Cara Mengambil Screenshot di Galaxy S9 dan S9+

Cara Mengambil Screenshot di Galaxy S9 dan S9+ - Jika kalian ingin mengambil screenshoot dari sesuatu hal yang penting dalam email atau menyimpan foto, beginilah caranya. Yang perlu kalian lakukan  adalah menekan dan menahan Tombol Power dan Volume Down (-)  pada saat yang bersamaan. Dorong, tahan, dan lepaskan. Ini adalah cara termudah dari 3-4 cara mengambil tangkapan layar.


Tekan dan tahan dengan cepat Tombol Volume Down (-) dan Tombol Power pada saat yang sama, tahan satu detik atau lebih, lalu lepaskan. Ponsel kalian biasanya akan menyimpan hasil screenshoot pada galeri. Berikut ini adalah beberapa cara mengambil screenshot di Galaxy S9 dan S9+.

1. Metode Palm Swipe
Ada cara lain yang cukup mudah, kalian mungkin pernah melakukannya secara tidak sengaja. Samsung memiliki fitur di mana kalian dapat menggesek telapak tangan kalian di atas layar untuk dapat mengambil screenshoot.


Arahkan telapak tangan kalian di layar. Kemudian geser ujung tangan kalian di seluruh layar dari kiri ke kanan. Gerakan ini akan mengambil informasi dari layar dan langsung menyimpannya. Dengan begitu kalian tidak perlu menggunakan dua tangan untuk melakukan kombinasi tombol.

2. Metode Scrolling Smart
Selain cara yang pertama, kalian juga dapat melakukan screenshot dengan menggunakan Samsung's Smart Capture. Ini menunjukkan informasi lebih lanjut di bagian bawah layar setelah screenshot. Yang pertama adalah "menangkap lebih banyak +" yang langsung mengambil screenshot lain. Saat kalian mengetuknya, kalian akan menggulir ke bawah secara otomatis, lalu mengambil screenshoot kedua. Ini berguna untuk menyimpan seluruh halaman web, email, atau tulisan dari internet.


Setiap kali kalian mengetuk lebih banyak tangkapan, itu akan mengambil satu lagi hingga kalian memberi tahu Galaxy S9 untuk berhenti. Ini adalah fitur yang sangat bermanfaat, tetapi itu akan memperlambat kalian dan mencegah kalian untuk mengambil beberapa tangkapan layar dengan cepat.

Jika kalian tidak ingin popup ini memperlambat kalian atau menuju Head Settings> Advanced Options> dan nonaktifkan "Smart Capture" untuk mematikannya.

3. Metode Bixby
Menurut saya ini adalah cara paling keren untuk mengambil screenshot pada ponsel Galaxy S9 dan S9+. Kalian cukup minta Bixby untuk mengambil tangkapan layar untuk kalian. Jika kalian tidak menonaktifkan tombol Bixby, ketuk itu (di bawah tombol volume di sebelah kiri) dan kemudian katakan, "take screenshoot". Handphone kalian akan secara otomatis menangkap apa yang ada di layar. Jadi, pastikan kalian memiliki apa yang ingin kalian simpan sebelum bertanya.

Kalian juga dapat mengatakan, "Hai Bixby, take screenshoot" jika kalian menggunakan Bixby Voice, bukan Asisten Google.

Screenshoot pada dasarnya disimpan ke galeri kalian, biasanya ada folder bernama “screenshoot”. Selanjutnya, kalian dapat menemukan pratinjau dari tangkapan layar di bilah notifikasi untuk membagikan, mengedit, atau menghapusnya dengan cepat.

Selain itu, jika kalian kebetulan melihat bahwa kalian mengambil screenshoot secara tidak sengaja, itu mungkin adalah metode gesekan telapak tangan. Untuk mematikannya, buka Setting> Device> Advanced features> Palm Swipe to capture> dan aktifkan tombol hidup / mati.