakin sedikit aktivitas ponsel Anda maka akan semakin cepat pengisian daya baterainya. Mode pesawat memblokir semua radio nirkabel di perangkat Anda, mengurangi kemampuan ponsel Anda dan oleh karena itu menghentikannya untuk melakukan begitu banyak hal.

Ini tidak akan menerima panggilan atau pesan saat berada dalam mode pesawat, tetapi layak untuk memiliki perangkat yang akan tetap menyala selama beberapa jam ke depan.

2. Mematikan Ponsel 
Mematikan ponsel sepenuhnya akan memungkinkannya untuk mengisi ulang lebih cepat daripada memasukkannya dalam mode pesawat. Sekali lagi, Anda mungkin melewatkan beberapa pemberitahuan ketika sedang tidak aktif, tetapi itu akan muncul ketika ponsel anda kembali menyala.

3. Gunakan mode hemat baterai
Sejak versi Android 5.0 (Lollipop), perangkat Android memiliki mode penghemat baterai untuk beberapa deskripsi (biasanya Pengaturan> Baterai> Penghemat Baterai), apakah itu opsi stok atau fitur khusus produsen seperti Motorola Doze. Aktifkan ini untuk menghemat daya saat ponsel Anda mengisi ulang.

4. Matikan fitur yang tidak perlu
Periksa untuk mengetahui apakah Anda memiliki fitur yang tidak perlu, seperti Bluetooth, GPS, Wi-Fi atau NFC, yang mungkin menggunakan daya baterai. Tutup semua aplikasi Anda dan hentikan telepon Anda dari melakukan backup otomatis atau memperbarui aplikasi dari Google Play Store.

5. Jangan disentuh
Jika Anda perlu ponsel Anda hidup dan mati dari mode pesawat saat pengisian daya, karena Anda mengharapkan panggilan penting, cobalah untuk tidak terus menggunakan ponsel Anda setiap 30 detik. Mengapa? Karena layar adalah penuang baterai terbesar dari mereka semua.

Semakin sering Anda membangunkan ponsel, semakin cepat baterai akan habis. Jadi cobalah untuk menghindari dorongan untuk memeriksa setiap pemberitahuan yang datang, biarkan untuk mengisi daya, dan itu akan mencapai tingkat yang diinginkan jauh lebih cepat.